Sukses

Jelang Laga Indonesia vs Argentina, Media Asing Soroti Bonus yang Disiapkan Erick Thohir

Timnas Indonesia akan menjamu juara dunia sekaligus peringkat 1 dunia, Argentina, di FIFA Matchday. Laga Indonesia vs Argentina tersebut berlangsung hari ini, Senin (19/6/2023) pukul 19.30 WIB di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan menjamu juara dunia sekaligus peringkat 1 dunia, Argentina, di FIFA Matchday. Laga Indonesia vs Argentina tersebut berlangsung hari ini, Senin (19/6/2023) pukul 19.30 WIB di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Bukan tugas mudah untuk membendung Argentina. Sebagai bentuk melecut semangat pemain timnas Indonesia, Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir menjanjikan bonus bila Tim Garuda mampu menahan imbang Argentina.

"Saya mau imbang. Kalau imbang dapat bonus. Apalagi kalau menang bonus nya luar biasa," kata Erick Thohir di Senayan, Sabtu, 17 Juni 2023, seperti dikutip dari Bola Liputan6.com.

Erick Thohir melanjutkan, "Baru kali ini nih imbang bisa dapat bonus. Ini bukan pertandingan hiburan. Ini pertandingan serius. Kalau menang kita dapat 9,5 poin. Imbang 4,5 poin kalau tidak salah."

Bonus yang dijanjikan Erick Thohir bila Timnas Indonesia berhasil menahan imbang Argentina ternyata disorot media asing. Media Malaysia, Makan Bola, merilis artikel bertajuk "Erick Thohir Janjikan Bonus Jika Indonesia Berjaya Kekang Argentina" pada Minggu, 18 Juni 2023.

"Erick mengakui mencipta kemenangan ke atas anak-anak buah Lionel Scaloni dianggap satu misi mustahil. Tetapi jika Indonesia berjaya mengikat Argentina, maka ia sudah pasti satu detik membanggakan dalam sejarah bola sepak negara itu," demikian bunyi artikel tersebut.

Artikel itu menambahkan, "Dan sebagai tanda penghargaan kepada Tim Garuda sekiranya berjaya melakar keputusan itu, bonus lumayan menanti para pemain dan staf kejurulatihan."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Disorot Media Argentina

Selain itu, ada pula media Argentina, TN, turut merilis berita dengan bahasan senada. "Indonesia, el próximo rival de Argentina: cuánto vale el plantel y el premio que recibirán si ganan," begitu judul artikel yang dirilis pada Minggu, 18 Juni 2023.

"Selain itu, Presiden Federasi Sepak Bola negara Asia tersebut mengungkapkan bahwa para pesepak bolanya akan menerima hadiah yang menggiurkan jika mendapatkan hasil yang baik melawan juara dunia," demikian tulis TN.

TN juga menulis bahwa Erick Thohir menyambut timnas Argentina dan mengetahui pentingnya menerima juara dunia tersebut di negaranya. Maka dari itu, ia menjanjikan para pemain sejumlah uang jika mereka meraih hasil yang positif.

"Jika seri, mereka akan dihadiahi dan jika berhasil mengalahkan mereka, bonusnya akan luar biasa. Ini akan menjadi pertama kalinya mereka meraih bonus untuk seri," lanjut media tersebut.

Skuat Argentina telah tiba di Jakarta pada Jumat malam, 16 Juni 2023. Mereka juga serius menghadapi laga ini meski timnas Indonesia berada di peringkat 149 dunia. Argentina telah mulai latihan pada hari Sabtu, 17 Juni 2023 di Stadion GBK secara tertutup dan tidak mau diganggu.

3 dari 4 halaman

Shin Tae-yong Tak Pasang Target Muluk-Muluk

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong ogah pasang target muluk-muluk untuk anak-anak asuhnya saat melakoni FIFA Matchday melawan timnas Argentina.

Alih-alih memetik kemenangan, taktik asal Korea Selatan itu hanya ingin skuad Garuda mengambil pelajaran sebanyak mungkin dari Albiceleste, mengingat mereka saat ini menyandang status sebagai juara Piala Dunia serta menduduki ranking 1 FIFA. 

"Tim Argentina memang juara dunia tahun lalu, dan saat ini pun (mereka menduduki) FIFA ranking nomor 1. Jadi tidak ada yang bisa menilai tim Argentina seperti apa," tutur Shin Tae-yong dalam konferensi pers di SUGBK pada Minggu (18/6/2023). 

"Saya pun sudah nonton pertandingan Argentina lawan Australia di China kemarin, dan sangat kelihatan kondisi mereka baik. (Argentina) menunjukkan bahwa mereka adalah tim juara dunia." 

"Pertandingan ini pasti menjadi bantuan besar (bagi Timnas Indonesia) sebelum Piala Asia. Para pemain bisa banyak belajar dari Timnas Argentina, dan dengan pertandingan ini kita bisa tahu tim kita sekuat apa serta bisa menentukan arah ke depannya," sambung Shin Tae-yong kepada awak media.

4 dari 4 halaman

Timnas Argentina Tanpa Lionel Messi

Timnas Argentina sudah dipastikan bermain tanpa Lionel Messi saat bertandang ke Indonesia. Albiceleste juga tak bakal diperkuat oleh dua bintang lain, yakni Angel Di Maria dan Nicolas Otamendi. 

Walau demikian, juru taktik skuat Garuda Shin Tae-yong nampaknya ogah memusingkan fakta itu. Menurutnya ketidakhadiran ketiga penggawa itu tak bakal berdampak terlalu signifikan pada kualitas performa Timnas Argentina. 

"Ini tim Argentina. Pastinya (mereka) tidak (hanya) mengandalkan satu pemain yaitu Lionel Messi," tutur Shin Tae-yong dalam konferensi pers di SUGBK, Jakarta, Minggu (18/6/2023).

"Yang namanya FIFA ranking nomor 1, pasti semua pemain dan keseluruhan pemain dari tim Argentina memang baik dalam permainannya." 

"Jadi permainan bola memang seperti itu. Hanya dengan satu pemain, (mereka) tidak akan menjadi juara Piala Dunia," tandas pelatih asal Korea Selatan.

Skuat Argentina Melawan Indonesia

Kiper: Emiliano Martinez (Aston Villa), Geronimo Rulli (Ajax Amsterdam), Walter Benitez (PSV Eindhoven)

Bek: Nahuel Molina (Atletico Madrid), German Pezzella (Real Betis), Cristian Romero (Tottenham), Gonzalo Montiel (Sevilla) Leonardo Balerdi (Olympique Marseille), Facundo Medina (Lens), Nicolas Tagliafico (Lyon), Marcos Acuna (Sevilla).

Gelandang: Leandro Paredes (Juventus), Guido Rodriguez (Real Betis), Rodrigo De Paul (Atletico Madrid), Giovani Lo Celso (Villarreal), Alexis Mac Allister (Liverpool), Exequiel Palacios (Bayer Leverkusen), Enzo Fernandez (Chelsea), Thiago Almada (Atlanta United).

Penyerang: Julian Alvarez (Manchester City), Lucas Ocampos (Sevulla) Giovanni Simeone (Napoli), Nicolas Gonzalez (Fiorentina), Alejandro Garnacho (Manchester United).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.