Sukses

Viral Siswa SMK Bawa Bekal Makanan ke Sekolah, Ingin Berhemat dan Kurangi Sampah Plastik

Bukan jajan ke kantin sekolah atau penjual makanan lainnya, para siswa SMK itu menyantap bekal makanan yang telah disiapkan orangtua mereka.

Liputan6.com, Jakarta - Para siswa yang sudah duduk di bangku SMA atau SMK biasanya lebih suka jajan atau membeli makanan di kantin sekolah. Rasanya tidak banyak yang membawa bekal makanan dari rumah. Setidaknya masih ada beberapa siswa yang mau membawa makanan yang disiapkan orangtuanya terutama ibu mereka untuk disantap di sekolah.

Salah satunya bisa dilihat di sebuah video yang memperlihatkan sejumlah remaja pria yang diketahui bersekolah di SMK Negeri 1 Tangerang Selatan itu sedang istirahat. Bukan jajan ke kantin sekolah atau penjual makanan lainnya, mereka ternyata menyantap bekal nasi dan lauk yang telah disiapkan orangtua mereka.

Dalam video yang dibagikan akun TikTok @qurriyah pada 26 Juli 2023 itu, siswa pria pertama membawa bekal dengan lauk telur. Sewaktu ditanya lebih enak masakan Mamah dengan jajan, kata dia enakan masakan Mamahnya.

Sedangkan siswa pria yang kedua membawa lauk tumis sayur. Ia juga mengatakan bahwa masakan ibunya enak. Remaja pria ketiga membawa bekal nasi dengan lauk nugget dan ayam. Ia mengucapkan terimakasih kepada ibunya yang telah menyiapkan bekal untuknya.

"Makasih udah buatin bekal ini," kata siswa tersebut.  Diketahui bahwa perekam video itu kemungkinan adalah guru dari para murid remaja tersebut. Si perekam sepertinya ingin mengapresiasi para siswa yang membawa bekal makanan dari rumah dan diharapkan bakal diikuti siswa-siswa lainnya.

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada para ibu para murid yang telah menyiapkan bekal untuk anak-anaknya, terutama karena bisa membiasakan diri untuk berhemat dan mengurangi sampah plastik.

"Trimakasih buat ibu sedunia, ternyata masakan Ibu/Mamah/Emak emang paling enak, sekaligus membiasakan anak untuk berhemat dan bisa mengurangi produksi sampah dari kemasan plastik pada jajanan/minuman,” tulis akun tersebut.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gengsi Bawa Bekal dari Rumah

Video itu pun sempat viral dan banyak dikomentari warganet, terlebih ibu-ibu. Mereka ternyata juga merasakan hal yang serupa. Anak-anaknya suka dibekali nasi ke sekolah karena masakan ibunya enak-enak.

"Anakku juga yg cowo SMK masih bawa bekal nasi dari rumah, minum bawa botol juga dr rumah, ngga pernah jajan,” komentar seorang warganet.

"Anakku cowok ud smp juga nga malu dia nenteng tas bekel,” sahut warganet lainnya.

"Kalo dulu zaman aku sekolah temen2 sekelas ku yg cowo pada gengsi klo suruh bawa bekal.liat ginian jdi terharu," timpal warganet lainnya.

"Jadi mewek inget ama anakku yg gede setiap tlp ngomong kangen masakan bunda, klu anakku yg kecil dia malas makan klu bukan masakanku 🥰🥰 love u anak²,” tulis warganet lainnya.

Sampai berita ini ditulis, unggahan itu sudah dilihat lebih dari 3,3 juta kali, disukai lebih dari 203 ribu kali dan mendapatkan lebih dari 13,2 ribu komentar.

3 dari 4 halaman

Bekal Makanan untuk yang Sudah Bekerja

Tak hanya anak sekolah, mereka yang sudah besar dan bekerja juga banyak yang membawa bekal makanan dari sekolah. Tapi beda dengan wanita yang satu ini, ia justru dibawakan makanan dari ke tempat kerjanya oleh orangtuanya setiap hari.

Bentuk perhatian kecil orangtua pastinya bikin anak tersentuh. Sesibuk apapun orangtua, pasti akan selalu luangkan waktu untuk tanya kabar anak, siapkan makanan ataupun dengan senang hati antarkan bekal untuk buah hatinya ke tempat kerja.

Pemilik akun TikTok @gabygain unggah video kompilasi momen manis orangtuanya yang selalu antarkan bekal untuknya setiap hari. Dalam keterangan unggahannya, sang pemilik akun menuliskan bahwa kasih sayang orangtuanya tak pernah berkurang meski usianya kini sudah 25 tahun.

Melintasi linimasa FYP di TikTok, momen manis orangtua yang selalu antarkan bekal untuk anaknya ini bikin warganet terharu. Bahkan tak sedikit yang ungkap merasa iri dengan orangtua sang pemilik akun yang penuh kasih sayang.

 

4 dari 4 halaman

Terjang Hujan dan Panas Demi Bawa Bekal

Tidak pernah absen antarkan bekal untuk anak, perhatian dan kasih sayang orangtua sang pemilik akun TikTok @gabygain bikin wargaet tersentuh. Tidak hanya mengunggah video saat orangtuanya antar makanan, sang pemilik akun juga bagikan tangkapan layar chat sang bunda kepadanya sebelum antar makanan.

Bukti bahwa kasih sayang orangtua sepanjang masa, orangtua wanita yang bernama Gaby itu rela menerjang hujan dan panas demi mengantarkan bekal untuk anaknya agar tidak lupa makan di tengah padatnya aktivitas. 

"Kasih sayang mereka ga pernah berkurang sampai 25thnku ini," tulis sang pemilik akun dalam keterangan unggahannya, 13 April 2023.

Tak hanya momen saat mengantar bekal, dalam video berdurasi 34 detik ini juga terekam momen manis antara ayah dan putri tercintanya yang saling melempar candaan singkat yang bikin hati menghangat. Dibuat dengan cinta, bekal sang pemilik akun dari sang bunda dibuat menyerupai bentuk cinta dan ada beragam menu yang disiapkan oleh sang bunda untuk anak tercintanya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini