Sukses

Apa Itu Bed Rotting, Tren Self-care di TikTok bagi Kaum Rebahan Gen Z?

Tren self-care di TikTok, Bed Rotting, disebut harus dilakukan dengan sengaja dan tanpa rasa bersalah untuk "benar-benar berdampak pada kesehatan mental dan fisik."

Liputan6.com, Jakarta - Seiring gembar-gembor manfaat self-care oleh para ahli, "bed rotting" telah jadi salah satu bentuk pemulihan yang paling populer. Dengan hampir 305 juta penayangan di TikTok, "membusuk" di tempat tidur tampaknya jadi salah satu metode perawatan diri yang disukai gen Z.

Meski terdengar ekstrem, sesuai namanya, bed rotting hanya mengacu pada berbaring di tempat tidur untuk jangka waktu yang lama, catat NY Post, Rabu, 31 Mei 2023. Tidak masalah apa yang Anda lakukan saat berada di tempat tidur atau mengapa Anda berada di sana, praktik tren di TikTok ini berarti Anda meringkuk di tempat tidur melebihi waktu tidur.

Beberapa orang "membusuk di tempat tidur" sambil menonton Netflix, menjejali wajah mereka dengan makanan ringan manis atau hanya menatap langit-langit. Sementara yang lain lebih menyukai estetika "gadis bersih" dengan memakai masker wajah, tidur di sarung bantal sutra, dan bermeditasi di tempat tidur.

Penggemar perawatan diri mengklaim "bed rotting" bisa jadi cara yang bagus untuk memulihkan kesehatan fisik dan mental. Entah seseorang baru pulih dari flu atau minggu yang sibuk.

Sementara orang-orang telah berbaring dan tinggal di tempat tidur untuk waktu yang lama selama bertahun-tahun, banyak Gen Z mencatat bahwa "membusuk di tempat tidur" harus disengaja dan datang tanpa rasa bersalah untuk "benar-benar berdampak baik" pada kesehatan mental maupun fisik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tidak Terkendali sampai Beracun

Sementara industri perawatan diri dan kesehatan telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir, terutama setelah pandemi COVID-19, beberapa kritikus berpendapat bahwa budaya kesehatan telah jadi sedikit tidak terkendali, bahkan "sedikit beracun."

Perawatan diri yang dilakukan tanpa kesadaran dapat menyebabkan konsekuensi emosional, finansial, mental, dan fisik. "Kita terus didorong untuk melakukan perawatan diri, dan itu dikemas dalam bentuk pijat, losion, lilin, liburan, dan pembelian mewah," jelas Saba Harouni Lurie, LMFT, ATR-BC, pemilik dan pendiri Take Root Therapy, dikutip dari verywellmind.

Lurie melanjutkan, "Mengejar perawatan diri dengan biaya berapa pun bisa berbahaya, karena dapat mendorong kita membuat pilihan yang mungkin tidak menguntungkan dalam jangka panjang. Beristirahat dan merawat diri sendiri itu penting, tapi mengabaikan tanggung jawab atau melakukan pembelian yang tidak mampu Anda beli dapat menyebabkan lebih banyak stres dan menciptakan masalah tambahan."

Ia menunjuk pada saran luas bahwa perawatan diri akan menyembuhkan, terlepas dari masalah apa yang dihadapi, sebagai kekeliruan yang sangat berbahaya. Itu disebut "mengabaikan sistem eksternal yang dapat menyebabkan kesehatan mental yang buruk."

3 dari 4 halaman

Tidak Selalu Buruk

Alih-alih melihat bagaimana masyarakat, pemerintah, dan sistem medis membantu, perawatan diri meninggalkan tanggung jawab untuk perubahan sepenuhnya pada individu. "Ini menekankan gagasan bahwa seseorang sepenuhnya bertanggung jawab atas kesehatan mental mereka sendiri," katanya.

"Jika mereka berjuang, itu karena mereka perlu membeli lilin desainer lain atau pergi berlibur mewah," sebutnya. "Ketika sistem kita mengecewakan kita, orang yang berjuang jadi masalah baru, termasuk bagi masyarakat kita."

Ini bukan berarti self-care adalah ide yang sepenuhnya menyesatkan dan berbahaya. Namun, sangat penting untuk tidak diperlakukan sebagai solusi akhir atau dikejar tanpa evaluasi yang konsisten.

Menurut Dr. Zishan Khan, seorang psikiater Mindpath Health, perawatan diri dapat menyebabkan seseorang jadi kewalahan atau kelelahan ketika bertemu lautan nasihat, dibagikan di mana-mana, dari podcast hingga buku self-help.

Bahaya lain dapat datang ketika tindakan self-care mencapai tingkat obsesi, bahkan kecanduan, kata Dr. Melissa Boudin, MA, seorang psikolog dan direktur klinis dari Choosing Therapy. 

4 dari 4 halaman

Jangan Terpaku dengan Saran Influencer

"Ketika Anda menghabiskan banyak waktu memikirkan atau mempraktikkan perilaku self-care tertentu, sampai pada titik di mana hal itu berdampak negatif pada hubungan, pekerjaan, atau kehidupan rumah tangga Anda, ini mungkin merupakan tanda bahwa perawatan diri telah berubah dari manfaat jadi berbahaya," kata Dr. Boudin.

Ia menggunakan contoh self-care melalui makan sehat atau olahraga dan kemudian terus-menerus terpaku padanya atau melangkah lebih jauh hingga mengembangkan gangguan makan. Khan lebih jauh menekankan bahaya nasihat perawatan diri yang berpusat pada fisik yang tidak diatur, seperti dari influencer.

"Konten mereka sering kali berfokus pada kecantikan dan meningkatkan penampilan seseorang. Ini secara tidak sengaja dapat menyebabkan masalah citra tubuh dan dengan demikian memperburuk kesehatan mental seseorang," katanya. "Tujuan kebugaran harus dapat dicapai dan realistis, dan aktivitas fisik harus menghasilkan peningkatan rasa harga diri."

Naluri Anda sangat penting dalam kasus di atas dan ketika diberikan saran perawatan diri. Dalam banyak kasus, Anda sadar jika ada sesuatu yang akan membuat Anda semakin tertekan atau menyebabkan dampak jangka panjang.

"Jangan biarkan apa yang disarankan orang lain mengaburkan suara batin Anda dan selalu bersandar pada orang yang Anda kenal secara pribadi dan merasa nyaman dengan orang asing yang tidak memahami Anda sebagai individu," kata Khan. "Self-care diri hanya dapat bermanfaat bagi seseorang jika konsisten dengan tujuan dan nilai-nilai mereka."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini