Sukses

Gaya Anak Andhi Pramono Kepala Bea Cukai Makassar Tenteng Tas Dior Rp68 Juta

Setelah Rafael Alun Trisambodo, Kepala Bea Cukai Makassar, Andhi Pramono, juga dilirik karena nilai asetnya dianggap "tidak masuk akal" oleh warganet.

Liputan6.com, Jakarta - Satu lagi pejabat Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang jadi sorotan. Setelah Rafael Alun Trisambodo, Kepala Bea Cukai Makassar, Andhi Pramono, juga dilirik karena nilai asetnya dianggap "tidak masuk akal" oleh warganet.

Selain video rumah mewahnya yang viral di media sosial, gaya mahal putrinya juga tidak kalah menarik perhatian. Dalam utas akun Twitter @PartaiSocmed, 7 Maret 2023, salah satu tweet-nya berbunyi, "Gaya hidup anaknya Andhi Pramono, putri Kepala Bea Cukai Makassar."

Ia menyambung, "Segitu banyak uang para pembayar pajak dikeluarkan untuk satu outfit, belum termasuk sepatunya." Bersama keterangan itu dibagikan foto outfit anak Kepala Bea Cukai Makassar yang memakai jepit rambut rilisan Versace seharga Rp2,5 juta, baju lengan panjang Balenciaga senilai Rp22 juta, dan Rp1 juta untuk celana I.AM.GIA.

"Akun IG istri dan anaknya Andhi Pramono sekarang sudah tutup karena banyak pamer-pamer harta hasil sebagai ABDI NEGARA, termasuk foto jalan-jalan ke luar negeri dengan tiket first class," sambung akun tersebut. Bersama keterangan itu, tampak foto anak Andhi menyampirkan tas rilisan Dior.

Itu merupakan seri saddle bag yang merupakan salah satu tas ikonis Dior. Bagian luar tas branded ini menampilkan jepitan magnetik 'D' dan penutup sadel dengan struktur 'CD' khas di kedua sisi pegangan. Desain tas Dior ini memberi kesan modern secara instan, menurut situs web merek.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tas Ikonis Dior

Preview melaporkan bahwa saddle bag Dior pertama kali menghiasi runway pada 2000-an dan merepresentasi kegemaran penciptanya, John Galliano, untuk trik mode subversif. Pada 2018, desainer Maria Grazia Chiuri menerbitkan kembali tas tersebut.

Dior kemudian mengadakan blitzkrieg Instagram besar-besaran yang melibatkan tokoh mode paling populer di seluruh dunia berpose dengan seri tas tersebut. Blitz pemasaran mereka terbukti efektif dalam memunculkan intrik dan ketertarikan pada tas tersebut.

Mesin pencari mode Lyst mengatakan bahwa pencarian web untuk tas tersebut melonjak hingga seribu persen, kata Katy Lubin, direktur komunikasi situs tersebut. Di laman Dior, tas ini dideskripsikan dibuat dengan jacquard Dior Oblique berwarna biru, desain legendaris ini menampilkan tali bahu yang tipis.

Fitur itu memungkinkan tas dapat dibawa dengan tangan, dikenakan di bahu, atau dalam versi selempang. Di situs web rumah mode itu, saddle bag dibanderol Rp68 juta, namun statusnya habis terjual.

3 dari 4 halaman

Dipanggil Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kemenkeu

Sementara itu, Andhi sudah dipanggil Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kemenkeu untuk mengklarifikasi data harta kekayaannya. Hal itu dibenarkan Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Sulbagsel Nugroho Wahyu Widodo. "Iya sudah dipanggil ke pusat untuk melakukan klarifikasi," ungkap Nugroho, lapor kanal Bisnis Liputan6.com, 8 Maret 2023.

Menurut Nugroho, selama bertugas di Kota Makassar sebagai kepala Bea Cukai, Andhi memiliki kinerja yang terbilang sangat baik. Namun, ia mengaku tengah menunggu hasil pemeriksaan Andhi.

"Hasilnya ada di pusat, bukan di kanwil. Kinerja Andhi ini sangat baik," ucapnya. Sebelumnya, sebuah video di TikTok yang memperlihatkan penampakan rumah mewah di kawasan Legenda Wisata Cibubur ramai diperbincangkan warganet. Dalam video tersebut disebutkan bahwa rumah mewah bak istana itu adalah milik pegawai Kemenkeu.

Informasi ini juga diviralkan akun Twitter @PartaiSocmed yang menyampaikan bahwa Andhi kini tengah meminta bantuan dari berbagai pihak agar tidak terseret skandal. "Ini tolong dikawal ya tuips!" tulis akun tersebut, 8 Maret 2023.

4 dari 4 halaman

Apakah Hasil Endorse?

Nugroho juga menanggapi terkait unggahan gaya hidup mewah putri Andhi Pramono. Menurutnya, pakaian mewah yang digunakannya adalah hasil endorse karena putri Andhi merupakan seorang model dan selebgram. "Anaknya memang selebgram yang dapat uang dari endorse produk," ujar Nugroho.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga sempat buka suara terkait eks pejabat pajak Rafael Alun dan Pejabat Bea Cukai Eko Darmanto yang dianggap bergaya hidup hedonis. Menurut Jokowi, apa yang jadi polemik publik terhadap keduanya adalah buah kekecewaan atas pelayanan buruk sebagai aparatur sipil negara (ASN).

"Menurut saya, pantas rakyat kecewa karena pelayanannya dianggap tidak baik kemudian aparatnya perilakunya jumawa dan pamer kuasa kemudian pamer kekayaan, hedonis," kata Jokowi dalam pidato pembuka Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara Jakarta, 2 Maret 2023.

Jokowi juga mewanti-wanti bahwa apa yang terjadi di instansi pajak dan bea cukai dapat berdampak pada kementerian atau lembaga lain bila para pegawainya tidak segera ditertibkan dan didisiplinkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.