Sukses

Viral Guru Muda Bagi-Bagi Tas Baru ke Murid yang Membutuhkan, Sukses Bikin Warganet Mewek

Guru muda bernama Rezikal Ofanos ini viral setelah dirinya bagi-bagi tas kepada anak-anak muridnya yang membutuhkan.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang guru, baru-baru ini, tengah jadi sorotan di media sosial. Guru muda bernama Rezikal Ofanos tersebut viral setelah bagi-bagi tas pada anak-anak muridnya yang membutuhkan.

Momen tersebut dibagikan Rezikal Ofanos dalam sebuah video singkat yang diunggah di akun Instagram pribadinya, Rabu, 28 Juni 2023. Rekaman diawali dengan dirinya mengenakan kemeja batik, mengabadikan hari terakhir sebelum libur sekolah.

Guru itu tampak berjalan memasuki sekolah dengan tampilan rapi sembari menggendong tas punggung. Video lantas beralih ke salah seorang anak muridnya yang menangis.

"Kenapa nangis?" tanya Rezikal pada murid tersebut sembari menyeka air matanya. "Kenapa? Bapak punya hadiah, yuk!" lanjut guru SD tersebut.

Rezikal melanjutkan sekaligus mengajak muridnya beranjak dari tempat duduk, "Berdiri sayang." Ia lantas memperlihatkan kondisi tas murid itu yang sudah robek di beberapa sisi. Guru tersebut kemudian mengeluarkan tas-tas baru yang sudah dibawanya.

"Membagikan tas baru pada yang membutuhkan," bunyi keterangan dalam video itu.

Rezikal kemudian membagikan tas baru itu pada anak-anak muridnya. "Alhamdulillah pada happy semua," lanjut keterangan itu sembari memperlihatkan senyum murid yang mengembang setelah mendapat tas dari sang guru.

Ia juga membantu murid-murid memakai tas baru tersebut. "Senang ya?" tanyanya pada seorang murid. "Senang," jawab murid tersebut.

"Semoga bermanfaat!! #gurumuda #teacher #teacherlife," tulis guru muda tersebut di kolom unggahan Instagram-nya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tuai Pujian dari Warganet

"Bapak juga senang. Kalau senang bilang apa?" tanyanya lagi. "Terima kasih," kata murid itu.

"Tanda syukurnya gimana?" tanya Rezikal. "Alhamdulillah," lanjut murid tersebut.

Unggahan guru muda itu sontak jadi perhatian warganet. Kolom komentar unggahan yang disukai lebih dari 32 ribu kali itu dibanjiri pujian dari pengguna media sosial.

"Padahal lagi ngiklan tas, TAPI GUE MALAH NANGIS karena bapak guru baik bangett. Sehat selalu ya bang," tulis seorang warganet.

"Gatau seneng banget sama ketulusan guru gini," lanjut lainnya. "Kok jadi gue yang nangis," tulis lainnya.

"Bukan tentang harga barang tapi memberi barang yang dibutuhkan semoga Allah memberikan rezeki yangg berlimpah," jelas warganet.

Warganet lain turut memuji aksi mulia guru tersebut, "Masyallah pak guru sehat selalu orang baik."

"Sudah jarang ada guru laki-laki di sekolah, apalagi ini di SD. Di tingkatan yg lebih atas aja sudah langka, apalagi gaji guru yg tidak seberapa," lanjut lainnya.

3 dari 4 halaman

Uniknya Cara Guru Menarik Siswa Baru di SD Wonorejo

Sebelumnya, sejumlah aksi guru telah lebih dulu viral di TikTok, dari cara mengajar yang unik, sampai para pengajar menarik pendaftaran siswa kelas 1 SD. Unggahan ini dibagikan akun TikTok, @titinyaaw, menulis, "Pendaftaran peserta didik baru SDN1 tahun pelajaran 2023/2024 sudah dibuka. Kami tunggu!" Melengkapi seruan itu, si TikToker membagikan video yang dianggap unik oleh warga jagat maya.

Terlihat di sana kepala sekolah, sejumlah guru, dan perangkat sekolah mengundang pendaftaran siswa baru, dengan masing-masing membawa kertas berisi penggalan ajakan tersebut. Jika digabung, kalimatnya menjadi, "Pendaftaran siswa baru SDN 1 Wonorejo telah dibuka."

"Sekolah berprestasi, guru-guru kompeten, sekolah yang nyaman. Segera mendaftar. Kami tunggu kedatangannya," bunyi seruan tersebut. Tidak lupa, saat membawa kertas, masing-masing dari mereka berpose di depan kamera.

Apa yang dilakukan guru dan staf SDN 1 Wonorejo ini disambut rentetan pujian warganet. Banyak komentar berisi doa-doa baik dan semangat ditinggalkan di unggahan yang sudah mencatat 2,2 juta penayangan saat artikel ini ditulis. "Semoga PPDB tahun ini banyak muridnya yaa. Aamin ya Rabbal Aalamin," komentar seorang pengguna.

Yang lain menyambung, "Keren sekali bapak dan ibu guru. Semangat terus." "Sekarang guru-guru pada kreatif ya. Mau yang muda dan berumur makin kompak," sahut pengguna berbeda.

4 dari 4 halaman

Konten Guru yang Viral di TikTok

Bukan sesuatu yang mudah untuk jadi relevan dengan zaman, termasuk dalam hal mendidik para murid di sekolah. Namun demikian, konten sejumlah guru inspiratif yang punya cara mengajar unik telah muncul di media sosial dari waktu ke waktu.

Selain cerita di atas, konten garapan guru bernama Adelia Nurhaliza dan Benny Gigih juga sudah lebih dulu jadi sensasi online. Benny, yang merupakan guru kesenian di sebuah sekolah dasar di Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, jadi viral di media sosial dengan konten menari, yang salah satunya disebut "ala pertunjukan musik Korea Selatan," bersama murid-muridnya.

Di antara banyak, video ketika mereka tampil menarikan lagu Flower dari Jisoo BLACKPINK telah jadi sensasi online. Sementara, Adelia mengubah jam pelajaran matematika yang biasanya menegangkan, jadi menyenangkan.

Sebagaimana diketahui, guru di Sekolah Dasar Negeri 4 Pakemitan, Ciawi, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat ini terkenal lewat lagu "Satuan Berat" di TikTok. Bercerita tentang gaya mengajarnya yang tidak biasa, Adelia berkata, "Pada dasarnya, yang saya terapkan dalam kegiatan belajar terhadap anak-anak di kelas itu berasal dari ilmu yang saya peroleh saat berkuliah dulu," melalui pesan pada Liputan6.com, 20 Mei 2023.

"Dengan beberapa ilmu tersebut, saya kombinasikan dengan pendekatan personal yang saya anggap relevan dengan gaya anak-anak di generasi saat ini, salah satunya dengan metode bernyanyi," ia menyambung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini