Sukses

Top 3 Berita Hari Ini: 6 Fakta Menarik Botswana yang Punya Tambang Berlian dan Populasi Gajah Terbesar di Afrika

Top 3 berita hari ini yang pertama mengenai fakta menarik Botswana yang merupakan penghasil berlian dan memiliki populasi gajah terbesar di Afrika. Selain itu tentang cerita dua sahabat asal Australia yang dirikan brand jamu dan tas Iriana Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 berita hari ini yang pertama mengenai fakta menarik Botswana yang merupakan penghasil berlian dan memiliki populasi gajah terbesar di Afrika. Botswana adalah negara terkurung daratan di tengah Afrika Selatan.

Wilayah Botswana berbentuk seperti segitiga, perbatasan timur dan selatannya ditandai dengan aliran sungai. Mengutip dari Britannica, Botswana berbatasan dengan Namibia di barat dan utara (Jalur Caprivi), Zambia dan Zimbabwe di timur laut, dan Afrika Selatan di tenggara dan selatan. Perbatasan Sungai Zambezi dengan Zambia hanya beberapa ratus meter panjangnya.

Selanjutnya, berita kedua yang paling banyak dibaca adalah mengenai dua sahabat yang berlatih di Bali Mixed martial arts (MMA) hingga bisa mendirikan Dirty Clean Eats (DCE), sebuah brand jamu. Cerita berawal saat dua sahabat itu dikenalkan minuman jamu oleh petarung MMA profesional Luke Howard. Tentu bagi orang asing, jamu terdengar unik baik nama maupun rasanya. Mereka ingin mencobanya karena minuman asal Indonesia ini dikatakan bisa membantu pemulihan dan membantu peradangan.

Berita ketiga yang paling banyak dibaca adalah tentang gaya Iriana Jokowi saat tenteng tas mahal. Liburan panjang akhir pekan lalu dimanfaatkan Presiden Jokowi (Joko Widodo) dan keluarga untuk berjalan-jalan ke Mall Solo Paragon, Solo, Jawa Tengah. Dalam kesempatan itu, ia didampingi Iriana Jokowi bersama Kaesang Pangarep dan Erina Gudono.

Mereka terlihat mengajak dua cucu mereka, yaitu anak-anak dari Gibran Rakabuming dan Selvi Ananda untuk bermain. Seperti biasa, penampilan Iriana Jokowi terlihat santai dan kasual tetapi menjadi sorotan warganet. Selengkapnya di Top 3 Berita Hari Ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

6 Fakta Menarik Botswana yang Punya Tambang Berlian dan Populasi Gajah Terbesar di Afrika

Botswana merupakan negara terkurung daratan di tengah Afrika Selatan. Wilayah Botswana berbentuk seperti segitiga, dengan perbatasan timur dan selatannya ditandai dengan aliran sungai.

Mengutip dari Britannica, Senin, 5 Juni 2023, Botswana berbatasan dengan Namibia di barat dan utara (Jalur Caprivi), Zambia dan Zimbabwe di timur laut, dan Afrika Selatan di tenggara dan selatan. Perbatasan Sungai Zambezi dengan Zambia hanya beberapa ratus meter panjangnya.

Sebelum merdeka pada 1966, Botswana merupakan protektorat Inggris yang dikenal sebagai Bechuanaland. Saat itu, negeri ini salah satu negara termiskin dan paling tidak berkembang di dunia, dengan kekayaan alam, khususnya satwa liar yang beragam.

Sejak kemerdekaannya, Republik Botswana telah memperoleh status internasional sebagai negara demokratis yang damai dan semakin makmur. Botswana juga memiliki populasi gajah Afrika terbesar dibandingkan tempat lain di Benua Hitam, serta ekonomi mereka juga bergantung pada pertambangan berlian. 

Selengkapnya..

3 dari 4 halaman

Cerita Dua Sahabat Kembangkan Brand Jamu di Australia Setelah Pulang dari Bali

Inspirasi bisa didapat dari mana saja, termasuk pengalaman. Hal itu yang terjadi saat Matt Estevez dan James Rodriguez, dua sahabat yang berlatih di Bali Mixed martial arts (MMA) hingga bisa mendirikan Dirty Clean Eats (DCE), sebuah brand jamu.

Cerita berawal saat dua sahabat itu dikenalkan minuman jamu oleh petarung MMA profesional Luke Howard. Tentu bagi orang asing, jamu terdengar unik baik nama maupun rasanya. Mereka mau mencobanya karena minuman asal Indonesia ini dikatakan bisa membantu pemulihan dan membantu peradangan.

Setelah mencobanya, sangat terasa bagaimana jamu memberi kekuatan super sebagai petarung MMA. "Kami melanjutkan untuk minum jamu setiap hari dan mungkin itu adalah keajaiban, tetapi sebagian besar cedera saya yang mengganggu (terutama sakit punggung bagian bawah) sembuh," tulis dua sahabat itu di laman resmi Dirty Clean Eats (DCE), dikutip Selasa (6/6/2023). 

Saat kembali di Australia, mereka tidak dapat menemukan minuman ajaib ini di mana pun. Bahkan dengan cara mencarinya di negeri kanguru, namun harganya termasuk mahal.

Selengkapnya..

4 dari 4 halaman

Iriana Jokowi Tenteng Tas Chanel Saat Jalan-Jalan di Mal Bareng Erina Gudono dan Kaesang Pangarep

Liburan panjang akhir pekan lalu dimanfaatkan Presiden Jokowi (Joko Widodo) dan keluarga untuk berjalan-jalan ke Mall Solo Paragon, Solo, Jawa Tengah. Dalam kesempatan itu, ia didampingi Iriana Jokowi bersama Kaesang Pangarep dan Erina Gudono.

Mereka terlihat mengajak dua cucu mereka, yaitu anak-anak dari Gibran Rakabuming dan Selvi Ananda untuk bermain. Seperti biasa, penampilan Iriana Jokowi terlihat santai dan kasual tetapi menjadi sorotan warganet.

Iriana Jokowi mengenakan kemeja berwarna putih yang dipadankan dengan celana jeans dan hijab abu-abu. Ia juga menggendong tas ransel warna hitam berukuran cukup besar di punggungnya. Meski tampak sederhana sebagai Ibu Negara, nyatanya Iriana Jokowi terlihat menggunakan tas mewah dari rumah mode asal Prancis, Chanel.

Tas mewah yang ditenteng Iriana merupakan seri Large C22 Backpack yang menurut laman Hunstreet, harga produk bekasnya mencapai Rp77 jutaan. Tas ini terbuat dari material kulit anak sapi dengan perangkat keras emas. Meski keluaran brand dari Prancis, tas tersebut dibuat di Italia.

Selengkapnya..

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.