Sukses

Di Balik Layar Debut Model Indonesia Jacey Philana di Paris Couture Week 2023, Terkesan Makanan Prasmanan di Show Dior

Model Indonesia Jacey Philana membawakan koleksi busana Dior dan Valentino selama Paris Couture Week 2023.

Liputan6.com, Jakarta - "Halo. Nama lengkapku Jacey Philana. Lahir di Jakarta, 6 Maret 2004," sebut Jacey Philana melalui pesan saat mengawali wawancara dengan Liputan6.com, Jumat, 7 Juli 2023. Sepanjang minggu, nama model Indonesia ini mencuri perhatian karena sukses debut di Paris Couture Week 2023.

Sebelum jauh membahas langkahnya di runway bergengsi Paris, Jacey bercerita bahwa pada Juni 2021, di tengah pandemi yang membuatnya terpaksa sekolah online, ia melamar untuk jadi model di agensi Persona Management melalui surel. "Mereka minta aku datang ke kantor untuk digital test dan bergabunglah aku dengan Persona," ujar dia.

Usai menjajal berbagai landasan pacu di dalam negeri, termasuk membawakan koleksi sejumlah desainer lokal, seperti Biyan Wanaatmadja, Ria Miranda, Sebastian Gunawan, dan Didi Budiardjo, serta terpilih sebagai ikon Jakarta Fashion Week (JFW) 2023, Jacey memutuskan "berjalan lebih jauh."

Ia berbagi, "Aku dapat kabar dari agensi yang menaungi aku di Indonesia, yaitu Persona, dan mother agency-ku, 3mmodels, bahwa The Claw models (agensi model di Paris) mengajak melakukan interview."

"Selesai interview, respons yang didapat positif," imbuhnya. "Mereka mengirim kontrak, (aku) tanda tangan, dan resmi bergabung dengan The Claw! Dari situ, aku mulai mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan karena aku (semula) diminta datang ke Paris pada pertengahan bulan Mei (2023)."

"Akhirnya, tanggal 17 Juni (2023) malam, aku terbang ke Paris dan sampai 18 Juni," sang model menyambung, dan sisanya adalah sejarah. Awal pekan ini, 3 Juli 2023, Jacey Philana debut di landasan pacu Dior, dan disusul Valentino pada 6 Juli 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bergabung dengan Show Dior

Bergabung di pergelaran busana Dior, Jacey bercerita bahwa tahapan paling awal adalah pre-casting yang prosesnya kurang lebih sama dengan casting, tapi hanya bertemu casting director, katanya. "Setelah itu, baru mendapat callback casting, di mana bertemu casting director dan tim Dior, " sambungnya.

"Aku dapat email fitting mendadak setelah selesai casting-casting, mencoba beberapa baju, dipakaikan aksesori dan sepatu, serta look yang aku kenakan di foto," bebernya. "Tanggal 1 Juli (2023), aku confrim untuk show Dior dan diminta datang keesokan harinya pada 2 (Juli) untuk reherseal."

"Blocking-an jalannya (di landasan pacu) sangat mudah, namun dilakukan beberapa kali putaran untuk mencocokkan lagu dengan tempo berjalan, dengan kamera, dengan lampu, dan sebagainya," ucapnya.

Ditanya tentang momen paling menyentuh selama keterlibatannya di show Paris Couture Week tahun ini, Jacey berbagi, "Saat berjalan untuk debutku, begitu aku melangkah keluar dari backstage, aku mulai merinding dan mukaku terasa terangkat tersenyum, walau ternyata tidak. Ini berlangsung sampai hingga aku balik masuk ke backstage."

3 dari 4 halaman

Katering Makanan di Show Dior

Jadi, apa bedanya dengan fashion show di dalam negeri? "Efektifitas waktu," jawab Jacey. "Call time show Dior enam jam sebelumnya, di mana setelah sampai langsung diarahkan untuk hair do, selesai, pindah untuk di-makeup, dicek, rehearsal, kembali menyelesaikan hair atau makeup."

"Disela-sela waktu, (kami) dapat mengambil makan karena makanan selalu tersedia untuk dikonsumsi semua yang berada di backstage," sebutnya. Ya, siapa sangka, katering makanan prasmanan di show Dior malah jadi cerita di balik layar yang unik menurut Jacey.

"Perut kenyang, hati senang. Katering prasmanan yang selalu tersedia dari pagi hingga setelah show!" katanya lagi. Setelah menyelesaikan minggu Couture yang sibuk, Jacey berharap nantinya dapat mengikuti fashion week koleksi Spring/Summer. "Untuk jadwal lain, ditunggu dan dimohon bantuan doanya ya!" ia berimbuh.

Tidak lupa, ia pun menyemangati sesama rekan model Indonesia yang ingin menembus show internasional. "Tidak ada yang instan. Klise, namun benar bahwa semua butuh proses. Terus berusaha, tetap bersemangat, pasti bisa!"

4 dari 4 halaman

Bangga Jadi Model Indonesia

Sebagai penutup, Jacey sepertinya tidak bisa menahan kebahagiaannya. Ia mengatakan, "Aku merasa bangga bisa jadi model Indonesia yang bisa berjalan di panggung international."

Seperti telah disinggung, Jacey sempat mengagetkan warganet Indonesia ketika sederet fotonya terlibat dalam show Dior mejeng di media sosial. Di foto yang dibagikan, Jacey terlihat mengenakan gaun panjang putih di bawah broken white long outer.

Rambutnya ditata jadi bun rendah yang rapi, membuat setiap bagian busana rancangan desainer Maria Grazia Chiuri itu terlihat gamblang. Portofolionya tidak berhenti sampai di situ. Karena setelah debut di show Dior, ia juga berjalan membawakan koleksi busana Valentino yang pertunjukannya dihadiri aktris Korea Selatan, Son Ye Jin.

Di sederet foto dan video yang dibagikan, Jacey tampak mengenakan gaun hijau olive ringan di bawah outer biru langit beraksen emas berkilap yang membuatnya tampil canggih. Rambut hitam panjang Jacey kedapatan digerai, sementara ia mengenakan bow heels lancip yang serasi.

Dukungan untuknya pun mengalir di kolom komentar. Tidak sedikit yang mengaku bangga atas prestasi yang sudah digapai Jacey, sementara yang lain membanjirinya dengan ucapan selamat 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini