Sukses

Viral Jasa Sewa Pacar di Mataram Mulai dari Rp30 Ribu, Disebut Legal tapi Dinilai Mengkhawatirkan

Sebuah akun Instagram dikabarkan menawarkan jasa sewa pacar dengan offline dan online di Mataram dengan tarif mulai dari Rp30 ribu.

Liputan6.com, Jakarta - Jasa sewa pacar sedang viral dan heboh di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB). Sebuah akun Instagram dikabarkan menawarkan jasa sewa pacar dengan offline dan online dengan tarif mulai dari Rp30 ribu. Jasa tersebut muncul melalui Instagram dengan mempromosikan laki-laki dan perempuan muda berusia sekitar 20 tahunan.

"Muncul bisnis baru di Kota Mataram, yaitu jasa sewa pacar. Jasa ini tersedia untuk online dan offline. Khusus online tarifnya mulai Rp30-Rp45 ribu per jam, bisa untuk video call, sampai kirim foto.," tulis akun Instagram @mood.jakarta pada 14 Juli 2023.

"Sementara offline tarifnya mulai Rp125-Rp350 ribu, lo bisa ajak jalan, makan bareng sampai pergi kondangan. Ketua Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kota Mataram, Joko Jumadi menyebut bisnis tersebut legal secara hukum negara,” lanjut unggahan yang dilansir akun mood.jakarta dari kicknews.today.

Ketua LPAI Kota Mataram, Joko Jumadi, mengatakan bisnis tersebut memang tidak berimplikasi hukum, namun sangat rawan jika disalahgunakan, bahkan dikhawatirkan bisa menjurus ke prostitusi.

Tarif jasa sewa pacar di Mataram ini beragam sesuai dengan jenis layanannya yaitu :

- Layanan chat, voice note, telepon Rp125 ribu

- Layanan telepon saja Rp35 ribu per jam

- Layanan video call Rp45 ribu per jam

- Layanan kencan langsung atau kencan bersama offline Rp250 ribu per 3 jam, Rp350 ribu per 5 jam, dan bertambah Rp100 ribu per jam untuk maksimal 8 jam

Layanan jasa sewa pacar di Mataram ini kabarnya dibuat untuk mengatasi kesepian atau memberi teman berbincang layaknya seorang kekasih bagi muda-mudi yang mungkin belum bisa temukan pacar.  Layanan juga diklaim cocok dan terjangkau tarif jasa sewa pacarnya untuk acara tertentu misalnya ketika mencari teman untuk kondangan, wisuda, atau acara lainnya yang biasanya mendapat banyak pertanyaan dimana atau mana pacarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tak Hanya di Mataram

Fenomena jasa sewa pacar di Mataram juga dibagikan di akun TikTok @insidelombok.

"Belakangan muncul model bisnis dengan menyediakan jasa pacar atau teman kencan sewaan di Kota Mataram. Fenomena ini pun diakui mulai marak di kalangan anak muda, terutama di kota-kota besar. Namun khusus di NTB masih ada halangan dengan persepsi masyarakat, sehingga perlu melihat lagi beberapa aspek khusus,” tulis akun tersebut dalam unggahannya pada 14 Juli 2023.

Tidak disebutkan nama akun Instagram jasa sewa pacar di Mataram tersebut. Yang jelas, ada Kanojo Rental yang merupakan situs rental pacar online yang menyediakan layanan jasa untuk menemani keseharian para klien, baik sebagai pacar atau hanya sebagai teman diskusi untuk menghabiskan waktu bersama.

Situs sewa pacar online Kanore ini tersedia dari mulai Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta dan Jawa Timur. Situs ini juga memiliki akun Instagram yaitu @kanore_id.

Tujuan Kanore dalam menyediakan rental pacar online adalah sebagai solusi dari keluhan pada muda-mudi di era modern yang bekerja dan memiliki keunikan dan ciri khas masing-masing.

3 dari 4 halaman

Sewa Pacar Marak di Kota-kota Besar

Bila dirunut lagi, fenomena ini bahkan sudah ramai terjadi pada akhir tahun lalu. Pada November 2022, sejumlah akun Twitter menawarkan jasa untuk bisa menyewa 'teman' harian dengan tarif yang berbeda-beda.

Namun tak cuma di Twitter, ternyata jasa sewa pacar ini juga marak di media sosial lainnya seperti Facebook sampai website sendiri. Beberapa penyedia jasa sewa pacar yang populer di media sosial antara lain Rental Girlfriend, Rental Pacar, pacar kontrak, dan masih banyak lagi.

Melansir kanal Regional Liputan6.com, 4 November 2022, jasa sewa pacar tak hanya marak di ibu kota, penawaran jasa ini juga tersedia di beberapa kota seperti Yogyakarta, Malang, Bandung, sampai Surabaya. Masing-masing penyedia jasa ini bahkan memiliki daftar harga alias tarif tersendiri.

Semuanya menawarkan servis atau jasa yang berbeda-beda tergantung harga yang dipilih. Rata-rata tarif klien alias pacar sewaan ini cukup bervariasi, mulai dari Rp 100.000 hingga ratusan ribu rupiah per jam.

Beberapa jasa sewa pacar ini pun juga menyediakan 'paket' jasa sewa sampai beberapa jam sekaligus. Tarif sewa pacar ini juga berbeda antara jasa online dan offline dating. Dalam unggahan masing-masing penyedia jasa sewa pacar, mereka mengklaim sebagai layanan penyedia teman semata bukan layanan hubungan seksual.

4 dari 4 halaman

Jasa Sewa Pacar dari Sisi Psikolog

Beberapa jasa sewa pacar ini pun juga menyediakan 'paket' jasa sewa sampai beberapa jam sekaligus. Tarif sewa pacar ini juga berbeda antara jasa online dan offline dating. Dalam unggahan masing-masing penyedia jasa sewa pacar, mereka mengklaim sebagai layanan penyedia teman semata bukan layanan hubungan seksual.

Melihat fenomena satu ini, Anda mungkin berpikir bahwa pacar sewaan dipesan oleh mereka yang merasa kesepian saja. Tapi ternyata, tak selalu begitu. Psikolog anak, remaja, dan keluarga Universitas Kristen Maranatha Bandung, Efnie Indriani mengungkapkan bahwa memiliki pendamping hidup untuk sebagian orang merupakan bentuk kebanggaan.

"Jadi saat seseorang belum memiliki dan kebetulan saat ini ada yang menyediakan jasa, maka penyewaan pun akan dilakukan," ujar Efnie melalui keterangan pada Health Liputan6.com, 4 November 2022.

"Jadi, menyewa pacar bukan sekadar bentuk untuk mendapatkan affection. Namun bisa sebagai upaya untuk mempertahankan 'pride' tersebut dihadapan orang lain," tambahnya.  Menurut Efnie, kesepian memang mungkin menjadi salah satu faktor, yang umumnya ditakuti oleh manusia. Akan tetapi biasanya rasa sepi itu tidak selalu disadari oleh manusia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini