Sukses

Bagi yang Belum Tahu, Ternyata Ini Susunan Acara saat Melamar Sang Kekasih

Prosesi lamaran merupakan sebuah momen ketika pihak mempelai pria menyatakan kesiapannya untuk membangun rumah tangga kepada sang kekasih secara resmi.

Liputan6.com, Jakarta Prosesi lamaran merupakan sebuah momen ketika pihak mempelai pria menyatakan kesiapannya untuk membangun rumah tangga kepada sang kekasih secara resmi. Bisa dibilang, prosesi satu ini merupakan agenda wajib yang harus dilakukan sebelum melangsungkan pernikahan.

Prosesi tersebut sebenarnya sederhana, namun masih banyak pria yang tidak mengetahui prosesi lamaran agar berjalan lancar. Nah, jika kamu belum mengetahui apa saja kegiatan yang semestinya ada saat prosesi lamaran berlangsung, wajib catat hal-hal di bawah ini.

Datangnya Keluarga Besar Mempelai Pria

Prosesi pertama yang harus dilakukan saat melangsungkan pernikahan adalah datangnya keluarga besar mempelai pria ke rumah mempelai perempuan. Setelah itu, pihak mempelai perempuan akan menyambut kedatangan dari keluarga besar mempelai pria dan dipersilahkan masuk ke tempat acara.

Pembukaan Acara

Setelah semua berkumpul di tempat acara, prosesi lamaran pun dimulai dan dipandu oleh seorang MC. Terkadang, MC dipilih dari keluarga mempelai perempuan.

Tugas MC adalah menyambut kedatangan rombongan mempelai pria dan setelah itu MC akan membacakan susunan acara yang akan berjalan saat prosesi lamaran.

Sampaikan Maksud Kedatangan

Ini merupakan inti dari prosesi lamaran. Di sesi ini, salah satu perwakilan dari mempelai pria harus menyampaikan lamaran dari pihaknya kepada mempelai perempuan.

Setelah menyampaikan maksud kedatangan, pihak pria pun akan menanyakan kesediaan keluarga mempelai perempuan untuk menikahkan kedua putra dan putrinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Susunan Acara saat Melamar Kekasih

Jawaban dari Pihak Mempelai Wanita

Selanjutnya, MC akan memandu acara dengan mempersilahkan salah satu perwakilan dari mempelai perempuan untuk menjawab maksud dari kedatangan mempelai pria. Biasanya, pihak dari mempelai perempuan akan menyambut baik maksud dan tujuan dari mempelai pria.

Pemberian Seserahan dari Mempelai Pria

Setelah pemberian jawaban, mempelai pria pun harus menyerahkan seserahan kepada keluarga mempelai perempuan. Seserahan tersebut memiliki arti keseriusan dari pihak pelamar.

Tukar Cincin 

Tukar cincin merupakan hal simbolis yang dilakukan dalam prosesi lamaran. Biasanya, prosesi ini dilakukan dengan pemasangan cincin oleh ibu dari calon mempelai pria kepada perempuan. Setelah itu, dilakukan pula sebaliknya dari calon mempelai perempuan kepada pria. 

Nah, karena cincin lamaran merupakan benda wajib yang harus ada saat prosesi berlangsung. Dalam memilih cincin lamaran, kamu harus memilih yang tepat, salah satunya adalah koleksi perhiasan #MONDIAL. 

Koleksi #ISaidMondial melengkapi koleksi sebelumnya (dengan center diamond Round MEC, Heart, dan Pear), dan kini hadir dengan dua desain baru dengan center diamond bentuk oval dan marquise.

Cincin lamaran dari MONDIAL ini hadir dengan koleksi Engagement Ring dengan beragam pilihan cincin yang berbeda dan siap untuk menemani kamu melangkah bersama pasangan. Perhiasan MONDIAL dengan desain cincin pertunangan yang berbeda menggunakan Fancy Diamond. 

Penggunaan fancy shape diamonds yang berbeda-beda melambangkan berbagai perjalanan cinta yang unik dan spesial serta layak untuk dirayakan atau dinyatakan dengan cara yang berbeda dan spesial juga. Kini, koleksi I Said MONDIAL dilengkapi juga dengan items lain (sebelumnya hanya Ladies Rings), yakni 1 Bangle, 1 pair of Earrings, 1 Pendant.

Selain itu, hadir pula lini Frank Gold dari MONDIAL yang bisa kamu berikan sebagai hadiah cinta saat melamar pasangan. Lini ini merupakan lini perhiasan emas premium dari Central Mega Kencana (CMK) dengan material premium, yang menggunakan teknologi Italia terbaru, memiliki desain klasik tetapi juga trendy dan up to date. 

Perhiasan Frank Gold dari MONDIAL memiliki tampilan klasik, unik, dan elegan. Frank Gold dari MONDIAL terbaru menampilkan 6 pasang desain anting-anting geometric dari Geometric Collection berupa hoop earrings 18k gold dengan desain Italia yang edgy dan esensial dengan sentuhan modern. 

Sebelumnya Frank Gold dari MONDIAL telah hadir dalam berbagai koleksi dengan desain terkini yang mampu mengangkat penampilan pemakainya baik dalam kegiatan sehari-hari maupun acara formal. Nah, perhiasan berlian dari MONDIAL itu bisa kamu didapatkan di seluruh gerai CMK.

So, saatnya kunjungi butik-butik MONDIAL untuk mendapatkan perhiasan berlian lainnya. Eitss, jangan lupa juga untuk melihat informasi lebih lanjut mengenai promo spesial dari MONDIAL melalui official website MONDIAL dan Instagram @mondial, ya!

Perkenalan Masing-Masing Keluarga

Setelah bertukar cincin, masing-masing keluarga pun melakukan ramah tamah antar keluarga. Sesi ini bertujuan untuk mempererat hubungan dan keakraban antar keluarga dengan perkenalan dan berbincang-bincang.

Doa

Sesi ini bisa dibilang sebagai sesi penutup rangkaian prosesi lamaran. Doa dilantunkan untuk mendapatkan sesuatu hal yang baik dalam segala prosesi yang dijalankan.

Pemberian Seserahan dari Mempelai Wanita

Terakhir, keluarga mempelai perempuan akan memberikan balasan seserahan pada mempelai pria. Prosesi ini merupakan penutup dari seluruh rangkaian lamaran yang berjalan. 

Nah, itulah susunan acara saat melamar sang kekasih. Agar momen tersebut semakin sakral, kamu harus memperhatikan setiap detail dari susunan acaranya. Last but not least, selamat berbahagia dengan sang kekasih!

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini