Sukses

Jam Tangan dan Cincin Andhi Pramono Jadi Sorotan, Diduga Warganet Harganya Ratusan Juta Rupiah

Meski jam tangannya tak terlalu jelas, namun jam yang dipakai Kepala Bea Cukai Makassar Andhi Pramono itu diduga itu merupakan keluaran Rolex.

Liputan6.com, Jakarta - Usai kasus Rafael Alun Trisambodo yang masih ramai dibahas, kini giliran Kepala Kantor Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Makassar Andhi Pramono yang disorot warganet. Pasalnya, pada salah satu foto yang diunggah akun Twitter @BosPurwa, Andhi Pramono terlihat mengenakan sebuah jam tangan perak dengan sentuhan biru yang mencolok.

Ia juga terlihat mengenakan cincin blue sapphire atau safir biru yang berkilauan. Meski jam tangannya tak terlalu jelas, namun diduga itu merupakan jam tangan mewah keluaran Rolex.

"Kepala Bea Cukai Makasar, Andhi Pramono. Diduga (menggunakan cincin) Royale Blue Shafire dan jam tangan Rolex," tulis akun Twitter @BosPurwa, pada Rabu, 8 Maret 2023.

"Klo dari designnya keliatan Yacht Master-II," tulisnya lagi.  Unggahan itu sudah dilihat lebih dari 2,4 juta kali dan disukai lebih dari 21 ribu kali serta mendapatkan lebih dari 700 komentar.

Pejabat kyk gini apa ga mikir ya kalo dia sendiri dengan sengaja memperlihatkan barang mewahnya, siap-siap dicopot lagi nih jabatan pejabat kemenkeu,” komentar seorang warganet.

"ASN sudh harusnya memahami bahwa salah satu konsekuensi menjadi ASN/pejabat adalah hidup sekedar cukup...tidak boleh berlebih/kaya...kalau mau lebih/kaya maka jadilah pengusaha lepaskan baju ASN,” komentar warganet lainnya.

Akun itu juga menunjukan tangkapan layar situs Omniluxe yang menjual jam Rolex Yacht Master-II. Sekilas memang tampak mirip dengan terdapat desain warna biru di tengahnya. Tercatat kalau harga normal jam tersebut mencapai Rp375 juta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rolex Asli atau Palsu

Rolex memang termasuk brand internasional yang dikenal menjual produk jam tangan mewah. Seperti kebanyakan brand mewah lain, Rolex juga banyak ditiru dan beredar produk palsu.

Sedangkan cincin safir biru yang dipakai Andhi menurut warganet harganya mencapai Rp50 juta. Meski begitu belum bisa dipastikan apakah jam tangan maupun cincin yang dipakai Andhi Pramono memang sama dengan dugaan warganet.

Yang jelas, gaya hidup hedon yang dilakukan Andhi tak hanya disorot warganet tapi sudah membuat pihak Kementerian Keuangan dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mulai turun tangan. KPK akan memanggil Andhi Pramono pada pekan depan.

Ia akan dimintai keterangan terkait kepemilikan harta kekayaan yang sempat viral di sosial media akhir-akhir ini. "Minggu depan (pemanggilan Andhi Pramono)," kata Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Kamis (9/3/2023), melansir kanal Bisnis Liputan6.com.

Dalam video yang viral, Andhi Pramono, kedapatan memiliki satu rumah gedongan yang diduga berada di kawasan Legenda Wisata Cibubur. Informasi tersebut diviralkan oleh akun Twitter @PartaiSocmed, yang menyampaikan bahwa Andhi Pramono kini tengah meminta bantuan dari berbagai pihak agar tidak tercebur kasus.

"Ini tolong dikawal ya tuips! Info terakhir yg kami terima ybs sedang sibuk 'lobby' para anggota DPR, pejabat Bea Cukai dan Kemenkeu agar tidak kena kasus," tulis akun @PartaiSocmed, dikutip Rabu (8/3/2023).

3 dari 4 halaman

Jumlah Kekayaan Kepala Bea Cukai Makassar

Tak hanya sosok tersebut, putri yang bersangkutan juga kedapatan hobi memamerkan kemewahan dengan outfit super mahal miliknya. Menurut info yang beredar, akun Instagram sang istri dan anaknya tersebut sekarang sudah tutup, lantaran banyak pamer harta, termasuk mengunggah foto jalan-jalan ke luar negeri dengan tiket first class.

Dikutip dari LHKPN KPK, Andhi Pramono memiliki kekayaan Rp13.753.365.726 atau Rp13,75 miliar. Ia mengumumkan LHKPN tersebut pada 16 Februari 2022 untuk laporan periodik 2021. Dalam LHKPN disebutkan, Andhi menjabat sebagai Kepala Kantor di unit kerja Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Ia menduduki jabatan sebagai Kepala Bea Cukai Makassar.

Kekayaan Andhi Pramono sebesar Rp13,75 miliar terdiri dari tanah dan bangunan senilai Rp6,98 miliar. Aset kekayaan tanah dan bangunan itu berada di Salatiga, Karimun, Batam, Bogor, Jakarta Pusat hingga Cianjur. Tanah dan bangunan itu berstatus hasil sendiri dan hibah dengan akta.Namun, rumah gedongan bak Sultan di Legenda Wisata Cibubur yang viral di media sosial tak ada di daftar LHKPN.

4 dari 4 halaman

Tas Mewah Anak Andhi Pramono

Selain video rumah mewahnya yang viral di media sosial, gaya mahal putrinya juga tidak kalah menarik perhatian. Dalam utas akun Twitter @PartaiSocmed, 7 Maret 2023, salah satu tweet-nya berbunyi, "Gaya hidup anaknya Andhi Pramono, putri Kepala Bea Cukai Makassar."

Ia menyambung, "Segitu banyak uang para pembayar pajak dikeluarkan untuk satu outfit, belum termasuk sepatunya." Bersama keterangan itu dibagikan foto outfit anak Kepala Bea Cukai Makassar yang memakai jepit rambut rilisan Versace seharga Rp2,5 juta, baju lengan panjang Balenciaga senilai Rp22 juta, dan Rp1 juta untuk celana I.AM.GIA.

"Akun IG istri dan anaknya Andhi Pramono sekarang sudah tutup karena banyak pamer-pamer harta hasil sebagai ABDI NEGARA, termasuk foto jalan-jalan ke luar negeri dengan tiket first class," sambung akun tersebut. Bersama keterangan itu, tampak foto anak Andhi menyampirkan tas rilisan Dior.

Itu merupakan seri saddle bag yang merupakan salah satu tas ikonis Dior. Bagian luar tas branded ini menampilkan jepitan magnetik 'D' dan penutup sadel dengan struktur 'CD' khas di kedua sisi pegangan. Desain tas Dior ini memberi kesan modern secara instan, menurut situs web mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.