Sukses

Manfaat Tak Pakai Bra untuk Perempuan Menurut Dokter SpOG

Dokter spesialis obstetri dan ginekologi mengungkapkan bahwa melepas bra bisa menawarkan sejumlah manfaat bagi wanita, berapa pun ukuran payudaranya.

Liputan6.com, Jakarta - Semua wanita pasti pernah merasakan ketidaknyamanan karena tali yang mengait di bahu dan tulang rusuk saat memakai bra. Para ahli pun mengungkapkan efeknya jika wanita tak lagi memakai bra.

Phoebe Kunitomi, pendiri Okko, sebuah merek pakaian intim, mengatakan bahwa melepas bra bisa membuat Anda menghela napas lega. "Bagi sebagian dari kita, payudara itu berat, dan tanpa dukungan apa pun, beban itu dapat membuat punggung Anda tegang dan memperburuk postur tubuh Anda," katanya seperti dikutip dari The Sun, Rabu, 17 Mei 2023.

Ia menambahkan, "Terutama jika Anda beraktivitas yang lebih dari aktivitas ringan hingga tanpa benturan."

Tapi, dokter spesialis obstetri dan ginekologi (SpOG), Lucky Sekhon memberi tahu Well + Good sebuah publikasi kesehatan di Inggris, bahwa melepas bra menawarkan sejumlah manfaat bagi wanita, berapa pun ukuran payudaranya. Meskipun, sambung dia, Anda mungkin akan merasa lebih tidak nyaman di awal jika berpayudara yang lebih besar.

Hal ini terjadi karena otot Anda tidak cukup kuat untuk memberikan dukungan yang cukup. Namun, dia mengatakan seiring waktu tubuh Anda secara alami akan mulai menopang jaringan payudara dengan tepat. Berikut beberapa hal positif yang mungkin Anda alami saat memutuskan tak lagi memakai bra:

1. Bentuk payudara dan otot lebih baik

Ada kesalahpahaman umum bahwa payudara Anda akan melorot seiring waktu jika tidak mengenakan bra. Tetapi, Dr Sekhon berpendapat bahwa, pada kenyataannya, mengenakan bra - daripada tidak - dapat menyebabkan kendur, karena otot-otot yang menopang payudara Anda menjadi 'malas' seiring waktu.

"Wanita yang telah lama tidak mengenakan bra sering melaporkan bahwa hal ini membuat payudara mereka menjadi lebih kencang, bulat, dan kencang dari waktu ke waktu," katanya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fakta dari Penelitian Terhadap Kebiasaan Memakai Bra

Klaimnya didukung penelitian yang menyebut otot payudara lebih baik saat tak mengenakan bra. Profesor Universitas Franche-Comté, Jean-Denis Rouillon, melakukan penelitian selama 15 tahun yang meneliti lebih dari 300 kebiasaan memakai bra wanita.

Penelitiannya menemukan bahwa tidak memakai bra justru membuat payudara wanita lebih kuat, karena lebih banyak jaringan otot tumbuh untuk memberikan dukungan alami. Dr Sekhon memperingatkan bahwa perlu waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan bagi wanita untuk membangun otot dada dan punggung mereka setelah tanpa bra secara permanen.

Jadi, bersiaplah untuk merasakan sedikit ketegangan punggung, terutama jika Anda memiliki payudara yang lebih besar. Anda mungkin masih ingin mengenakan bra olahraga saat berolahraga. Membiarkannya menggantung dapat membuat payudara Anda 'longgar' seiring waktu, kata seorang pakar kebugaran kepada The Sun.  

2. Sirkulasi yang lebih baik

Dr Sekhon mengatakan mengenakan bra yang ketat sebenarnya dapat menghambat aliran darah ke otot-otot di punggung dan dinding dada, yang menyebabkan nyeri otot punggung. Jadi, tidak mengenakannya dapat meningkatkan sirkulasi Anda secara drastis, terutama bagi mereka yang memiliki ukuran cup lebih besar dan membutuhkan bra yang lebih ketat untuk menopang payudaranya.

3 dari 4 halaman

3. Lebih Sedikit Bintik

Mengenakan bra secara teratur cenderung memerangkap kelembapan, kotoran, dan keringat pada kulit payudara Anda, menurut Dr Sekhon. Hal ini dapat membuat pori-pori Anda tersumbat dan iritasi kulit.

Dokter kulit bersertifikat Morgan Rabach mengatakan iritasi kulit ini bisa disebut acne mechanica. "Jenis jerawat ini muncul karena gesekan, gesekan, atau tekanan pada kulit," ujarnya.

"Beberapa orang bisa mendapatkannya dari pemakaian bra, terutama saat mereka berolahraga dan meninggalkan pakaian yang berkeringat."

Jika belum siap melepas bra, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memastikan merasa lebih nyaman. Samantha Ryder, pendiri dan CEO Perky Pear, bisnis yang menawarkan pengencangan payudara dan plester bentuk, mengatakan penting untuk mengukur setiap enam hingga 12 bulan – tidak setiap lima tahun seperti saat ini.

"Sangat umum ukuran payudara Anda berfluktuasi selama bertahun-tahun, dan bahkan selama sebulan, karena perubahan hormonal," jelasnya. Ia menambahkan, "Periksa lebih cepat jika berat badan Anda berfluktuasi." 

 

4 dari 4 halaman

Tip Mengenakan Bra Agar Pas

Lebih lanjut, Samantha memiliki beberapa tips tentang bagaimana bra harus pas. "Talinya harus pas tetapi nyaman dan rata di sekelilingnya," sebutnya. Ia menyambung, "Cup juga harus pas dengan tidak menganga atau menonjol."

Selain itu, tali harus disesuaikan sehingga memeluk kulit tanpa menggali ke bahu. Jika bra membuat Anda sangat sakit di penghujung hari, coba berikan panas ke punggung dan bahu Anda dan buka dada Anda dengan beberapa peregangan.

Diketahui memakai bra yang salah ukuran juga bisa menengaruhi tubuh secara menyeluruh. Fakta tersebut tercatat dalam sebuah studi baru, seperti dikutip dari New York Post, Jumat, 21 Oktober 2022.

Pengecer pakaian dalam yang berbasis di Inggris, Pour Moi, bahkan menciptakan model 3D yang mengerikan yang disebut "Melanie" untuk menyoroti efek jangka panjang dari mengenakan bra yang tidak pas. Pour Moi, dengan spesialis medis internalnya Dr. Hana Patel dan Andreas Anastasiou, merilis survei yang mencatat bahwa 91 persen wanita tidak mendapatkan bra yang pas.

Menurut perusahaan tersebut, terdapat masalah kesehatan serius terkait dengan bra yang tidak pas, misalnya lecet, sakit punggung, dan lekukan kulit. Perusahaan menyurvei lebih dari seribu warga Inggris yang mengenakan bra, menemukan bahwa rata-rata, hampir 10 persen di antaranya mengenakan pakaian dalam yang berusia antara 6 sampai 10 tahun.

Para ahli juga merekomendasikan penggantian bra setiap sembilan hingga 12 bulan karena tubuh berubah secara teratur. Survei tersebut pun mengungkap, hampir 27 persen wanita tidak pernah memiliki bra yang pas dan hampir setengahnya tidak pas selama kurun waktu lebih dari tiga tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini