Sukses

Sempat Menghilang, Maskot McDonald's Grimace Berubah Jadi Ikon LGBTQ

Maskot legendaris McDonald's Grimace mencuri atensi warganet dan ikon LGBTQ. Hal tersebut setelah maskot McDonald's tersebut dibawa kembali untuk kampanye iklan terbaru.

Liputan6.com, Jakarta - Maskot legendaris McDonald's Grimace mencuri atensi warganet dan ikon LGBTQ. Hal tersebut setelah maskot McDonald's tersebut dibawa kembali untuk kampanye iklan yang menarik.

Dikutip dari New York Post, Jumat, 16 Juni 2023, dikenal sebagai sahabat Ronald McDonald's, maskot gempal warna ungu itu telah melampaui temannya dalam popularitas dalam beberapa hari terakhir. Hal ini dikarenakan McDonald's membutuhkan waktu untuk merayakan ulang tahun fuzzball dengan shake ungu Grimace. Periode promosinya dimulai 12 Juni 2023.

Sebagai bagian dari kampanye pemasaran merek ikonik tersebut, Grimace telah mengambil alih akun media sosial McDonald's, termasuk Twitter, Facebook, dan Instagram. "Mau datang ke pestaku???? Akhirnya aku mendapatkan makanan grimace dan shake ungu aku sendiri," bunyi keterangan dalam salah satu unggahan Instagram dengan wajah tersenyum.

Ia juga mengunggah banyak swafoto di media sosial untuk para penggemar. Ia bahkan sekarang ditampilkan dalam game Game Boy Color yang dirilis oleh McDonald's, menurut IGN.

Selama bertahun-tahun, pengunjung makanan cepat saji bertanya-tanya apa sebenarnya Grimace itu seorang manajer McDonald's di Windsor, Kanada, Brian Bates. Ia mengklaim pada 2021 sahabat ungu itu adalah "selera yang sangat besar" yang tujuannya hanya untuk menunjukkan bahwa makanan rasanya enak.

Seorang juru bicara McDonald's sebelumnya mengatakan kepada Business Insider, "Bagian terbaik tentang Grimace adalah dia memiliki arti yang berbeda bagi orang yang berbeda. Apapun dia, kami hanya bangga sahabat kami membuat orang bahagia."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Spekulasi Ulang Tahun di Juni

Warganet berspekulasi apakah perayaan untuk Grimace ada hubungannya dengan Juni juga sebagai Pride Month. "grimance goes to pride," seorang warganet mengunggah dengan foto dirinya yang dihiasi warna pelangi.

"HEY GRIMACE SELAMAT ULANG TAHUN DAN HAPPY PRIDE," cuit warganet lain yang menyertakan potret maskot dengan gambar dari penggemar.

TikToker juga memberi penghormatan kepada Grimace dengan satu video yang menunjukkan seseorang membuat tato bintang ungu dan seorang perempuan muda berpakaian cosplay saat berada di McDonald's, menurut Business Insider. Grimace pertama kali dibawa ke pemeran karakter McDonald's pada 1971.

Kehadirannya saat itu sebagai monster jahat dengan empat tangan untuk mencuri milkshake, menurut Washingtonian. Setelah kemunculannya membuat takut anak-anak, dia berubah menjadi versi yang lebih hangat dari dirinya yang dulu dengan dua tangan, bukan empat.

Pelanggan yang ingin menandai hari besar Grimace bisa mendapatkan makanan ulang tahun, yakni nugget 10 potong atau Big Mac dengan kentang goreng untuk dipadukan dengan milkshake ungu yang sekarang viral.

3 dari 4 halaman

Tentang Grimace

Dikutip dari McDonald's Fandom, Grimace dalah makhluk besar berwarna ungu dari spesies tak tentu. Sangat dicintai dan berhubungan dengan emosinya, jelas bahwa tanda lahirnya adalah Gemini.

Pada 1970-an dan 1980-an, ia sering terlihat mengenakan mullet dan kawat gigi. Ia merayakan ulang tahunnya di McDonald's bersama ibunya di bawah pohon pai apel pada 1970-an. Untuk usianya yang ke-16, dia mendapatkan sebuah mobil merah bersama dengan SIM pertamanya.

Dalam episode serial animasi pada 1999, The Wacky Adventures of Ronald McDonald, dia digambarkan berasal dari Grimace Island. Ia berasal dari keluarga besar, termasuk Nenek Winky, Bibi Millie dan Tillie, saudara laki-lakinya Raja Gonga dan Paman O'Grimacey dari Irlandia, versi hijau dari Grimace yang diasosiasikan dengan Shamrock Shake hijau McDonald's.

Ia merayakan setiap ulang tahun di McDonald's bersama orang yang dicintainya. Peristiwa yang terdokumentasi menunjukkan Grimace merayakan dengan ibunya, Grimabeth, serta dengan teman-temannya (termasuk Birdie, McNugget Buddies, dan Hamburglar) di berbagai lokasi.

4 dari 4 halaman

Isi Paket Happy Meal McDonald's untuk Orang Dewasa

Sebelumnya, Hamburglar kembali di McDonald's, tapi kali ini hanya untuk orang dewasa. Hamburglar merupakan salah satu karakter McDonaldland yang ditampilkan dalam iklan restoran cepat saji tersebut.

Dikutip dari CNN, Kamis, 29 September 2022, McDonald's menghadirkan kembali keluarga patung-patung yang dapat dikenali dalam Happy Meal untuk orang dewasa baru, termasuk mainannya. Pelanggan dapat mulai memesan Cactus Plant Flea Market Box mulai 3 Oktober 2022.

Boks itu berisi Big Mac atau McNugget ayam 10 potong, dengan kentang goreng dan minuman. Makanan ini merupakan kolaborasi antara merek streetwear dan rantai makanan cepat saji untuk menggali lebih dalam ke nostalgia.

Makanan akan disajikan dalam kotak yang dirancang khusus yang akan membangkitkan kembali kenangan Happy Meals dari masa lalu. Mainan termasuk desain ulang maskot terkenal McDonald's, termasuk Grimace, Hamburglar dan Birdie, ditambah yang baru bernama Cactus Buddy.

"Kami mengambil salah satu pengalaman McDonald's yang paling nostalgia dan benar-benar mengemasnya kembali dengan cara baru yang sangat relevan untuk penggemar dewasa kami, "kata Tariq Hassan, kepala pemasaran dan pengalaman pelanggan McDonald's USA dalam rilisnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini