Sukses

Bratz Luncurkan Koleksi Boneka Kylie Jenner Saingi Barbie, Tuai Kritik soal Warna Kulit

Setelah berminggu-minggu menjadi sorotan, publisitas Barbie mendapat persaingan dari Bratz. Boneka Bratz telah mengumumkan kemitraan baru dengan selebritas sekaligus pengusaha, Kylie Jenner.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah berminggu-minggu menjadi sorotan, publisitas Barbie mendapat persaingan dari Bratz. Boneka Bratz telah mengumumkan kemitraan baru dengan selebritas sekaligus pengusaha, Kylie Jenner.

Dikutip dari CNN, Jumat (4/8/2023), koleksi Mini Bratz x Kylie Jenner dalam waktu terbatas, dirilis pada Selasa, 1 Agustus 2023. Peluncuran ini adalah pertama kalinya seorang selebritas diubah menjadi salah satu boneka yang menjadi andalan di era 2000-an berkat gaya alternatif yang mencolok, fitur yang berlebihan, dan skin tone yang inklusif.

Dilaporkan bisnis itu meraup penjualan sebesar 2 miliar dolar AS (Rp30,2 triliun) dari 2001 hingga 2006, lima tahun pertama di mana mereka berada di pasar. Koleksi kapsul baru menawarkan Jenner "Bratzified" dalam enam penampilan terkenal yang berbeda.

Penampilan pilihan Kylie Jenner tersebut termasuk ketika ia mengenakan gaun putri duyung Versace berbulu lavender yang dikenakan ke Met Gala 2019 dan ansambel Off-White serba putih berkerudung yang ia debut di acara yang sama tiga tahun. Dalam siaran pers, pabrikan Bratz MGA Entertainment menjanjikan perilisan "barisan lengkap" boneka Kylie dalam beberapa minggu mendatang.

Boneka Bratz mengangkat "wajah Instagram", yakni yang bermata kucing, berbibir penuh, dan bertulang pipi tinggi, yang menjadi standar kecantikan dan estetika yang telah melekat pada Jenner dan keluarganya. "Saya telah menjadi penggemar Bratz sejak masa kanak-kanak dan saya selalu menginginkan boneka Bratz saya sendiri," kata Jenner dalam pernyataan pers.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kata Pihak Bratz

Kylie menambahkan bahwa dirinya, "menyukai setiap langkah proses tahun lalu dalam menciptakan boneka-boneka ini bersama tim Bratz."

Direktur Kreatif Bratz Jasmin Larian mengatakan bahwa Jenner "benar-benar mewujudkan semua yang Bratz perjuangkan sejak awal berdirinya 22 tahun lalu - dari yang mengganggu dan memberontak hingga energik dan ekspresif". Tetapi tidak semua penggemar Bratz senang, dengan beberapa warganet media sosial mempertanyakan pilihan Jenner sebagai kolaborator selebritas pertama merek boneka itu dan apakah itu secara akurat mewakili warna kulitnya.

"Kylie tidak terlalu gelap," tulis seseorang dalam cuitan viral dengan foto salah satu boneka.

Warganet lain juga mengkritiknya dengan candaan. Beberapa dari mereka yang mempertanyakan keakuratan aksesori yang dimaksudkan untuk menyerupai anjing peliharaan Jenner.

CNN menghubungi MGA Entertainment untuk menanggapi kritik ini, tetapi juru bicara perusahaan mainan menolak berkomentar. Jenner, sementara itu, telah menghadiahkan koleksinya sendiri kepada putrinya, Stormi, mengunggah video gadis berusia lima tahun yang bermain dengan patung-patung kecil di Instagram Stories-nya.

3 dari 4 halaman

Mattel Debut Luncurkan Boneka Barbie Down Syndrome

Mattel Inc, produsen mainan boneka Barbie, pada Selasa, 25 April 2023, memperkenalkan versi boneka Barbie pertamanya yang mewakili seseorang dengan down syndrome.  Dikutip dari CNN pada Rabu, 24 April 2023,  boneka baru ini adalah bagian dari lini Mattel Barbie Fashionistas, yang bertujuan untuk menawarkan anak-anak representasi kecantikan yang lebih beragam, inklusif, dan melawan stigma seputar disabilitas fisik.

Barbie Fashionista sebelumnya telah mengeluarkan boneka Barbie dengan kaki prostetik. Boneka lainnya dengan alat bantu dengar, boneka dengan kursi roda, dan boneka dengan kondisi kulit vitiligo yang menyebabkan bercak kulit yang kehilangan pigmennya.

Untuk Barbie Fashionista terbaru, Mattel mengatakan pihaknya bekerja sama dengan National Down Syndrome Society (NDSS) untuk berdiskusi mengenai bentuk, fitur, pakaian, aksesori, dan kemasan boneka. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa boneka tersebut secara akurat mewakili seseorang dengan down syndrome. 

Kondisi genetik ini memengaruhi kemampuan kognitif, menyebabkan ketidakmampuan belajar skala ringan hingga berat, dan menyebabkan karakteristik wajah yang khas.

4 dari 4 halaman

Ratu Elizabeth II Jadi Figur Boneka Barbie Terbaru

Dalam perayaan ulang tahun ke-96 dan Platinum Jubilee, menandai 70 tahun di atas takhta, Ratu Elizabeth II dihormati dengan dibuatkan boneka Barbie yang serupa dengannya. Visual boneka itu dikatakan terinspirasi dari salah satu penampilan Ratu yang paling ikonis.

Melansir People, Kamis, 21 April 2022, boneka Barbie Ratu Elizabeth II mengenakan gaun gading yang elegan dan pita biru sebagai dekorasi. Ansambel agungnya dilengkapi tiara yang memukau, merujuk Tiara Fringe Ratu Mary, yang dikenakan Ratu Elizabeth untuk pernikahannya dengan Pangeran Philip, serta aksesori serasi.

Sejarawan dan Profesor Kate Williams, penulis Our Queen Elizabeth, mengatakan, "Pemerintahan Ratu Elizabeth II telah jadi salah satu dampak luar biasa, memegang posisi yang hanya dimiliki sedikit wanita. Raja Inggris yang paling lama memerintah, dan yang pertama mencapai Platinum Jubilee."

"Ratu telah mendedikasikan dirinya untuk pelayanan dan tugas, serta melihat dunia berubah tidak terkira. Pada 1952, ketika naik takhta, wanita tidak didorong untuk bekerja dan politisi menyatakan keraguan tentang seorang penguasa wanita muda, tapi ia membuktikan mereka salah," imbuhnya.

Ibu Pangeran Charles ini, menurut Williams, membuktikan dirinya seorang pemimpin dan diplomat yang mahir. "Saat Yang Mulia merayakan ulang tahun bersejarah ini, sungguh luar biasa melihat merek ikonis seperti Barbie berbagi tokoh-tokoh perempuan bersejarah yang berdampak penting sebagai pemimpin, pencipta, dan perintis bagi generasi baru," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini