Sukses

Rafael SMASH Resmi Dinobatkan Warganet Sebagai Duta Seblak, Selanjutnya Berambisi Jadi Duta Aci

“Nepangkeun!! (Perkenalkan!!) Abi Rapael Tan, asli Garut, Duta Seblak, siap menduniakan seblak!” katanya. Ia kemudian terlihat mengangkat-ngangkat cobek berukuran raksasa berisi seblak.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah lama absen di televisi, Rafael Tan, personel boyband SMASH, kembali mencuri perhatian publik setelah banyak mengunggah video memasak dan menyantap seblak di akun TikToknya, @rafaell_1616.

Setelah banyak video konten seblaknya yang viral, banyak warganet yang menginginkan Rafael menjadi duta seblak.  "Angkat Rafael jadi duta seblak original! Akhirnya seblak original kembali ke habitatnya haha," ujar salah satu warganet.

Rafael kemudian mengabulkan keinginan warganet dan mengumumkan dirinya telah resmi menjadi Duta Seblak dengan mengunggah video dramatis berdurasi 2 menit 24 detik di TikTok pada Minggu, 21 Mei 2023. 

"Tatangga karumpul yuk! (Tetangga, mari berkumpul!)," ujar Rafael sebagaimana opening khasnya di setiap video. Dalam video “penobatan” Duta Seblak ini, Rafael mengenakan pakaian tradisional Sunda ala Si Kabayan dengan kaos kutang putih, celana panjang hitam, sandal jepit, sarung yang dikalungkan di pundaknya, dan penutup kepala khas pria Sunda yang disebut totopong. 

Berkacamata hitam, Rafael terlihat memasak resep seblak cobek viralnya kemudian menyantapnya. Tak lupa, mata Rafael dibuat merem-melek usai menyantap seblaknya, yang merupakan gestur ikonis yang dinanti warganet.

Menjelang akhir video, Rafael Tan yang kini banyak dipanggil “Mamang Rapael” mengganti totopongnya dengan mahkota silver yang dihiasi kerupuk keriting kering dan cabai hijau, serta kacamata yang juga terbuat dari kerupuk. 

"Nepangkeun!! (Perkenalkan!!) Abi Rapael Tan, asli Garut, Duta Seblak, siap menduniakan seblak!" katanya. Ia kemudian terlihat mengangkat-ngangkat cobek berukuran raksasa berisi seblak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Resep Seblak Cobek Rafael Viral di TikTok

Video tersebut kini viral di TikTok dengan dilihat lebih dari 1,8 juta kali dan disukai hampir 200 ribu orang. Bahkan, video behind the scene yang diunggah sahabatnya @lungliemm lebih viral dengan 215 ribu likes. 

Dalam video behind the scene, terlihat dedikasi Rafael dari mulai mengulek sambel, menggunakan panci sebagai tripod, hingga berkaca untuk memastikan mahkota penobatannya terlihat bagus. Pria berdarah Sunda kelahiran 1986 ini mulai banyak membuat konten tentang seblak sejak April 2023. Mulanya, ia membagikan resep seblak racikannya dan saudaranya, Novia Pusparani.

Berbeda dengan seblak berkuah pedas dengan beragam topping dan isian yang umumnya dijual, seblak buatan Rafael tidak menggunakan kuah dan tidak menggunakan isian seperti bakso, sosis, telur, ceker, dan berbagai sayuran. Resep Rafael yang dinamakan seblak coet atau seblak cobek ini hanya menggunakan kerupuk keriting putih yang direbus dan diulek bersama cabai hijau di cobek. 

Meskipun tampilannya berbeda, banyak warganet menyebut bahwa seblak buatan Rafael adalah seblak yang asli. Banyak juga warganet yang mencoba membuat resep Rafael dan membuktikan kenikmatannya. "Gara-gara Rafael sekarang nyari kerupuk ini susah di pasar," ujar salah seorang warganet. 

3 dari 4 halaman

Berencana Jadi Duta Aci

Melalui akun Instagramnya @rafaell_16, Rafael merespons beberapa komentar penggemarnya setelah dirinya didapuk sebagai Duta Seblak. "Lebih cocok jadi duta all aci sih ko," ujar salah satu warganet. 

Hal ini lantaran selain banyak membuat konten tentang seblak, Rafael juga kerap memasak atau mereview jajanan olahan aci khas Bandung seperti cilor, cilung, cimin, cipuk, citul dan lain-lain.

Rafael merespons, "Nanti atuh satu-satu, Duta Seblak dulu. Jangan ngarawu ku siku, ngerti nggak? Ngarawu ku siku tuh kayak serakah.” 

Ia berkata bahwa gelarnya harus didapat satu-satu hingga nanti bisa mencapai banyak gelar. "Jadi nanti tunggu aja aku jadi Duta Aci," sambungnya.

Selain itu, banyak mantan penggemar SMASH yang kini terkejut dengan sifat Rafael yang sangat berubah dibandingkan saat masih aktif menjadi anggota boyband dulu.

"Rafael: cool, korean, kece. Mamang Rapael: tukang bikin ngiler, kocak, sunda abess," ucap salah seorang warganet. Rafael menjawab, "Puguh atuh (jelas dong), harus ada dua sisi yang berbeda," katanya. 

4 dari 4 halaman

Beda Sifat di Panggung dan di Rumah

"Kalo di atas panggung, di depan TV ya harus cool, Korean, kece gitu. Tapi kalo jadi Mamang Rapael ya bener, tukang (bikin) ngiler, kocak, Sunda abis, ya gitu aja layaknya tetangga-tetangga kamu," tambahnya.

Akan tetapi, sifat “asli” Rafael tersebut membawa keberuntungan untuknya. Kini, jumlah followers TikToknya telah tembus 1,1 juta followers dan bisnisnya, Geprek Rafael yang kini juga menjual seblak coet ramai pembeli. Ia pun merayakan pencapaian ini dengan memberi penawaran khusus bagi para followersnya. 

"Dalam rangka 1,1 M followers tiktok!! Untuk 11 pembeli pertama seblak piral Rafael Tan beli 2 gratis 1 tatangga!! Serbu!! Tgl 22, 24 & 25 mei.. 23 selasa tutup…," tulis Rafael dalam unggahannya di TikTok pada Senin, 22 Mei 2023. 

Rafael meminta warga Garut untuk datang langsung ke toko Geprek Rafael yang terletak di Jl. Otista No.277, Sukagalih, Kec. Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Harga seblak Rafael cukup terjangkau, yakni Rp15.000. Warganet juga dapat memesan seblak Rafael ke rumah melalui Instagram Geprek Rafael.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.