Sukses

6 Fakta Restoran Bilik Kayu Heritage yang Disebut KPK Milik Rafael Alun Trisambodo

Restoran Bilik Kayu Heritage mendadak viral setelah kasus penganiayaan David oleh Mario Dandy yang kemudian diketahui sebagai anak dari Rafael Alun Trisambodo.

Liputan6.com, Jakarta - Deputi Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Pahala Nainggolan membenarkan, eks pejabat pajak Rafael Alun Trisambodo adalah pemilik Restoran Bilik Kayu Heritage di Yogyakarta. Menurut Pahala, restoran tersebut adalah satu dari enam perusahaan milik Rafael yang terdaftar di Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) sebagai surat berharga.

"Iya (termasuk)," kata Pahala saat dikonfirmasi wartawan soal kepemilikan restoran terkait dengan Rafael Alun, seperti dikutip dari kanal News Liputan6.com, Rabu (1/3/2023).

Pahala menjelaskan, nilai surat berharga Rafael Alun Trisambodo yang tertulis di LHKPN adalah Rp1.556.707.379. Namun demikian, nilai tersebut masih terus ditelusuri perusahaan apa saja yang andilnya dimiliki oleh Rafael sesuai dengan yang tercantum di LHKPN sebagai surat berharga.

Bilik Kayu Heritage Resto beberapa hari belakangan ini memang banyak jadi bahan pembicaraan. Resto ini mendadak viral setelah kasus penganiayaan David oleh Mario Dandy yang kemudian diketahui sebagai anak dari Rafael Alun Trisambodo.

Awalnya, resto tersebut banyak dibicarakan karena diduga milik Ernie Meike Torondek, ibu dari Mario Dandy. Restoran Bilik Kayu Heritage merupakan rumah makan mewah yang memadukan nuansa kearifan lokal dengan gaya modern. Bilik Kayu Heritage punya beberapa bagian bangunan yang berbentuk khas joglo, tapi masih dalam satu kompleks.

Melansir kanal Regional Liputan6.com, restoran yang berlokasi di Jalan Ipda Tut Harsono 72, Timoho Muja Muju, Umbulharjo, Yogyakarta ini dibuka mulai pukul 10.30 WIB sampai 23.00 WIB. Mengutip sejumlah sumber, berikut enam fakta seputar Restoran Bilik Kayu Heritage yang dimiliki ayah Mario Dandy Satriyo.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Dapat Ulasan Negatif

Saat beredar informasi Bilik Kayu Heritage milik keluarga Dandy, warganet langsung mencari tahu dan memberi ulasan terhadap restoran tersebut. Warganet yang marah atas penganiayaan yang dilakukan Mario Dandy terhadap David, sebagian besar memberi ulasan negatif di sejumlah platform perjalanan wisata.

Salah satunya di TripAdvisor. Kita bisa menemukan banyak komentar negatif di laman tersebut. Tapi sebelum terjadi kasus Mario Dandy, sebagian besar warganet menuliskan komentar postif.

"Kotor tempat ini pemiliknya tidak taat pajak dan tidak mendidik anak dengan baik menganiaya anak org sampai koma. Bergaya hidup hedon padahal cuma pegawai eselon, dipertanyakan asal usul harta 56 milyarnya,” komentar seorang warganet.

"Kecewa makan di sini rasanya seperti bau uang pajak rakyat . lingkungannya pumayan bersih tapi kurang tau karyawannya ada yg potong gaji gak ya," komentar warganet lainnya.

"Bilik kayu resto merupakan salah satu tempat makan yg asyik, baik untuk komunitas kecil maupun family, akan lebih berkesan jika berkumpulmalam hari. Pelayanan yg ramah, sopan dan tidak terlalu lama kami menunggu makanan datang (mengingat kami ber-12) merupakan nilai plus utk resto ini," komentar warganet lainnya sebelum munculnya kasus Mario Dandy.

2. Makin Ramai

Meski banyak diulas negatif di platform perjalanan wisata, Bilik Kayu Heritage Resto tenyata masih dikunjungi banyak orang. Melansir merdeka.com, Minggu, 26 Februari 2023, ada beberapa wisudawan yang merayakan kelulusannya di resto tersebut bersama keluarga dan sahabatnya pada Sabtu, 25 Februari 2023.

Salah seorang pengunjung bernama, Anto (34) mengatakan dirinya memang sudah beberapa kali datang ke sana. Namun, usai menjadi viral di media sosial, Anto kembali datang untuk membuat konten video di media sosialnya.

"Kalau untuk menunya hampir mirip dengan resto maupun kafe lainnya. Harganya juga standarlah buat resto kelas menengah ke atas," terang Anto.

3 dari 4 halaman

3. Menu Makanan

Resto ini menawarkan menu-menu masakan khas Indonesia dan luar negeri. Untuk harga makanan bervariasi, mulai dari Rp50 ribu sampai Rp100 ribuan.

Ada lima menu top yang jadi kegemaran pelanggan di Bilik Kayu Heritage yaitu Gurame Garang Asam, Sop Buntut, Nasi Goreng Spesial BK, Bakmi Jawa Kuah dan Tom Yam Soup.

Selain makanan berat, Bilik Kayu Heritage Resto juga menyajikan sejumlah menu kopi dan snack sebagai pendampingnya. Ada beberapa minuman tradisional seperti Wedang Bilik Kayu, Wedang Serai, Wedang Uwuh hingga Wedang Jahe yang bisa dipilih.

4. Konsep Bangunan

Untuk konsep bangunan, Anto menyebut jika Bilik Kayu Heritage Resto memiliki kekhasan diarsitekturnya atau bangunannya. Konsep bangunan Jawa bertipe joglo menjadi pilihan yang diusung oleh Bilik Kayu Heritage Resto.

Ada empat joglo berukuran besar yang dipakai di Bilik Kayu Heritage Resto. Joglo-joglo ini diperkirakan berusia tua atau kunoSelain bangunan Joglo, resto juga dilengkapi dengan taman-taman yang asri beserta pepohonan rindang yang membuat suasana menjadi sejuk

 

4 dari 4 halaman

5. Dipakai untuk Acara Besar

Bilik Kayu Heritage memiliki luas bangunan yang cukup besar. Restoran ini juga terbagi dengan tujuh venue yang berbeda, dengan masing-masing kegunaan yang disesuaikan untuk keperluan tamu yang datang.

Tak heran, restoran ini menjadi langganan para pelaku usaha, pejabat, atau pun masyarakat yang ingin menggelar acara besar. Acara pernikahan, pesta ulang tahun, gatherimg, dan rapat besar pun bisa diadakan di restoran ini. Salah satu situs penyelenggara pernikahan terkemuka juga memasukkan Bilik Kayu sebagai salah satu rekomendasi tempat pernikahan di Jogja.

6. Nyaman dan Strategis

Menurut pengunjung lainnya bernama Ayu, lokasi restoran ini berada di tengah kota dan strategis sehingga menjadi pilihannya untuk menunggu maupun janjian dengan teman maupun partner bisnisnya.

"Tempatnya di tengah, strategis. Selain itu tempatnya juga asri dan lingkungannya tenang. Jadinya nyaman kalau kita di sini," terang Ayu. Pengunjung pun bisa memilih tempat di dalam maupun di luar ruangan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.