Sukses

Momen Haru Sopir Truk Berhenti di Jembatan untuk Bertemu Anak dan Istri: Maaf Ayah Jarang Pulang

Video menunjukkan anak-anaknya melompat kegirangan di JPO yang melintang di aras jalan tol. Mereka melihat ayahnya memarkir trailer kargo yang ia kendarai untuk bekerja di sisi jalan.

Liputan6.com, Jakarta - Dari waktu ke waktu, sederet momen haru acap kali menarik perhatian di media sosial. Yang terbaru, kisah serupa datang dari seorang sopir truk yang berbagi momen emosional antara ia dan keluarganya, yang sempat ia temui sebentar di jembatan penyeberangan orang (JPO) di sela perjalanan panjangnya.

Melansir Says, Rabu, 5 Juli 2023, ayah empat anak berusia 30 tahun itu mengunggah video mengharukan itu di TikTok pada 24 Juni 2023. Klip singkat itu menunjukkan anak-anaknya melompat kegirangan di JPO yang melintang di aras jalan tol. Mereka melihat ayahnya memarkir trailer kargo yang ia kendarai untuk bekerja di sisi jalan.

Pria asal Johor Bahru, Malaysia ini kemudian berlari menaiki tangga untuk menemui istri dan anak-anaknya, memberi mereka pelukan erat. "Rindunya sopir truk untuk istri dan anak-anaknya. Maafkan anak-anakku, karena ayah jarang pulang."

Video tersebut telah ditonton lebih dari 1,5 juta kali saat artikel ini ditulis. Sang ayah mengatakan ia sangat tersentuh melihat begitu banyak orang berdoa untuk keselamatannya dan kesejahteraan keluarganya di kolom komentar.

Dalam wawancara dengan Harian Metro, sang ayah, Muhammad Ghaffar Ilham Kamaruddin, mengklarifikasi bahwa video itu sebenarnya diambil dua tahun lalu, ketika ia hanya bisa pulang setiap dua minggu sekali karena bekerja. Ia menceritakan, ia dulu tinggal terpisah dari istri dan anak-anaknya.

Karena harus memenuhi sebagian besar pengiriman kargonya dari Johor Bahru, ia tinggal di dekatnya di Pasir Gudang, sementara keluarganya di Batu Pahat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengorbanan Seorang Ayah

Ia berkata, "Setiap ada pesanan di Melaka atau Senawang, Negeri Sembilan, saya akan meminta istri saya menunggu bersama anak-anak kami di lokasi (yang akan saya lewati) agar kami bisa bertemu sebentar, jadi saya tidak sangat merindukan mereka."

Ghaffar mengatakan, ia sekarang lebih sering bertemu keluarganya karena mereka semua pindah ke Kota Masai. "Kami tinggal bersama sekarang, tapi waktu bersama keluarga saya masih tidak pernah cukup. Kadang-kadang, saya hanya pulang dua hari sekali," ia bercerita pada Harian Metro.

Ia juga menceritakan bahwa ini adalah pengorbanan yang harus ia lakukan untuk mencari nafkah bagi keluarganya dan dalam membesarkan anak-anaknya, yang saat ini berusia antara 11 bulan hingga tujuh tahun. Ia berbagi, "Pekerjaan saya sebagai sopir trailer berarti saya menghabiskan banyak waktu saya di jalan, dan saya akan kehilangan banyak kesempatan untuk melihat anak-anak saya tumbuh dewasa."

"Terkadang, saya merasa mereka tumbuh terlalu cepat, seperti ketika saya pulang mereka merangkak, dan ketika saya kembali nanti, mereka sudah berjalan dan segera bersiap-siap pergi sekolah," imbuhnya. "Saya menganggap ini sebagai pengorbanan yang harus saya lakukan dan saya berharap mereka menghargainya dengan belajar sungguh-sungguh."

3 dari 4 halaman

Kisah Haru Lainnya

Sebelum ini, kisah haru juga datang dari seorang sopir truk yang menangis haru ketika putrinya wisuda dan lulus cumlaude setelah menempuh studi di Fakultas Hukum, Universitas Udayana, Bali. Momen tersebut dibagikan Johnihadi melalui akun TikTok pribadinya @johnilegend pada 20 Juni 2023.

Video singkat itu menunjukkan dirinya tengah menghadiri wisuda putrinya. Johnihadi yang mengenakan kemeja batik lengan panjang dan topi toga tampak berdiri berdampingan dengan putrinya. Sementara, anak perempuan Johni tampak berbalut toga hitam dengan selempang merah bertuliskan "cumlaude."

"Ini anak gue nih. Bapaknya sopir, hidup di jalan, anak gue jadi coy. Bangga gue coy. Bangga. Bapak sopir, anak jadi. Kebanggaan gue nih," kata Johnihadi dalam video sembari menangis.

Dalam video berdurasi 35 detik itu, Johnihadi juga menunjukkan buah hatinya di sela momen bahagia wisuda. "Senggol dong. Siapa bilang sopir enggak ada masa depan? Anaknya jadi semua," katanya dalam video. "Salam kompak selalu. Jangan merendahkan sopir. Sopir itu pejuang rupiah, tanpa mengenal lelah."

4 dari 4 halaman

Sama-Sama Jadi Sopir Truk

Momen haru juga pernah terjadi dalam pertemuan ayah dan anak yang sama-sama menjalani pekerjaan sebagai sopir truk. Di unggahan TikTok-nya @dimasapriansyah_14, 12 Maret 2023, si anak menulis keterangan, "Sehat selalu bapak❤️😇 Hati-hati di jalan pak."

Di rekaman klip yang sempat viral, seperti dirangkum kanal Otomotis Liputan6.com per 16 Maret 2023, pria muda tersebut terlihat memarkirkan truknya di bahu jalan dan segera turun mendatangi bapaknya. Ia kemudian menyeberang jalan, di mana sang ayah berada di jalur berlawanan.

Si anak langsung berlari dan meloncat ke beton pembatas saat jalanan sepi. Ia kemudian segera berlari lagi menuju truk ayahnya sambil membawa sebungkus makanan dan minuman. Segera ia menyerahkannya dan sang ayah menerimanya dengan senang hati.

Video ini mendapat beragam komentar warganet. Banyak dari mereka yang salut dan terharu dengan kebersamaan anak dan ayah tersebut. "Ya Allah, inget suami sama anakku. Semoga kalian selalu sehat selalu semanggat," tulis salah satunya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.