Sukses

Viral di TikTok Cipung Makan Ikan Shishamo, Berapa Harga dan Apa Kandungan Nutrisinya?

Beragam konten tentang putra bungsu Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Rayyanza, selalu berhasil mencuri atensi warganet. Cipung, begitu ia akrab disapa, juga tengah viral di TikTok karena mengonsumsi ikan shishamo.

Liputan6.com, Jakarta - Beragam konten tentang putra bungsu Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Rayyanza, selalu berhasil mencuri atensi warganet. Cipung, begitu ia akrab disapa, juga tengah viral di TikTok karena mengonsumsi ikan shishamo.

Banyak aktivitas dan aksi Cipung di berbagai kesempatan diabadikan pengasuhnya, Sus Rini. Salah satunya, sebuah video menunjukkan Cipung tengah asyik melahap kepala ikan shishamo.

"Ini ikan apa namanya, Rayyanza?," tanya Sus Rini. "Apu," jawab Cipung singkat. "Kerapu? Bukan," kata Sus Rini lagi. "Enak ikan?" ucap Sus Rini yang disambut gumaman Cipung tanda ia menyukai ikan tersebut.

Lantas, berapa harga ikan shishamo? Berdasarkan pantauan di beberapa online shop dan e-commerce, ikan shishamo, atau juga disebut capelin, ada yang menjualnya seharga Rp90 ribu per 200 gram. Ada pula yang menjual satu kemasan berisi delapan ikan seberat 170 gram seharga Rp40 ribu hingga Rp70 ribu.

Dikutip dari The Spruce Eats, Jumat (30/6/2023), shishamo panggang adalah hidangan Jepang yang populer. Seluruh ikan, dari kepala hingga ekor, tulang kecil dan semuanya, dapat dinikmati sebagai hidangan pembuka, lauk, atau hidangan utama.

Shishamo adalah ikan air asin kecil dari famili ikan kecil Osmeridae. Ini adalah ikan yang biasa dimakan dalam masakan Jepang yang hanya dipanggang, dan sering ditemukan di menu restoran Jepang ala izakaya.

Sementara istilah Jepang shishamo dan komochi shishamo digunakan secara bergantian di beberapa menu restoran, komochi shishamo secara khusus mengacu pada bau (shishamo) yang mengandung banyak telur (komochi). Telur shishamo biasanya berwarna kuning keputihan, dan inilah yang membuat komochi shishamo unik dan lezat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tentang Ikan Shishamo

Faktanya, ikan itu sangat kecil sehingga memiliki sedikit daging, dan Anda akan menemukan bahwa daging ikan yang sebenarnya hampir seluruhnya terdiri dari kaviar. Mungkin aspek shishamo inilah yang membuat ikan ini begitu unik.

Mengingat shishamo adalah ikan yang sangat kecil, tulang dan kepalanya yang tipis dan lunak biasanya dikonsumsi bersama kaviar dan sisa ikan, termasuk ekornya. Saat ikan dipanggang dengan baik, Anda akan mendapatkan kepala dan ekornya jadi bertekstur renyah dan garing, dan itu sebenarnya cukup nikmat.

Dikutip dari Livestrong, shishamo kaya akan vitamin dan mineral penting. Ikan ini mengandung mineral, seperti kalsium yang membantu membangun dan melindungi tulang dan gigi yang sehat, serta membantu kontraksi otot yang tepat; fosfor yang membantu mengubah makanan jadi energi dan membantu membawa nutrisi masuk dan keluar sel Anda; serta potasium yang membantu menjaga detak jantung tetap stabil.

Ikan kecil ini juga mengandung vitamin D yang membantu memperkuat gigi dan tulang, serta vitamin B yang membantu mengubah makanan jadi energi yang dibutuhkan untuk mendukung kesehatan kulit, rambut, darah, dan fungsi otak. Seperti kebanyakan ikan lainnya, shishamo merupakan tambahan yang bagus untuk program manajemen berat badan.

Satu porsi berisi 3 ons shishamo hanya mengandung 82 kalori. Sedang berdiet untuk menurunkan berat badan atau makan untuk mempertahankan berat badan? Ikan ini rendah kalori dan rendah lemak.

 

3 dari 4 halaman

Cipung Masuk Nominasi 100 Best Face Asian 2023

Fenomena "tercipung-cipung" sebelumnya telah meluaskan jangkauannya. Pasalnya, ia masuk dalam nominasi 100 Best Face Asian 2023. Sejauh ini, Rayyanza Malik Ahmad alias Cipung jadi satu-satu bayi dalam daftar.

Merujuk akun Instagram daftar tersebut, pengumuman nominasi 100 Best Face Asian 2023 sudah dimulai sejak 23 Maret 2023, dan nominatornya masih akan terus bertambah. Saingan Cipung bukan "orang-orang sembarangan."

Di daftar itu, ada banyak pesohor dengan "visual hampir tidak nyata," termasuk V, Jin, Jungkook, dan Jimin BTS; idol-aktor Cha Eun Woo si "face genius;" Kim Seon Ho; Jisoo, Rose, Jennie, dan Rose BLACKPINK; Karina aespa; Lee Minho; Park Solomon; Song Kang; Chanyeol EXO; Jeno NCT; dan Jeff Satur.

Di perolehan pemungutan suara sementara, yang dibagikan Jumat, 7 April 2023, Cipung mantap berada si posisi pertama. Ia mengalahkan V BTS yang berada di posisi ke-6, Lisa di peringkat ke-9, dan Jisoo menyusul di posisi ke-10. "Rayyanza bersama penggemar besarnya membawanya ke posisi teratas," tulis akun tersebut.

4 dari 4 halaman

Satu-satunya Wakil Indonesia

Namun, Cipung bukan satu-satunya wakil Indonesia. Di daftar itu, ada juga Refal Hady, Raden Rakha, Syifa Hadju, Basmalah Gralind, Cut Syiwa, dan Alwi Assegaf yang masing-masing menempati peringkat ke-2, 3, 4, 5, 7, dan 8 merujuk pada pemungutan suara sementara.

Selain itu, terdapat pula Tiara Andini, Lyodra Ginting, Ayu Ting Ting, Rey Bong, Sandrinna Michelle, dan Rizky Nazar. Sebagai catatan, pemungutan suara dalam 100 Best Face Asian 2023 masih berlanjut.

Rentetan tingkah Cipung memang tidak pernah gagal mencuri perhatian warganet. Sebelum menggemparkan dunia maya karena sementara menempati peringkat puncak 100 Best Face Asian 2023, ia sudah lebih dulu membuat gemas saat memakai kemeja putih dan sarung jelang Ramadhan, rangkum kanal Showbiz Liputan6.com.

Di foto yang dibagikan, Cipung tampak duduk bersila dengan tangan mengadah ke atas layaknya sedang berdoa. Wajah imutnya terlihat sangat khusyuk. Karenanya, tidak sedikit warganet yang ikut mengomentari gaya Cipung di foto tersebut. Mereka auto ngakak melihat gaya bocah tersebut seperti "orang yang sudah mengerti."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.