Sukses

Warkop Indonesia di New York Kolaborasi Bareng Restoran Asal Bandung, Suguhkan Makanan Khas Nusantara

Ada apa saja dalam menu kolaborasi Warkop NYC dan restoran asal Bandung, Merindu Canteen?

Liputan6.com, Jakarta - Warung kopi atau warkop Indonesia yang ada di Kota New York, Amerika Serikat jadi sorotan pada Februari 2022 lalu. Warung yang bernama Warkop NYC tersebut menyediakan beragam menu khas Tanah Air.

Dalam terobosan barunya, Warkop NYC berkolaborasi dengan sebuah restoran asal Bandung, Merindu Canteen. Pengumuman sinergi keduanya dibagikan melalui unggahan video teaser di akun Instagram masing-masing pada 29 Maret 2023.

"Merindukan cita rasa rumah? Warkop NYC dan Merindu Canteen memasak sebuah kolaborasi dengan #WarkopMerindu - menyajikan makanan rumahan Indonesia yang lezat dan dinikmati untuk mengobati rasa lapar Anda dan membuat Anda tersenyum di kota yang tidak pernah tidur! SEGERA HADIR #WARKOPMERINDU," bunyi keterangan pada video teaser itu.

Baru pada Sabtu, 1 April 2023, menu kolaborasi mereka tersedia di Warkop NYC. Ada beberapa sajian Nusantara yang disuguhkan, mulai dari Nasi Ayam Kuning Rumahan, Mendoan Goreng, Pisang Goreng Gula Aren, Nasi Goreng Nugget, hingga Es Cincau.

"Menjelang Lebaran, membayangkan masakan ibumu mungkin menarik hati sanubarimu. Mungkin Ayam Kuning yang gurih dan aromatik, atau mungkin Pisang Goreng Gula Aren yang klasik dan menenangkan. Jangan khawatir, karena #WarkopMerindu siap membantumu!" demikian bunyi keterangan dalam unggahan itu.

Warkop NYC pun mengajak publik menyantap makanan khas Nusantara itu di warkop Indonesia yang berlokasi di 366 West 52nd Street, New York. "Jadi, datanglah dan manjakan diri dengan hidangan favorit Anda, karena tidak ada yang seperti cita rasa rumah sendiri!" tutup unggahan tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Antusiasme Sambut Menu Kolaborasi

Antusiasme begitu terasa ketika menu kolaborasi ini diluncurkan. Hal tersebut tampak dari deretan tanggapan penuh semangat yang menghiasi kolom komentar.

"Do I see kol goreng there (apakah saya melihat kol goreng di sana)," tulis seorang warganet. "Berharap warkop punya cabang di negara2 lain," lanjut lainnya.

"kol goreng is there too!!!" tulis warganet lain. "ntapps lahh Maju terussss..." lanjut lainnya.

Sementara, Warkop NYC diperkenalkan pada 1 Februari 2022 melalui akun Instagram mereka. "Kenalkan: WARKOP NYC. Warkop adalah singkatan dari warung (toko ramah lingkungan) dan kopi. Warkop bermaksud membawa pengalaman autentik warung Indonesia ke kota sarat akan peleburan ini."

"Sekarang Anda mungkin mempertanyakan 'warung' yang merupakan pendekatan utama kami ke tempat ini, kami berharap dapat memberi Anda perasaan seperti di rumah sendiri," lanjut mereka.

Pada unggahan selanjutnya, Warkop NYC membagikan momen yang dimaksud. "Orang-orang, kopi, bersantai, mengobrol, dan kenyamanan," tulisnya menggambarkan nuansa warkop.

3 dari 4 halaman

Jajaran Menu

Pihaknya juga membocorkan jajaran menu yang bisa diantisipasi di sini. Sesuai janjinya, mereka memboyong berbagai sajian andalan warkop Indonesia, seperti mi instan dan gorengan yang tampaknya bakwan.

Setelah resmi dibuka, tidak butuh lama bagi Warkop NYC untuk menarik perhatian. Keberadaannya telah jadi sensasi online sejak awal bulan ini. Salah satu yang kedapatan sudah mampir adalah pemilik kanal YouTube, MahMud di New York.

Lewat sebuah video yang diunggah pada Jumat, 4 Maret 2022, ia mengatakan bahwa Warkop NYC berlokasi di area Hell's Kitchen. Setelah masuk, rekaman itu memperlihatkan menu yang ditawarkan.

Tampak di sana ada Indomie berbagai rasa yang bisa disajikan bersama topping pilihan, seperti keju, telur, sayur, sosis sapi, dan udang. Pelanggan juga bisa memesan porsi single yang dibanderol tiga dolar AS atau sekitar 43 ribu, maupun double seharga lima dolar AS atau sekitar Rp72 ribu. Selain itu ada juga berbagai macam "makanan pembuka," termasuk tempe dan tahu goreng.

4 dari 4 halaman

Dikunjungi Menparekraf Sandiaga Uno

Ada pula menu khas warkop lainnya, yakni roti bakar dan pisang bakar. Pilihan minumannya tidak kalah beragam, dari es soda gembira, sampai berbagai sajian kopi.

Selain itu, mereka juga menyediakan beberapa pilihan susu, seperti oat dan almond milk. Secara keseluruhan, rentang harga di warkop ini adalah 0,5--7 dolar AS atau sekitar Rp7 ribu--Rp100 ribu-an.

Melengkapi menunya, terdapat pula kerupuk plus kaleng yang khas. Warkop NYC pun sepertinya mau menghadirkan nuansa Indonesia lewat dekorasinya. Tampak ada beberapa pajangan khas Indonesia, termasuk wayang.

Ada juga tumpukan kardus mi instan, sebagaimana sering ditemukan di warkop-warkop di Indonesia. Mereka bahkan menggantungkan sandal jepit yang sudah tidak asing bagi orang Indonesia di dekat kasir.

Warkop NYC juga sempat dikunjungi Menparekraf Sandiaga Uno pada Mei 2022 lalu. Ia menyapa pemilik warkop dan menanyakan menu favorit yang sering kali dipesan pengunjung. Akhirnya, pilihan Sandi jatuh pada Internet alias Indomie Telur Kornet seperti rekomendasi dari pemilik warkop, Omar Karim Prawiranegara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.