Sukses

3 Genre Musik yang Bisa Buat Kamu Lebih Rileks Saat Bekerja

Kerjaan yang tiada habisnya memang dapat menimbulkan rasa kelelahan berujung pada kondisi otak terasa mumet.

Liputan6.com, Jakarta Kerjaan yang tiada habisnya memang dapat menguras energi dan pikiran, efeknya otak jadi susah lelah dan sulit dipakai berpikir. Itu hal yang wajar, ketika seseorang mengalami beban kerja yang terus bertambah membuat pikiran terasa kewalahan. Untuk menghilangkan rasa lelah dan pusing, kamu dapat mengatasinya dengan mendengarkan musik.

Sejak lama, musik dipercaya dapat menumbuhkan rasa rileks pada otak dan mampu meningkatkan suasana hati. Dilansir dari verywellmind, musik juga memiliki manfaat besar pada kesehatan tubuh, yaitu pereda stres. Dengan kata lain, kamu dapat mendengarkan musik saat melakukan aktivitas rutin tanpa harus menyita waktu dari jadwal kesibukan. 

Menariknya lagi, musik yang memberikan irama indah dapat meningkatkan kenikmatan hidup. Mendengarkan musik secara aktif dapat menjadi bentuk hiburan semata dan mengurangi rasa stres akibat beban kerja yang tak ada habisnya. 

Berikut adalah 3 genre musik sekaligus rekomendasi waktu yang tepat untuk kamu dengarkan tiap harinya, seperti dirangkum dari berbagai sumber.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Klasik

Musik klasik seringkali memiliki tempo yang lebih lambat dan melodi yang lembut, yang dapat menghasilkan efek menenangkan pada sistem saraf. Biasanya, musik klasik mendominasi pada bagian instrumen seperti piano, biola, dan cello dengan nada yang halus dan indah dapat menghasilkan suara yang sangat menyenangkan bagi pendengar. 

Selain itu, genre ini juga dipercaya dapat membantu memperbaiki pola tidur sehingga kamu bisa bangun segar di pagi hari dan bekerja secara produktif. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk mendengarkan musik klasik adalah pagi hari saat kamu bersiap-siap berangkat kerja. 

Dengan mendengarkan musik klasik di pagi hari dapat membantu pikiran kamu tetap tenang dan fokus. Apalagi jika kamu memiliki waktu kesibukan dengan membutuhkan tenaga ekstra sangat dianjurkan mencoba sesuatu yang membuat dirimu ceria.

3 dari 4 halaman

2. Jazz

Irama yang improvisational dan harmoni yang kompleks dalam jazz dapat menghadirkan suasana yang menenangkan dan menenangkan pikiran. Kebebasan ekspresi dalam jazz juga memberikan ruang bagi kamu untuk mengekspresikan emosi melalui musik. 

Melalui kombinasi antara melodi yang mendalam, ritme yang halus, dan harmoni yang kompleks, musik jazz menciptakan suasana yang santai dan mengundang ke dalam dunia musik yang kaya.

Waktu yang tepat untuk mendengarkan musik jazz bisa bervariasi tergantung pada preferensi dan kebutuhan kamu. Namun, ada beberapa rekomendasi waktu yang seringkali dianggap cocok untuk menikmati musik jazz. Salah satunya adalah menjelang tidur atau saat relaksasi di malam hari. Musik jazz dengan tempo yang lebih lambat dan suasana yang tenang dapat membantu menenangkan pikiran dan membawa ketenangan sebelum tidur.

4 dari 4 halaman

3. Pop

Musik Pop memiliki kemampuan yang luar biasa dalam membantu meredakan rasa stres. Melodi yang catchy, ritme yang energik, dan lirik yang optimis dalam musik Pop dapat mengalihkan perhatian dan membawa perasaan positif kepada pendengarnya. Ketika kamu merasa tertekan atau stres, mendengarkan musik Pop dapat menjadi bentuk pelarian yang menyenangkan dan membantu meredakan ketegangan. 

Untuk mendengarkan 3 genre di atas, kamu bisa langsung menikmatinya di aplikasi music streaming favoritmu. Jangan lupa untuk berlangganan tiap bulannya dengan biaya yang ramah dikantong agar kamu bisa puas mendengarkan berbagai macam genre musik yang dapat dinikmati kapan saja dan di mana saja.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.