Sukses

Kaftan hingga Gaun Maxi, Tampilan Anggun Inspirasi Baju Lebaran 2023

Berbagai inspirasi tampilan baju Lebaran 2023 hadir dengan variasi gaya untuk dikenakan di hari nan fitri. Mulai dari kaftan hingga tampilan maxi dress yang berbahan lace.

Liputan6.com, Jakarta - Berbagai inspirasi tampilan baju Lebaran 2023 hadir dengan variasi gaya untuk dikenakan di hari nan fitri. Mulai dari kaftan, kebaya dengan bordir hingga tampilan maxi dress berbahan lace, semua dihadirkan dalam trunk show bertajuk "Sambut Hikmah Ramadhan" yang digelar oleh Sarinah Departement Store pada Rabu, 5 April 2023. 

Sarinah menggandeng desainer brand lokal meramaikan momen Ramadhan 2023. Sederet brand dan desainer hadir antara lain Osario, Gayatri, Lia Soraya, Roemah Kebaya Vielga, serta Alleira. Tak hanya menggelar trunk show tapi sekaligus menjual koleksi baju Ramadhan dan Lebaran 2023.

Sarinah yang kini 100 persen mengutamakan brand lokal, ingin memberikan kemudahan masyarakat saat mencari keperluan fesyen. Jika dulu Sarinah yang merupakan departemen store pertama di Indonesia hanya identik dengan batik, kini hampir semuanya lengkap ada setelah renovasi dan pembaruan bangunan untuk menunjukan bahwa tempat ini masih eksis sejak pertama kali ada.

"Kita memberikan tempat untuk semua produk Indonesia di Sarinah, sehingga tamu asing bisa melihat bahwa barang Indonesia mampu bersaing ke pasar global," kata VP Retail Business PT Sarinah (Persero) Irawati Endarwati saat ditemui di Sarinah, Jakarta Pusat, Rabu, 5 April 2023.

Di antara jenama lokal yang tampil Osario menjadi pertama yang memperlihatkan deretan gaun anggun dengan kombinasi bahan seperti tulle dan lace. Modelnya meski simpel, tetap cantik dan terkesan klasik sekaligus elegan bagi pemakainya.

Model berlenggak lenggok dengan anggun saat memperlihatkan sebuah maxi dress yang detailnya dipadukan bersama rok tutu. Tiap detail bordirnya pada material lace juga memberi kesan mewah. Warna-warna kalem seperti abu-abu dan pink lembut jadi pilihan, namun untuk yang menyukai nada sedikit berani Osario juga menyuguhkan pilihan warna hijau segar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tampilan Hijab Turban

Selanjutnya hadir deretan busana dari Lia Soraya yang memberi alternatif lain untuk tampilan Ramadhan dan Lebaran dengan atasan kasual yang dipadu bersama rok A line lebar. Ada pula tampilan semi formal dengan atasan kemeja putih bordir berornamen yang dipadu blazer oversize yang senada dengan celana longgar. 

Uniknya, untuk penampilan tersebut model dipasangkan dengan model hijab turban. Memberikan sisi romantis pada busananya, hadir gaun terusan biru lembut cetakan bunga yang tidak penuh di keseluruhan gaun dengan aksen lengan puff.

Lalu hadir dari Gayatri yang sebagian besar mengambil bahan lace kaya bordir dalam nuansa bunga-bunga warna-warni cerah pada gaunnya. Kemudian sebuah gaun penuh payet yang sangat cantik berkilauan dan gaun maxi lengan panjang detail bunga-bungan timbul.

Tampilan santun itu juga didominasi permainan tekstur dan penggunaan bahan lace yang memberi kesan mewah, salah satunya pada sebuah tampilan mirip kebaya bernada hijau. Variasi lain diberikan melalui atasan lebarabu-abu yang dipadu rok tutu warna lilac.

3 dari 4 halaman

Dukung Produk Buatan Indonesia

Di pegelaran kali itu, tampilan para model juga didukung oleh brand lokal seperti Ghea, Sodagaran, Jeny Tjahyawati, Sessa, Hikmat, Riana Lombok, Runa Jewellery, Mannaqueen, Kipas Wiracana, Christin Wu juga Tandamata. Lebih lanjut mengenai dukungan Sarinah untuk produk lokal Indonesia, Irawati menambahkan memberikan kebebasan berkarya kepada para desainer produk lokal.

Sarinah juga mengajak mereka menggunakan bahan kain ramah lingkungan, sehingga semua kain pun harus serba lokal. "Sarinah mendukung bangga buatan Indonesia dan bangga beli pakai buatan Indonesia," tambahnya Irawati. 

Sarinah ingin menjadi destinasi belanja yang berkonsep one stop shopping. Meski menurutnya orang melihat harga yang ditawarkan bersaing namun pihaknya melakukan kurasi untuk semua produk fashion yang dipilih terbaik di bidangnya.

Irawati mencontohkan sepatu yang dipakai model dari Christin Wu, langsung diukur sesuai kaki dan modelnya. "Kami bangga bisa membawa produk-produk Indonesia dan kami bangga bisa jadi panggungnya, apalagi untuk orang asing," sambungnya. 

4 dari 4 halaman

Koleksi Raya Alleira Batik

Tampilan kaftan masih mendominasi koleksi Raya yang disuguhkan oleh Alleira Batik. Lantaran Lebaran kali ini berdekatan dengan musim Spring/Summer, maka sebagian koleksinya pun bernada cerah.

"Alleira selalu mengikuti tren fesyen internasional, jadi apapun yang ada di luar sana kita selalu mengikuti trennya tapi tetap menyesuaikan dengan market Indonesia," ungkap Zaka Hamzah, Chief Operating Officer (COO) Alleira Batik saat ditemui, Rabu, 5 April 2023.

Potongan kaftan maupun maxi dress yang ditampilkan menurut Zaka sebagian besar loose karena memang untuk Lebaran. Total busana koleksi Raya yang ditampilkan mencakup 8 potongan, dominasi warnanya hijau, lilac muda, kuning, oranye.

Alleira juga mengeluarkan tampilan yang lebih modest, sehingga bisa disesuaikan untuk mereka yang berhijab atau tidak. Berbeda dengan brand lain, Alleira lebih mengandalkan material super silk sehingga terkesan mewah untuk koleksi Raya yang kali ini menggunakan batik motif parang dan kawung. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.