Sukses

Tina Toon Jalani Prosesi Sangjit Sebelum Menikah, Wajah Calon Suami Akhirnya Terungkap

Tina Toon dan calon suaminya yang diketahui bernama Daniel tampil kompak dengan busana serba maunn saat menjalani prosesi sangjit sebelum menikah.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan penyanyi cilik Tina Toon akan segera menjalani babak baru dalam hidupnya sebagai seorang istri. Lewat sederet unggahan di akun Instagram-nya, baru-baru ini, Tina Toon memperlihatkan prosesi sangjit yang dijalani bersama calon suaminya yang diketahui bernama Daniel.

"Sangjit ❤️," tulisnya singkat sebagai keterangan sederet unggahan. Di potret-potret tersebut, Tina dan Daniel kompak mengenakan ansambel serba merah marun yang memberi kesan tampilan elegan.

Merujuk pada caption yang dituliskan perempuan berusia 29 tahun itu, bajunya merupakan cheongsam dari Bie Hin Tailor dan qipao rilisan Alethea Sposa. Potongan mode itu disempurnakan dengan mengenakan alas kaki berwarna serasi dari Enavant Wedding Shoes dan aksesori pelengkap oleh Peurle.

Makeup Tina yang menambah kesan elegan dalam tampilannya merupakan pulasan makeup artist @smmakeupstylist, sementara rambutnya ditata oleh Opick Mano. Di sisi Tina, calon suaminya tampil necis dengan tang suit berwarna serasi.  Senada dengan busana mereka, dekorasi acara pun sarat sentuhan maroon, serta bunga warna-warni nan cantik.

Tina juga membagikan foto kedua orangtuanya yang mengenakan busana serba deep gold yang menambah kesan elegan prosesi tersebut. Ia pun menulis bahwa acara spesialnya dipandu MC Calvin Gunawan.

"Special Thanksss To @calvingunawan_mc yg bantuin bgt dari a-z bwat sangjitan ini 🤣 plusss tringual MC besttt indo english chinese di habekkk semua," ungkap Tina Toon terkait prosesi sangjit di salah satu unggahan Instagram-nya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Prosesi Sangjit

Sangjit merupakan bagian dari prosesi yang dilangsungkan sebagai penghantar menuju gerbang pernikahan di budaya masyarakat Tionghoa. Melansir laman Weddingku.com, prosesi sangjit dilakukan setelah lamaran, antara satu bulan hingga satu minggu sebelum tanggal pernikahan.

Acara ini biasanya diadakan di siang hari, yakni antara pukul 10.00 hingga 13.00, kemudian dilanjutkan dengan makan siang. Di prosesi sangjit, calon mempelai pria datang bersama keluarganya dan memberikan hadiah untuk diserahkan pada pihak mempelai wanita beserta keluarganya.

Secara tradisional, hadiahnya terdiri dari 12 nampan yang setiap jenis barangnya memiliki makna tersendiri. Nampan tersebut umumnya berisi buah, kue, kain untuk dibuat jadi pakaian, dan perhiasan.

Melansir laman cihc.nl, di antara 12 nampan tersebut, ada dua hadiah yang tidak tergantikan. Pertama, yakni uang susu yang dibungkus dalam angpao merah. Uang susu harus diberikan sebagai tanda terima kasih pada ibu dari calon mempelai wanita karena telah melahirkan dan membesarkan putrinya.

3 dari 4 halaman

Hadiah Tidak Tergantikan

Satu hadiah lagi yang tidak bisa digantikan di prosesi sangjit seperti yang dilakukan Tina Toon dan Daniel adalah lilin liong, yakni sepasang lilin merah besar yang diikat dengan pita merah. Lilin yang membawa simbol perlindungan dari pengaruh negatif ini harus dinyalakan di altar saat upacara pernikahan nantinya.

Hadiah dari pihak keluarga calon mempelai pria selalu diterima calon mempelai wanita. Calon mempelai wanita pun tidak tinggal diam. Mereka juga memberi hantaran balik pada calon mempelai pria, yang diambil sebagian dari seserahan mempelai pria, makanan manis, keperluan pria, dan sejumlah uang untuk dibagikan pada pembawa nampan.

Calon mempelai wanita tidak boleh menerima seserahan dari tunangannya secara penuh, sebab menerimanya akan membuat hubungan calon mempelai wanita terputus dari keluarganya. Karena itu, mereka wajib mengembalikan seserahan tersebut pada calon mempelai pria agar keluarga pihak wanita masih bisa turut serta dalam kehidupan calon pengantin.

4 dari 4 halaman

Pengakuan Tina Toon

Unggahan Tina Toon tentang dirinya menjalani prosesi sangjit pun dikomentari sesama rekan artis dan warganet lain. Sebagian besar memberi ucapan selamat dan mendoakan kelancaran persiapan pernikahan Tina.

"Congrats, Tina," tulis sesama mantan penyanyi cilik Tasya Kamila. Okie Agustina juga berkomentar, menulis, "Selamat sayang. Lancar sampai hari H yaaa."

Sebelumnya, Tina bercerita bahwa ia dan Daniel sudah cukup lama menjalin hubungan. Namun saat itu, ia masih enggan mempublikasikannya ke khalayak ramai. Ia mengaku baru akan mengenalkan sang kekasih jika memang benar-benar akan naik ke pelaminan dengan unggahan ini jadi bukti janjinya.

Kanal Showbiz Liputan6.com per 1 Februari 2023 melaporkan, Tina menyebut bahwa profesi kekasihnya bukan dari dunia politik atau hiburan. Ia pun mengungkap alasan tidak ingin memiliki pasangan dengan profesi yang sama.

"Karena kalau sama, bertabrakan kayaknya nanti. Terlalu banyak conflict of interest dan terlalu banyak perdebatan. Kita dunianya agak cukup berbeda gitu, ya okelah," ujar Tina.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini