Sukses

Viral Sosok Sultan Bojong Koneng Berangkatkan Warga 2 RT di Bekasi untuk Umroh Gratis

Keberangakatan umroh warga dari dua RT tersebut dibiayai langsung oleh seorang pengusaha yang disebut sebagai Sultan Bojong Koneng.

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini beredar video viral seorang kaya raya alias sultan di daerah Bojong Koneng, Bekasi yang memberangkatkan warga dua RT untuk umroh gratis.  Video singkat itu diunggah oleh akun Tiktok @ramadanisaputra24 pada Rabu, 10 Mei 2023, memperlihatkan warga Bojong Koneng yang sedang ingin berangkat umroh berkumpul di depan sebuah rumah besar bercat cokelat.

Para warga yang akan berangkat umroh terlihat menggunakan seragam dan berpamitan pada masing-masing keluarganya. Ada juga beberapa warga yang mengusap matanya karena terharu dengan keberangkatannya ke Tanah Suci tersebut.

Peristiwa ini tentu menyedot perhatian masyarakat, sebab biaya untuk pergi ke Tanah Suci tidaklah murah. Bahkan untuk umroh diri sendiri saja banyak orang harus menabung lebih dulu dalam jangka waktu yang lama.

Diketahui sebanyak 113 warga Kampung Bojong Koneng, Desa Telaga Murni, Kecamatan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, berangkat umroh gratis. Melalui sebuah travel pilihan, keberangakatan umroh tersebut dibiayai langsung oleh seorang pengusaha atau kontraktor dan Developer Perumahan.

Dia adalah Haji Agus Suhela, Sultan dari Bojong Koneng yang mendata sejak tahun 2019, warga RT 1 dan 2 RW 7 Kampung Bojong Koneng, Desa Telaga Murni untuk berangkat umroh. Namun, saat pandemi Covid- 19 melanda, pemberangkatan umroh itu harus tertunda dan baru terlaksana di tahun ini.

"Kurang lebih 1000 warga asli Bojongkoneng kita berangkatkan umrah, dengan bertahap 60 orang setiap tahunnya,” kata Haji Agus Suhela

Menurut Agus, keberangkatan warga Bojong Koneng awalnya terdata 120 orang. Namun, berjalanya waktu jemaah umroh gratis yang siap berangkat sekarang 113 orang. Mereka menggunakan empat bus untuk menuju hotel di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Warga Sempat Tidak Percaya Bisa Umroh

"Ada 7 orang yang batal berangkat umroh hari ini, karena ada warga yang sudah meninggal dunia, ada yang belum divaksin dan ada juga karena faktor usia yang sudah renta,” terang Agus.

Bukan itu saja, saat Haji Agus mendata warga dua RT, RT 1 dan 2 pada 2019 lalu, ia langsung mendatangi rumah para warga untuk diberangkatkatkan umroh. Sayangnya, sebagian warga tidak percaya, bahwa mereka akan diberangkatkan umroh gratis.

"Waktu itu, saya datangi satu persatu ke rumah warga, untuk ajak warga umrah gratis ya kalau warga itu màu saya pinta KTP nya untuk buat paspor. Ada juga warga yang tidak mau, mungkin dia tidak percaya umroh gratis,” ungkapnya.

Sosok Sultan Bojong Koneng itu pun viral dan videonya dibagikan ulang di sejumlah akun media sosial, salah satunya akun Instagram @terangmedia pada Kamis, 10 Mei 2023.  Unggahan tersebut mendapat banyak pujian dari warganet.

Sebagian besar mendoakan agar apa yang dilakukan oleh pasutri Bojong Koneng itu mendapatkan berkah. "Berkah selalu pak harta mu tidak akan habis2 dan akan menolong mu di akhir zaman," komentar seorang warganet.

"Percayalah semakin kita bersedekah bukanny makin miskin tp rejeki akan makin bertambah seperti yg dilakukan usman bin Affan yg menyumbangkan 300 ekor unta dan 1000 uang dinnar untuk perang," tulis warganet lainnya.

3 dari 4 halaman

Umroh Gratis Tiap Tahun

"Masya Allah, berkah selalu buat H Agus dan Hj Yanti, sultan sesungguhnya, semoga Allah pun memampukanqu, Allahuma Solli Sayidina Muhamad Waala sayidina muhammad, amin ya robal alamin,” komentar warganet lainnya.

Beberapa warganet bahkan mengatakan kalau memberangkatkan umroh gratis ini akan diadakan setiap tahun. Sontak informasi itu membuat sejumlah warganet ingin pindah jadi warga Bojong Koneng.

"Angkat aku jadi warga mu pak,” timpal warganet lainnya.

Program umroh gratis tak hanya diadakan anggota masyarakat tapi juga pemerintah daerah, salah satunya di Jawa Timur. Mereka bahkan menggelar program tersebut setiap tahun.

Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) menyediakan hadiah umroh untuk sebanyak 50 wajib pajak patuh di tahun 2023. Jumlah hadiah itu meningkat dibandingkan tahun lalu.

"Tahun lalu sebanyak 45 undian umroh, dan kali ini ada lima tambahan jadi 50 hadiah" ujar Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Surabaya, dilansir dari Antara, Sabtu (8/4/2023). Pemprov Jatim telah memberikan hadiah umroh kepada wajib pajak patuh sejak 2019, yang masing-masing pemenang berhak mendapatkan uang tabungan umroh senilai Rp40 juta.

4 dari 4 halaman

Umroh Gratis Pemprov Jawa Timur

"Hadiah umroh diberikan sebagai bentuk apresiasi pada masyarakat yang tertib dan tepat waktu dalam memenuhi kewajiban membayar pajak kendaraan bermotor," ucap Khofifah.

Sampai tahun 2022 telah diberikan 106 tabungan umroh kepada wajib pajak patuh. Di antaranya, sebanyak 83 wajib pajak patuh telah diberangkatkan melaksanakan ibadah umroh. Sebanyak 23 pemenang lainnya adalah wajib pajak patuh nonmuslim yang diberikan hadiah berupa uang tunai.

"Tahun ini, pemenangnya diundi dalam tiga tahap," tuturnya. Undian tahap pertama telah menetapkan sebanyak 15 wajib pajak patuh pemenang umroh, yang dilakukan bertepatan dengan peringatan Nuzulul Quran di Masjid Raya Islamic Centre Jatim, pada 7 April 2023.

Pengundian tahap kedua rencananya dilaksanakan bersamaan dengan perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada Agustus mendatang, kemudian tahap ketiga dilaksanakan pada rangkaian peringatan Hari Jadi Provinsi Jawa Timur pada Oktober 2023.

Menurut Khofifah, realisasi penerimaan pendapatan asli daerah (PAD) Jatim yang dikelola oleh Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) provinsi setempat sampai dengan tanggal 5 April 2023 telah tercapai sebesar Rp 3,855 triliun.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini