Sukses

Jin BTS Unggah Foto Berseragam Militer Diapit Jimin dan J-Hope, ARMY Menggila

Itu menjadi foto pertama Jin BTS bersama member BTS setelah menjalani wajib militer.

Liputan6.com, Jakarta - Jin BTS mengejutkan penggemarnya dengan mengunggah foto terbaru yang berseragam militer. Tak hanya sendiri, ia diapit oleh dua anggota BTS lain yang mengunjunginya, J-Hope dan Jimin.

"Welcome (selamat datang)," tulis Jin dalam kolom keterangan unggahan pada Sabtu, 4 Maret 2023. J-Hope meresponsnya dengan ungkapan tertawa.

J-Hope terlihat mengenakan sweater bercapuchon hitam yang dibalut jaket krem tebal. Tak lupa, duta Louis Vuitton itu mengenakan beanie hat untuk menghangatkan badannya. Tampilan kasual juga diperlihatkan Jimin yang memadukan sweater hitam dan celana jins, serta kupluk warna senada dengan atasannya saat berpose dengan Jin.

Unggahan itu tak butuh lama menarik perhatian para ARMY. Dikutip dari Koreaboo, Minggu (5/3/2023), unggahan tersebut menuai lebih dari 1 juta likes hanya dalam 30 menit. 

Sudah lebih dari dua bulan sejak anggota tertua BTS menjalani wajib militer (wamil). Meski sosoknya beberapa kali muncul, baik melalui unggahan di Weverse atau Instagram dan video lama, para penggemar tetap merindukannya.

Begitu pula para anggota BTS yang lain. Di antara enam member, J-Hope dan Jimin terbilang yang paling sering membicarakan hyung mereka, baik saat livestream maupun kesempatan lain.

Sementara, Jin menjauhkan diri dari media sosial sejak bergabung di militer. Ia membuat pengecualian untuk J-Hope dengan mengucapkan selamat ulang tahun spesial pada bulan lalu di Instagramnya.

J-Hope diketahui akan segera menjalani wamil. Big Hit Music lewat Weverse, pada Minggu, 26 Februari 2023, menyampaikan J-Hope telah memulai proses pendaftaran wamilnya. Saat ini, pemilik nama asli Jung Hoseok itu telah mengajukan permohonan penghentian penundaan pendaftaran wajib militer.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kapan Berangkat?

Namun, pihak agensi belum memberi tahu tanggal keberangkatan J-Hope BTS ke pusat pelatihan militer. Mereka akan memberitahu secara detail dalam waktu dekat.

"Kami meminta cinta dan dukungan kalian untuk J-Hope sampai dia menyelesaikan dinas militernya dan kembali dengan selamat. Perusahaan kami tidak akan menyia-nyiakan upaya dalam memberikan dukungan untuk artis kami. Terima kasih," tulis pihak agensi, mengutip laman Soompi, dikutip dari kanal Showbiz Liputan6.com.

J-Hope kabarnya akan menjadi anggota BTS kedua yang mengikuti wajib militer setelah Jin. Anggota BTS lainnya melepas Jin mengikuti wamil pada 13 Desember 2022 lalu.

Setelah bertahun-tahun mengalami ketidakpastian, BTS akhirnya mengumumkan bahwa mereka akan menjalani wajib militer, pada Oktober 2022. Jin adalah member pertama yang telah menjalani kewajiban tersebut dan telah lulus pelatihan dasar.

Sebelum menjalani wajib militer, para member BTS berencana untuk merilis proyek solo. Setelah seluruh member selesai menjalankan kewajibannya, BTS diperkirakan akan comeback sebagai grup pada 2025.

 

3 dari 4 halaman

Pesan untuk Penggemar

Jin BTS sudah beberapa kali mengunggah perkembangannya menjalani wamil. "Aku menikmati hari-hariku di sini," ujar Jin saat upacara penutupan pelatihan dasar.

Ia juga membagikan tiga buah fotonya dengan seragam militer. Dua di antaranya adalah selfie, sementara sebuah foto memperlihatkan pelantun “Butter” tersebut berdiri tegap di depan kamera. "Aku mengunggah foto setelah mendapat izin dari kemiliteran. ARMY, selalu bahagia dan jaga diri," begitu penutup pesan Jin.

Jin masuk wamil pada 13 Desember 2022 dan bertugas sebagai tentara aktif. Ia akan menjalankan tugas ini selama 18 bulan ke depan, artinya akan lulus pada 2024.

Dalam keberangkatan Jin masuk wamil, Big Hit Music selaku agensinya sudah mewanti-wanti penggemar untuk tidak perlu datang ke lokasi pusat pelatihan. Tidak ada pula acara pelepasan khusus untuk Jin demi menghindari risiko kerumunan. Hanya keenam anggota BTS yang datang langsung dan ikut melepas Jin masuk wamil. 

Big Hit juga mengimbau penggemar untuk berhenti mengirim surat kepada Jin atas beberapa pertimbangan. Saat ini, Jin berada di pusat pelatihan bersama personel militer reguler.

"Jika sejumlah besar surat dan hadiah dari para penggemar tiba di pusat pelatihan sekaligus, akan sulit untuk menyimpannya, dan bisa hilang dengan mudah," jelasnya.

Sebagai alternatif, agensi meminta penggemar meninggalkan pesan melalui Weverse dengan menyertakan tagar #Dear_Jin_from_ARMY. Agensi memastikan Jin akan membacanya.

4 dari 4 halaman

Kolaborasi Terbaru

Di kesempatan lain, J-Hope resmi merilis single sekaligus MV teranyarnya berjudul On The Street, pada Jumat, 3 Maret 2023, pukul 2 siang KST atau pukul 12 WIB. Single ini merupakan proyek kolaborasi J-Hope dengan J-Cole.

Media Korea melaporkan, J-Hope BTS ikut menyusun dan menulis single terbarunya tersebut. Dia juga turut mendesain tulisan “On The Street” feat J-Cole, yang ada dalam MV yang dirilis.

Dalam keterangannya, Big Hit Music menjelaskan, motif trek dari kata street, dapat diartikan sebagai tempat di mana orang-orang melalui kehidupannya sehari-hari. Hal itu juga sebagai sebuah metafora untuk sebuah kehidupan yang juga berasal dari Street Dance, genre yang mewakili akar J-Hope sebagai seniman.

"Itu merupakan jalan yang akan terus dia tempuh bersama penggemarnya di seluruh dunia," tulis Big Hit Music.

On the Street menjadi single terbaru idol bernama asli Jung Hoseok itu setelah merilis album debut solo-nya, Jack in The Box pada 15 Juli 2022. Perilisan single teranyar J-Hope itu dilakukan setelah sebelumnya Big Hit Music menyampaikan bahwa J-Hope sedang bersiap mendaftarkan diri untuk melaksanakan wamil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.