Sukses

6 Fakta Menarik Bhutan yang Tidak Punya Lampu Lalu Lintas

Dikelilingi oleh Himalaya, Bhutan adalah negara kecil yang terjepit di antara India dan Tibet, di sebelah timur Nepal dan utara Bangladesh. Bhutan dianggap sebagai bagian dari Asia Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - Dikelilingi oleh Himalaya, Bhutan adalah negara kecil yang terjepit di antara India dan Tibet, di sebelah timur Nepal dan utara Bangladesh. Bhutan dianggap sebagai bagian dari Asia Selatan.

Dikutip dari Trip Savvy, Kamis, 16 Maret 2023, dengan hanya sekitar 14.800 mil persegi (38.400 kilometer persegi) wilayah, Bhutan kira-kira berukuran setengah dari Carolina Selatan. Negara ini sedikit lebih kecil dari Swiss.

Sebagian besar medan terdiri dari lereng pegunungan. Bhutan juga memiliki Druk Yul, nama lokal untuk Bhutan yang berarti berarti "Tanah Naga Petir". Naga itu muncul di bendera Bhutan. Selain itu, masih ada deretan fakta menarik Bhutan, seperti di bawah ini.

1. Tak Ada Lampu Lalu Lintas

Dikutip dari Holidify, jalan adalah petualangan yang agak berbahaya di Bhutan dengan tikungan curam di daerah pegunungan. Kawanan hewan seperti sapi dan kerbau dapat ditemukan bebas berkeliaran di jalan tersebut.

Bahkan orang berhenti untuk saling menyapa di tengah jalan. Namun, orang Bhutan mengemudi dengan sangat pelan dan hati-hati, sehingga lampu lalu lintas tidak diperlukan.

Sebaliknya, polisi di Thimphu berdiri di persimpangan utama dan mengarahkan lalu lintas. Seharusnya satu set dipasang, dan kemudian segera disingkirkan, karena orang Bhutan lebih menyukai polisi. (Mungkin juga tidak ada lampu lalu lintas di Melekeok, Palau. Lain kali Anda berada di sana, beri tahu saya.)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Punya Banyak Aturan Ketat

Bhutan dikenal sebagai negara yang punya beragam aturan ketat. Pada 2010, Bhutan menjadi negara pertama yang melarang produksi dan penjualan produk tembakau.

Merokok di tempat umum adalah ilegal, namun tembakau dapat digunakan secara pribadi. Pada 1916, Raja pertama Bhutan menyebut tembakau sebagai "ramuan yang paling kotor dan berbahaya". Pelanggar ditampar dengan denda yang berat, setara dengan gaji lebih dari dua bulan.

Area khusus telah dibuat untuk perokok. Jika ada yang tertangkap melanggar hukum, hukuman penjara selama 3 sampai 5 tahun dapat dikenakan.

Budidaya, pemanenan dan penjualan juga dilarang keras. Hal ini dilakukan untuk menjadikan Bhutan sebagai negara bebas asap rokok pertama. Anda mungkin bertanya-tanya, dari mana mereka mendapatkan tembakau? Konsumen memahami produk ini sebagai impor dari negara lain. Namun, pajak besar dikenakan untuk mencegah pembelian.

Selain itu, dalam dorongan untuk memodernisasi, Raja Bhutan akhirnya mengizinkan akses televisi dan internet ke negara itu pada 1999. Bhutan adalah salah satu negara terakhir di dunia yang mengadopsi televisi. Beberapa saluran televisi diterima dari negara tetangga India. Raja memperingatkan bahwa penyalahgunaan televisi dapat merusak tradisi lama mereka.

Aturan ketat lain adalah orang Bhutan dilarang menikah dengan orang asing. Homoseksualitas juga dilarang oleh hukum. Poligami legal di Bhutan, namun praktiknya tidak umum.

3 dari 4 halaman

3. Mengukur Kebahagiaan Nasional

Bhutan adalah satu-satunya negara di dunia yang secara resmi mengukur kebahagiaan nasional. Indeks tersebut dikenal dengan nama GNH (Gross National Happiness).

Alih-alih menekankan pada PDB, Bhutan berupaya melacak kepuasan penduduknya. Perserikatan Bangsa-Bangsa menyetujui gagasan tersebut pada 2011 dan merilis Laporan Kebahagiaan Dunia pada 2012. Laporan tahunan tersebut menggunakan data Gallup dan memeringkat negara berdasarkan faktor-faktor seperti kesejahteraan sosial, kesehatan, dan lingkungan, bukan hanya masalah ekonomi.

Meskipun berfokus pada kebahagiaan internal, pemerintah Bhutan dituduh melakukan banyak pelanggaran hak asasi manusia terhadap etnis minoritas yang tinggal di sana, banyak yang dipaksa keluar negeri atau ke kamp pengungsian. Amerika Serikat menerima 30.870 pengungsi Bhutan antara 2008 dan 2010.

4. Pendidikan Gratis

Orang Bhutan menerima pendidikan gratis dari pemerintah. Penekanan berat ditempatkan pada ajaran Buddha.

Sebagian besar sekolah memiliki kurikulum bahasa Inggris. Sampai reformasi pendidikan disahkan pada 1990-an, hanya sekitar 30 persen laki-laki dan 10 persen perempuan di Bhutan yang melek huruf.

4 dari 4 halaman

5. Sangat Mencintai Raja

 

Fakta tentang Bhutan yang diketahui kebanyakan orang adalah bahwa Raja Bhutan dikenal karena kepribadiannya yang rendah hati dan upaya kemanusiaannya. Tepat disebut "Raja Rakyat", Yang Mulia Jigme Khesar telah bertemu dengan hampir setiap warga negaranya dan senang berbicara dengan orang-orang secara pribadi tentang kesedihan dan kebutuhan mereka.

Raja Bhutan menyerahkan mahkota kepada putra sulungnya pada 2008. Pada usia 28 tahun, Raja Jigme Khesar Namgyel Wangchuck menjadi raja termuda yang berkuasa di dunia. Bhutan menjadi monarki konstitusional dengan sistem dua partai pada 2008. Partai Rakyat Demokratik memenangkan pemilu pada 2013.

6. Ilegal untuk Membunuh Apapun

Fakta tentang Bhutan ini menjadikannya sebagai negara yang menyayangi hewan. Orang Bhutan tidak diperbolehkan membunuh hewan atau burung apa pun.

Mereka menjalankan konservasi lingkungan cukup serius. Namun, mereka makan daging, cukup banyak. Hukum ini berasal dari nilai-nilai tradisional ajaran Buddha, yang melarang pembunuhan makhluk hidup apa pun. Semua dagingnya diimpor dari negara lain. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.