Sukses

5 Warna Pakaian yang Wajib Dihindari Saat Datang Kondangan

Ketika menghadiri pesta pernikahan atau kondangan, pemilihan busana dengan warna tertentu ternyata perlu dihindari. Mengapa?

Liputan6.com, Jakarta - Warna pakaian ternyata menjadi salah satu hal yang perlu jadi perhatian ketika akan menghadiri pesta pernikahan. Sebagai tamu undangan di hari spesial pasangan pengantin yang baru saja mengikat janji suci, Anda wajib mengetahui warna pakaian yang sebaiknya dihindari saat ke kondangan.

Pemilihan warna pakaian ke pesta pernikahan dilakukan agar Anda tak disalahartikan sebagai pengantin perempuan hingga pengiring pengantin. Setidaknya ada lima warna yang tak Anda gunakan ke pesta resepsi.

Apa saja warna pakaian tersebut? Simak rangkuman selengkapnya seperti dikutip dari laman Brides, Rabu, 14 Juni 2023, berikut ini.

Putih atau Ivory

Tak sabar untuk mengenakan gaun putih cantik yang baru saja Anda beli? Jangan memakainya ketika akan pergi ke kondangan. Meskipun kedengarannya seperti kecerobohan tamu pernikahan nomor satu yang harus diketahui semua orang, beberapa orang lupa atau, lebih buruknya lagi, mengabaikan aturannya.

Gaun putih atau gaun putih dengan pola, tidak seharusnya digunakan. Ada pengecualian, jika pengantin perempuan telah meminta para tamu untuk mengenakan pakaian putih, bila tidak, jangan pernah mengenakan warna ini pada hari istimewa seseorang.

Warna Sampanye, Krem, atau Apapun yang Hampir Putih

Hindari busana warna putih pucat, putih kulit telur, krem, sampanye, krem, atau warna super terang lainnya yang bisa disalahartikan sebagai putih. Ada begitu banyak pilihan pakaian yang tersedia dalam berbagai warna, jadi hindari deretan warna ini.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Warna yang Sama dengan Pesta Pengantin

Meskipun Anda mungkin tidak langsung mengetahui warna gaun pengiring pengantin, cobalah dan lakukan tes untuk mengetahui apa yang akan mereka kenakan dan hindari mengenakan rona yang sama. Tanyakan kepada pasangan, anggota rombongan pengantin, atau siapa pun yang menghadiri pernikahan yang mungkin bisa memberi tahu Anda.

Bila mengenakan warna yang sama dengan pesta pengantin, Anda dapat secara tidak sengaja disalahartikan sebagai pengiring pengantin atau anggota keluarga dekat.

Penuh Glitter

Sebaiknya hindari mengenakan sesuatu yang terlalu mengilap atau mengganggu, jadi simpan pakaian glitter untuk pesta lajang. Sedangkan untuk pakaian payet, Anda dapat memilih pakaian yang menggabungkan elemen desain ini, tetapi pastikan penampilan Anda tidak penuh dengan tambahan glitter.

Denim

Bahkan jika dress code tamu pernikahan diminta untuk tampil santai, Anda harus meninggalkan jeans dan tuksedo Candian di rumah. Meskipun jaket denim cocok sebagai pakaian luar, jika memungkinkan, cobalah memilih jaket kulit atau selendang. Namun, mengenakan celana denim, rok, overall, dan gaun untuk pernikahan tidak semestinya digunakan, kecuali pasangan pengantin yang meminta.

3 dari 4 halaman

Bisakah Mengenakan Pakaian Warna Hitam ke Kondangan?

"Dalam banyak kasus, terutama di sini di Amerika Serikat, mengenakan pakaian hitam ke pesta pernikahan dipandang sebagai kecerobohan mode karena biasanya warna hitam diasosiasikan dengan berkabung," kata pakar etiket pernikahan Elaine Swann kepada Brides.

Walau begitu, ada kabar baik bagi penyuka busana bernuansa gelap. "Perempuan mengenakan gaun hitam ke pesta pernikahan itu benar-benar dapat diterima," kata Swann. Namun, ada beberapa hal yang harus diingat oleh semua tamu yang baik.

Untuk pernikahan di siang hari, Swann juga menyarankan untuk menghindari warna hitam pekat. Alih-alih, pilih warna yang lebih terang, pastel, atau nada permata yang kaya.

Alternatifnya, Anda dapat membuat rona midnight lebih sesuai untuk siang hari dengan memilih ansambel yang menonjolkan dasar hitam, tetapi juga semburat warna cerah atau print.

Perhatikan selalu dress code yang tertera pada undangan pernikahan. Bahkan jika dress code tidak tercantum, Swann mengatakan bahwa kata-kata dan gaya undangan dapat menunjukkan apa yang pantas atau tidak pantas.

4 dari 4 halaman

Panduan sebagai Tamu Pernikahan

Dikutip dari The Knot, mengikuti dress code adalah salah satu hal penting untuk dilakukan. Untuk tamu perempuan, sebaiknya hindari mengenakan pakaian putih dari ujung rambut sampai ujung kaki kecuali diinstruksikan sebaliknya.

Para tamu juga harus menghindari mengenakan sesuatu yang mencolok atau provokatif, dan mereka harus mengetahui aturan berpakaian khusus untuk pernikahan multikultural. Sebagian besar undangan pernikahan atau situs web pernikahan akan menyertakan dress code, menyerahkannya kepada penerima untuk menafsirkannya dengan bakat mereka sendiri.

Saat menghadiri pernikahan, para tamu harus mengikuti aturan berpakaian yang disarankan dan menghindari mengenakan sesuatu yang kontroversial. Musim juga memengaruhi aturan berpakaian (misalnya, hindari menghadiri pernikahan musim dingin dengan setelan linen).

Para tamu harus mengingat aturan, seperti tempat suci keagamaan dengan bahu mungkin perlu ditutup. Jika Anda pernah ragu tentang dress code hari pernikahan, tanyakan saja kepada pasangan pengantin apa yang ingin mereka kenakan untuk tamu mereka.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini