Sukses

BTS hingga John Legend Pilih Tak Bayar Tanda Verifikasi dan Kehilangan Centang Biru di Twitter

BTS dan beberapa selebritas lainnya memilih kehilangan centang biru Twitter lantaran tak membayar 8 dolar AS atau sekitar Rp120 ribu sebulan untuk tanda verifikasi.

Liputan6.com, Jakarta - BTS dan beberapa selebritas lainnya memilih kehilangan centang biru Twitter lantaran tak mau membayar 8 dolar AS atau sekitar Rp120 ribu sebulan untuk tanda verifikasi. Pada 19 April 2023, raksasa media sosial itu mengumumkan akan menghapus tanda centang biru terverifikasi lama.

Mengutip dari AsiaOne, Sabtu (22/4/2023), kini hanya pengguna Twitter yang berlangganan Twitter Blue yang dapat memiliki centang biru di sebelah nama mereka. Dulu selebritas dan pesohor lainnya harus menjalani proses verifikasi untuk memastikan identitas mereka mendapatkan tanda centang, yang semuanya berubah saat Elon Musk mengambil alih sebagai CEO Twitter dan mengimplementasikan layanan berlangganan Twitter Blue.

Satu akun yang tidak mendapatkan memo tersebut atau tidak mau repot-repot membayar adalah grup K-pop BTS, setidaknya di akun @bts_twt pribadi mereka. Sementara @BTS_jp_official dan @BTS_bighit, akun yang digunakan untuk pembaruan resmi, diketahui telah berlangganan Twitter Blue.

Penggemar merespons penghapusan centang biru dengan santai dan lelucon. "(Saya bertaruh) 100 dolar pada kenyataan bahwa tanda centang biru tidak akan muncul kembali karena mereka telah menghapus aplikasi dan tidak akan membayar untuk Twitter Biru," cuit seorang penggemar. 

Sementara BTS aktif di Twitter, cuitan terakhir dari akun tersebut muncul pada 18 April dengan situs media sosial pilihan grup tersebut adalah Weverse, dibuat oleh perusahaan hiburan Hybe Corporation yang juga mengelola band tersebut. "BTS menyadari bahwa mereka harus membayar 8 dolar per bulan untuk tanda centang biru ketika mereka bisa mendapatkan ramen sebagai gantinya," cuit penggemar lain dengan video para idola yang tampak terkejut dan bertepuk tangan dalam gerakan lambat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ditanggapi Santai ARMY

"Kalian semua tolong beli album BTS, mereka bertelanjang dada hari demi hari dan sekarang mereka harus membayar centang biru di Twitter. Bantu mereka," canda penggemar lainnya.

Grup K-pop lain yang telah kehilangan centang birunya antara lain SHINee, Super Junior, Monsta X, Itzy, dan Ateez. Akun untuk grup seperti Enhypen dan NCT memiliki tanda centang emas dan disebut sebagai "organisasi resmi" di Twitter.

Bukan hanya idola K-pop yang tidak membayar untuk tanda centang biru mereka. Menurut sebuah laporan oleh Mashable, kurang dari 5 persen dari lebih dari 420.000 akun lama yang diverifikasi berlangganan Twitter Blue.

Musisi seperti Rihanna, Taylor Swift, Miley Cyrus, Coldplay dan The Weeknd serta aktor Chris Hemsworth, Hugh Jackman dan Neil Patrick Harris tampaknya telah membayar langganan tersebut. Tetapi tidak semua orang begitu terbuka dengan uang mereka. 

Aktris Halle Berry mengutip pengumuman resmi Twitter Verified dan menulis, "Saya bergabung dengan Anda semua besok tanpa verifikasi" disertai dengan video dia berjalan ke acara bincang-bincang. Perempuan berusia 56 tahun itu juga membagikan meme Dexter dari Dexter's Laboratory yang berduka atas hilangnya centang birunya.

3 dari 4 halaman

Aktris Chrissy Teigen dan John Legend Tanpa Centang Biru

Twitter awalnya melaporkan bahwa mereka akan "menghentikan program warisan kami yang diverifikasi" mulai 1 April 2023. Aktris Chrissy Teigen men-tweet pada 31 Maret, "Tidur malam ini dengan suami saya, mengetahui semuanya akan berakhir pada pagi hari."

Seorang penggemar menjawab, "Apakah Anda akan menceraikan John (Legend) jika dia membeli tanda centang?" di mana pria berusia 37 tahun itu bercanda, "Ya Tuhan, saya dehidrasi hanya dengan memikirkannya."

Chrissy dan suaminya John sekarang memiliki akun tanpa centang biru. "Tidak ada centang biru, masih terasa seperti saya," cuit aktor Ben Stiller.

Bahkan Paus Francis tidak lagi memiliki tanda verifikasi biru. Sebelumnya, pemain bola basket LeBron James, aktor Star Trek William Shatner dan novelis Stephen King termasuk di antara mereka yang menyuarakan kekhawatiran tentang harus membayar untuk Twitter Blue. Selain itu banyak juga pesohor lain yang tampak berkeberatan dengan aturan baru Twitter setelah dibeli Elon Musk. 

4 dari 4 halaman

Alasan Centang Biru Jadi Berbayar

"Hei Elon Musk, ada apa dengan cek biru yang hilang kecuali kita membayar Twitter? Saya sudah di sini (twitter) selama 15 tahun memberikan waktu dan pikiran cerdas saya semua. Sekarang Anda memberi tahu saya bahwa saya harus membayar untuk sesuatu yang Anda memberi saya secara gratis?" tulis William pria 92 tahun.

"Ini lebih tentang memperlakukan semua orang sama. Seharusnya tidak ada standar yang berbeda untuk selebriti menurut saya," jawab Elon Musk.

Tampaknya ketiga selebritas tersebut sekarang berlangganan Twitter Blue, tetapi Stephen (75), men-tweet, "Akun Twitter saya mengatakan saya telah berlangganan Twitter Blue. Saya belum. Akun Twitter saya mengatakan saya telah memberikan nomor telepon. Saya belum."

Jadi siapa yang memberi? Elon Musk sebelumnya men-tweet, "Saya membayar beberapa (langganan) secara pribadi," yang menurut laporan telah dikonfirmasi sebagai kasus untuk LeBron, William dan Stephen. Seorang pengguna Twitter membalas, "Begitu banyak untuk perlakuan yang sama."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini