Sukses

Personel BTS Bakal Reuni pada 2025, Kapan J-Hope Wamil Menyusul Jin?

J-Hope BTS dikabarkan telah memulai proses pendaftaran wajib militer sekaligus meminta dukungan dari penggemar.

Liputan6.com, Jakarta - Agensi BigHit Music mengumumkan bahwa J-Hope, salah seorang personel grup K-Pop BTS, telah memproses pendaftaran wajib militer atau wamil. BigHit Music membagikan pemberitahuan itu di Weverse, aplikasi media sosial untuk para penggemar BTS atau sering disebut Army.

J-Hope dikabarkan telah memulai proses pendaftaran wamil sekaligus meminta dukungan dari penggemar, menurut laporan dari Soompi, Minggu, 26 Februari 2023. "Kami ingin memberi tahu penggemar bahwa J-Hope telah memulai proses pendaftaran militer dengan mengajukan penghentian penundaan pendaftarannya. Kami akan memberi tahu Anda tentang pembaruan lebih lanjut pada waktunya," terang pihak agensi.

"Kami meminta cinta dan dukungan kalian untuk J-Hope sampai dia menyelesaikan dinas militernya dan kembali dengan selamat. Perusahaan kami tidak akan menyia-nyiakan upaya dalam memberikan dukungan untuk artis kami. Terima kasih," tambah mereka.

Sayangnya, pihak agensi belum memberi tahu tanggal keberangkatan J-Hope BTS ke pusat pelatihan militer. Mereka akan memberitahu secara detail dalam waktu dekat ini.

J-Hope kabarnya akan menjadi anggota BTS kedua yang mengikuti wajib militer setelah Jin. Anggota BTS lainnya melepas Jin mengikuti wamil pada 13 Desember 2022 lalu.

Setelah bertahun-tahun mengalami ketidakpastian, pada Oktober 2022 lalu BTS akhirnya mengumumkan bahwa mereka akan menjalani wajib militer. Jin adalah member pertama yang telah menjalani kewajiban tersebut. Sebelum menjalani wajib militer, para member BTS berencana untuk merilis proyek solo. Setelah seluruh member selesai menjalankan kewajibannya, BTS diperkirakan akan comeback sebagai grup pada 2025.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rencana Wamil

Rencana itu membuat para Army meyakini semua personel BTS bakal memulai wamil di tahun ini. Belum lama ini, J-Hope juga merilis film dokumenternya bertajuk J-hope IN THE BOX untuk merinci perjalanannya memproduksi album solo resmi pertamanya “Jack In The Box.”

J-Hope membuktikan bahwa grupnya boleh saja hiatus, tapi ketujuh membernya tetap bisa bersinar dengan caranya sendiri. Hal ini terlihat dalam film dokumenter yg menunjukkan "petualangannya" sebagai artis solo, J-Hope in the Box. Serial dokumenter ini tayang pada, Jumat (17/2/2023), atau sehari setelah ultahnya ke-29, di Disney Plus Hotstar.

J-Hope in the Box dibuka dengan petikan kisah Pandora, dan kotak bertuahnya. Rupanya, ini adalah "mukadimah" dalam penampilan panggung sang rapper di Lollapalooza, 31 Juli 2022 lalu. Saat itu ia menjadi salah satu headliner--alias bintang utama di festival musik tersebut.

Kala itu, pemilik nama asli Jung Ho Seok itu menampilkan lagu-lagu dari debut album solonya, Jack in the Box. Namun setelah sekilas digempur ingar bingar panggung, penonton diajak mundur sejenak, menuju hari-hari menjelang album ini dirilis. Tepatnya pada listening party yang digelar J-Hope.

Melansir kanal Showbiz Liputan6.com, sejak awal, penonton yang tak familiar pribadi pria asal Gwangju ini mulai diajak mengenal sosok J-Hope sebagai seorang musisi. Ia begitu teliti memeriksa langsung elemen demi elemen dalam penampilannya di Lollapalooza maupun listening party. Mulai dari performa para penari yang mengiringinya, hingga visualisasi layar di atas panggung.

 

3 dari 4 halaman

Sisi Manusiawi J-Hope

Jangan kira J-Hope "lembek" karena dikenal murah senyum. Untuk urusan pekerjaan, ia mengutarakan keberatan maupun kritik secara tegas.Sepanjang film, memang terlihat ia begitu passionate untuk hal-hal yang menyangkut karyanya. Bahkan hal ini pun diangkat dalam album solonya tersebut.

Dunia J-Hope sebagai idol K-Pop mungkin terasa "jauh" bagi sebagian penonton--terutama yang bukan ARMY. Namun ada sejumlah kepingan di dalam dokumenter ini yang begitu manusiawi, membuat sosoknya terasa membumi.

Mengingatkan bahwa sebelum menjadi J-Hope sang member BTS, ia adalah manusia penuh mimpi bernama Jung Ho Seok, termasuk obrolan dengan keluarga di meja makan, saat ia mengeluh pada ibunya bahwa kakinya kapalan lagi.

J-Hope juga tak segan mengekspos kerapuhannya di depan kamera. Ia dengan jujur mengutarakan sangat gugup menghadapi panggung Lollapalooza. Atau bahkan saat ia tengah meragukan kemampuan dirinya sendiri."Tak ada yang tahu apakah apinya akan terkendali. Haruskah kubiarkan untuk membara, atau haruskah kupadamkan sehingga yang tersisa hanya abu?" kata dia.

 

4 dari 4 halaman

Tugas Militer Jin

Dokumenter ini sudah pasti jadi daftar "tontonan wajib" untuk ARMY untuk berbagai alasan. Mulai dari obat kangen (karena para member BTS ikut tampil sekilas di film ini), hingga berbagai fakta ringan dan menarik seputar penampilan J-Hope di Lollapalooza.

Sementara itu, kepergian Jin untuk wamil berlangsung tertib. Sesuai arahan agensi, Bighit Music, fans tak berkerumun untuk melepas idolanya. Pihak agensi pun kembali merilis pernyataan untuk para penggemar. Pihaknya berterima kasih atas dukungan yang terus dicurahkan kepada Jin yang sedang menjalani tugas militer.

"Terima kasih untuk semua penggemar yang selalu memberikan cinta mereka untuk BTS.  Berkat dukungan kalian, anggota BTS Jin telah memasuki militer pada bulan Desember dan sekarang menjalankan tugasnya dengan penuh tanggung jawab di kamp pelatihan," terang pihak agensi dikutip dari Soompi, Kamis (5/1/2023).

"Terima kasih telah menunjukkan minat dan dukungan kalian pada hari pendaftarannya. Kami ingin membagikan informasi tambahan untuk para penggemar untuk diperhatikan selama masa wajib militer Jin," lanjutnya. BigHit mengimbau penggemar untuk berhenti mengirim surat kepada Jin atas beberapa pertimbangan. Saat ini, Jin berada di pusat pelatihan bersama personel militer reguler.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.