Sukses

Studi: Bentuk Tubuh Ternyata Ada Kaitan dengan Kepribadian

Bentuk tubuh ternyata ada kaitannya dengan kepribadian. Ketika bertemu orang baru, kesan pertama tentang kepribadian mereka mungkin bergantung pada bentuk tubuh mereka, menurut penelitian yang dipublikasikan di Psychological Science, sebuah jurnal dari Association for Psychological Science.

Liputan6.com, Jakarta - Bentuk tubuh ternyata ada kaitannya dengan kepribadian. Ketika bertemu orang baru, kesan pertama tentang kepribadian mereka mungkin bergantung pada bentuk tubuh mereka, menurut penelitian yang dipublikasikan di Psychological Science, sebuah jurnal dari Association for Psychological Science.

"Penelitian kami menunjukkan bahwa orang menyimpulkan berbagai ciri kepribadian hanya dengan melihat kondisi fisik dari tubuh tertentu," kata ilmuwan psikologi Ying Hu dari University of Texas di Dallas, penulis pertama penelitian tersebut mengenai kaitan bentuk tubuh dan kepribadian seseorang, dikutip dari laman Psychological Science, Kamis, 13 Juli 2023.

Hu menambahkan bahwa stereotip berdasarkan bentuk tubuh dapat berkontribusi pada cara seseorang menilai dan berinteraksi dengan kenalan baru dan orang asing. "Memahami bias ini penting untuk mempertimbangkan bagaimana kita membentuk kesan pertama," lanjutnya.

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa seseorang menyimpulkan sejumlah besar informasi sosial dengan melihat wajah orang lain. Namun, penelitian yang relatif sedikit telah mengeksplorasi apakah bentuk tubuh juga berkontribusi terhadap penilaian ini.

"Kami ingin tahu apakah kami dapat menghubungkan kata-kata deskriptor kepribadian dengan bentuk tubuh dengan cara yang dapat diprediksi," jelas Hu.

Ia menjelaskan, "Artinya, apakah orang melihat tubuh seseorang dan membuat penilaian cepat tentang apakah orang tersebut malas, antusias, atau mudah tersinggung?" Hu dan rekannya menciptakan 140 model tubuh realistis, 70 orang di antaranya perempuan dan 70 orang laki-laki.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Analisis Peneliti

Dengan menerjemahkan tiga dimensi dihasilkan dari nilai acak sepanjang 10 dimensi tubuh yang berbeda, menggunakan data dari pemindaian laser tubuh manusia yang sebenarnya. Menggunakan model-model ini memungkinkan para peneliti untuk mengetahui pengukuran fisik yang tepat dari setiap tubuh yang ditunjukkan dalam penelitian ini.

Sebanyak 76 peserta mahasiswa yang tengah menempuh studi untuk gelar S1, melihat satu set model, mereka melihat setiap tubuh dari dua sudut dan menunjukkan apakah 30 kata sifat yang ditampilkan di layar berlaku untuk tubuh tersebut. Kata-kata sifat mencerminkan dimensi dari sifat-sifat kepribadian Big Five (ukuran umum kepribadian yang digunakan dalam penelitian psikologi). Ini biasanya dilihat sebagai makna positif misalnya, antusias, ekstrovert, dominan atau negatif, misalnya, pendiam, pendiam, pemalu.

Para peneliti menganalisis apakah peserta secara konsisten mengaitkan ciri-ciri tertentu dengan jenis tubuh tertentu. Umumnya, peserta menilai tubuh yang lebih berat dikaitkan dengan lebih banyak sifat negatif, seperti malas dan ceroboh.

Mereka menilai tubuh yang lebih ringan memiliki sifat yang lebih positif, seperti percaya diri dan antusias. Selain itu, para peserta menganggap tubuh feminin klasik, misalnya, berbentuk buah pir dan maskulin klasik, misalnya, berbahu lebar, dikaitkan dengan sifat "aktif", seperti suka bertengkar, ekstrovert, dan mudah tersinggung.

3 dari 4 halaman

Kesan Pertama

Sebaliknya, tubuh laki-laki dan perempuan yang lebih persegi panjang diasosiasikan dengan sifat-sifat yang relatif pasif, seperti dapat dipercaya, pemalu, dapat diandalkan, dan hangat. Dalam analisis tambahan, para peneliti menemukan bahwa mereka dapat dengan andal memprediksi penilaian sifat kepribadian dari kombinasi spesifik dari fitur bentuk tubuh yang berbeda.

"Sepengetahuan kami, ini adalah studi pertama yang mempertimbangkan peran aspek bentuk tubuh yang lebih bernuansa, di luar tinggi dan berat badan, dalam penilaian kepribadian tentang orang," kata Alice O'Toole, rekan penulis dan profesor dari University of Texas di Dallas.

Kecenderungan untuk menyimpulkan ciri-ciri kepribadian dari bentuk tubuh kemungkinan bersifat universal, kata penulis. Namun, mereka mencatat bahwa kesimpulan yang dibuat orang akan bervariasi sesuai dengan budaya, etnis, dan bahkan usia mereka.

Masih harus dilihat bagaimana karakteristik lain, seperti daya tarik atau jenis kelamin, berinteraksi dengan bentuk tubuh untuk memengaruhi kesimpulan yang dibuat orang. Temuan ini menambahkan lapisan baru pada sains di balik kesan pertama, mengungkap "penilaian rumit dan berbasis nilai yang dibuat orang tentang orang asing hanya berdasarkan tubuh mereka," simpul Hu.

4 dari 4 halaman

Tiga Somatotipe W.H. Sheldon

Dikutip dari Simply Psychology, pada 1940-an, psikolog Amerika William Herbert Sheldon mengembangkan teori yang menghubungkan tipe tubuh dengan tipe temperamen manusia. Sheldon mengusulkan agar fisik manusia dapat diklasifikasikan menurut seberapa banyak mereka terdiri dari tiga elemen.

Ia menyebut klasifikasi ini somatotipe, sesuai dengan tiga lapisan embrio, yakni endoderm, yang berkembang menjadi saluran pencernaan; mesoderm, yang berkembang menjadi otot, jantung, dan pembuluh darah; dan ektoderm, yang membentuk kulit dan sistem saraf (Patwardhan, Mutalik, dan Tilu, 2015).

William Sheldon (1942) mengusulkan korelasi kuat antara kepribadian dan somatotipe (yaitu fisik). Dari sebuah penelitian terhadap beberapa ratus fisik pria, dia memperoleh tiga tipe tubuh, yakni:

Tipe Ectomorphic

Tipe tubuh ectomorph ditandai dengan otot dan tungkai yang panjang dan tipis serta penyimpanan lemak yang rendah. Dalam istilah sehari-hari, ectomorph itu ramping. Ectomorph tidak cenderung menyimpan lemak atau membentuk otot (Patwardhan, Mutalik, dan Tilu, 2015).

Tipe Mesomorphic

Tipe tubuh mesomorph cenderung membangun otot, tetapi tidak menyimpan lemak. Mereka cenderung kuat dan padat, tidak kelebihan berat badan atau kekurangan berat badan. Tubuh mereka dapat digambarkan berbentuk persegi panjang dengan postur tegak. Mesomorph biasanya dianggap memiliki distribusi berat yang merata, lengan berotot, kaki, dada dan bahu, dan hati yang besar (Patwardhan, Mutalik, dan Tilu, 2015).

Tipe Endomorphic

Endomorph ditandai dengan peningkatan penyimpanan lemak, pinggang lebar, dan struktur tulang besar. Endomorph, dalam bahasa sehari-hari, gemuk. Mereka memiliki tubuh yang halus, bulat, bahu kecil, dan anggota tubuh yang lebih pendek. Mereka cenderung membawa beban di perut bagian bawah, pinggul, dan paha daripada merata di seluruh tubuh (Patwardhan, Mutalik, dan Tilu, 2015).

Karakteristik Kepribadian Somatotipe

Sheldon (1954), dalam Atlas of Men, menetapkan ciri-ciri kepribadian yang berbeda untuk setiap somatotipe. Ia mengatur sifat-sifat ini dalam tiga dimensi yang berbeda:

  1. Ectomorph adalah pendiam, terkendali, asertif siang hari, sensitif, tertutup, artistik, dan sadar diri.
  2. Endomorph (juga dikenal sebagai viscerotonic) dipandang sebagai orang yang santai, mudah bergaul, toleran, suka kenyamanan, damai, humoris, dan membutuhkan kasih sayang.
  3. Mesomorph aktif, asertif, kuat, suka berpetualang, dominan, dan kompetitif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.