Sukses

12 Perilaku Kucing dan Artinya, Cat Lovers Wajib Tahu

Tidak sekadar menggemaskan, sederet perilaku kucing ternyata punya makna tersendiri.

Liputan6.com, Jakarta - Perilaku kucing yang beraneka ragam terkadang sulit diterka. Tidak sekadar menggemaskan, sederet perilaku kucing ternyata punya makna tersendiri.

Lalu, apa saja tingkah kucing beserta artinya? Yuk, simak selengkapnya seperti dikutip dari Reader's Digest, Kamis, 6 Juli 2023, berikut ini.

1. Mendengkur

Mendengkur adalah sesuatu yang hampir dilakukan setiap kucing. Tapi menariknya, kita tahu lebih sedikit tentang mengapa kucing mengeluarkan suara ini dibandingkan suara lain yang terkenal, seperti mendesis. Kenyataannya, mendengkur memiliki banyak arti berbeda.

Dokter hewan yang tinggal di Atlanta, JoAnna Pendergrass, menyebut, "Kucing sering mendengkur saat merasa rileks, tapi mereka juga mendengkur untuk menenangkan diri jika merasa stres atau terluka."

Ia menambahkan, "Saat anak kucing lahir, induk kucing mendengkur, menciptakan getaran untuk memandu anak kucing ke puting ibu untuk menyusu. Kucing juga akan mendengkur untuk bersosialisasi dengan kucing lain dan berkomunikasi dengan pemiliknya bahwa mereka menginginkan sesuatu."

2. Menunjukkan perutnya

Kucing juga kerap berbaring dan memamerkan perutnya yang berbulu halus, yang membuat Anda ingin segera mengelusnya. Dokter hewan dan pendiri dari PetWellClinic Sam Meisler mengatakan, "Saat kucing memperlihatkan perutnya pada kita, mereka mengatakan bahwa mereka mempercayai kita."

"Tapi, ketika kita menerima 'tawaran' ini dengan menggosok perut mereka, mereka mungkin menariknya kembali dengan gigitan atau cakaran, karena itu hanya dimaksudkan sebagai bentuk komunikasi," jelasnya untuk diketahui para cat lovers.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Mengibaskan Ekor

Ketika seekor kucing "mengibaskan" ekornya, itu bukan respons gembira yang sama dengan yang Anda dapatkan ketika anjing yang bahagia mengibaskan ekornya. Bahkan, itu bisa berarti sebaliknya.

"Mengibaskan ekor bagi kucing bisa jadi peringatan," kata Evelyn Kass selaku dokter hewan di Pet Nutrition Doctor. "Mengibaskan ekor adalah tanda terganggu atau frustrasi yang meningkat. Ekor yang meronta-ronta umumnya berarti 'hentikan apa yang kamu lakukan atau saya akan marah dan mungkin akan menggigitmu.'"

Ia menambahkan bahwa saat ujung ekor bergoyang-goyang, sering kali itu pertanda kucing Anda siap menerkam mainan favoritnya, atau mungkin kaki Anda.

4. Tidur siang

Anda mungkin telah memerhatikan bahwa kucing suka tidur siang dan sepertinya tidur sepanjang waktu. "Umumnya, sifat ini berkembang sebagai keunggulan evolusioner sehingga mereka bisa menghemat energi untuk berburu. Tentu saja, kucing rumahan tidak perlu diburu, namun genetikanya tetap ada," jelas Meisler.

Ia menambahkan, "Mereka suka tidur di tempat yang hangat. Perlu diingat bahwa suhu basal kucing lebih tinggi dari kita setidaknya beberapa derajat. Itu membantu menjelaskan mengapa mereka suka berjemur atau tidur di permukaan yang hangat, seperti laptop Anda."

5. Berkicau

Selain mendengkur dan mengeong, suara kucing umum lainnya adalah berkicau. Anda mungkin menemukan kucing Anda berkicau saat ia menatap ke luar jendela dari tempat bertenggernya pada seekor burung atau saat ia menyapa sesama kucing.

Kicauan kucing cenderung berarti satu dari dua hal, yakni naluri berburunya diaktifkan saat ia memata-matai burung, serangga, tikus, atau mainan. Kemungkinan jenis kicau ini disertai ekornya yang bergerak maju mundur dan pupil mata yang membesar. Atau, seekor kucing juga bisa berkicau saat senang melihat seseorang, baik itu sesama kucing atau Anda.

3 dari 4 halaman

6. Bangun Pagi

Selain aktif saat senja, kucing juga dikenal suka bergerak ke sana kemari saat fajar. Ini mungkin saat ketika Anda ingin tidur lebih lama sebelum alarm berbunyi, tapi perilaku kucing ini muncul secara alami, dan kucing Anda tidak peduli jam berapa alarm Anda disetel.

Jika Anda serius membatasi panggilan bangun pagi itu, mulailah dengan memasang tirai anti-tembus pandang atau tirai di kamar tidur Anda agar matahari tidak membangunkan kucing Anda. Kemudian, patuhi waktu makan yang ketat, yakni sekali di pagi hari, tapi tidak tepat setelah Anda bangun karena mereka akan mengasosiasikan Anda bangun dari tempat tidur dengan diberi makan, dan sekali sebelum Anda pergi tidur untuk menunda rasa lapar mereka.

7. Menjatuhkan sesuatu

Jika Anda telah menghabiskan banyak waktu dengan kucing, Anda mungkin pernah melihat mereka memukul sesuatu di atas meja sampai jatuh, seperti gelas minum atau mungkin ponsel Anda. Meski agak lucu dan mungkin menjengkelkan, ini adalah perilaku kucing yang sangat normal.

Kass mengatakan ada banyak teori tentang ini, yang mencakup segala hal mulai dari kebosanan, mencari perhatian, hingga berburu, bahkan sekadar bermain-main.

8. Menggaruk furnitur

Sama seperti Anda memotong dan mengikir kuku Anda agar tidak mengganggu mengetik atau aktivitas sehari-hari lain, kucing harus menjaga cakarnya. Menggaruk, yang merupakan perilaku yang tertanam kuat pada kucing, adalah salah satu cara mereka melakukannya.

Ada juga beberapa penjelasan lain mengapa kucing menggaruk, salah satunya adalah mereka menandai wilayah mereka. Kucing memiliki kelenjar bau di cakarnya, dan melepaskan bau pada dasarnya memungkinkan mereka untuk "menandai" objek tertentu sebagai miliknya.

Alasan lain termasuk melepaskan energi atau kegembiraan, dan hanya karena menggaruk itu menyenangkan dan terasa menyenangkan.

4 dari 4 halaman

9. Menjilat Anda

Perilaku kucing lain yang mungkin Anda perhatikan adalah hewan peliharaan Anda menjilati Anda dengan lidahnya yang kasar. Mereka melakukan ini karena beberapa alasan, kata Pendergrass.

"Seekor kucing akan menjilat manusia untuk menunjukkan perhatian dan kasih sayang. Saat kucing menjilati Anda, mereka menciptakan ikatan sosial khusus dengan Anda," katanya. "Perilaku menjilati ini berasal dari anak kucing, ketika induk kucing menjilat anak kucingnya untuk merawat dan menunjukkan kasih sayang."

10. Menjilat diri sendiri

Bersamaan dengan menjilati Anda, kucing cenderung menjilat dirinya sendiri, dan itu sering terjadi. Ini karena mereka adalah makhluk pembersih diri, dan kebiasaan merawat diri mereka cukup mengesankan.

Kucing dilahirkan dengan alat perawatan yang penting, yakni cakar, lidah berduri yang kasar, dan air liur. Ini berarti Anda tidak perlu khawatir tentang rutinitas mandi dan perawatan seperti yang Anda lakukan untuk anjing. Hanya dalam kasus yang jarang, kucing perlu mandi.

11. Membawa hewan mati atau mainan

Anda sedang duduk mengurus urusan Anda sendiri, dan kucing Anda membuat segala macam suara aneh dan membawa benda di mulutnya. Jika Anda beruntung, itu adalah salah satu mainan favoritnya, tetapi kucing juga diketahui membawa serangga, hewan pengerat, dan burung yang mati ke manusia.

"Kucing Anda mungkin membawakan Anda barang mangsa, seperti mainan atau tikus, memberikannya pada Anda sebagai hadiah," kata Meisler. "Ini adalah kucing Anda yang mengatakan bahwa Anda adalah bagian dari kawanannya dan mereka ingin memastikan Anda cukup makan."

12. Mengeong

Para ilmuwan telah mengidentifikasi lebih dari selusin meongan berbeda yang dibuat kucing, masing-masing dengan artinya sendiri. Secara umum, anak kucing mengeong untuk berkomunikasi dengan induknya, tapi kucing dewasa hanya menggunakannya untuk berkomunikasi dengan manusia.

Kucing juga menggunakan desisan, geraman, pekikan, dan suara lain untuk berbicara satu sama lain. Pemilik yang lebih perseptif mungkin dapat mengetahui kucing mengeong "Aku lapar" dari "Aku bosan", atau membedakan "Aku terluka" dari "Aku takut".

Beberapa ras kucing lebih cerewet daripada yang lain, tetapi jika kucing Anda berubah dari tidak terlalu sering menjadi sering berbicara, itu bisa menjadi pertanda ada sesuatu yang salah. Kunjungan dokter hewan dapat membantu Anda mengetahui masalahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini