Sukses

5 Tips Mengatur Keuangan untuk Traveling dan Self Reward yang Menyenangkan

Untuk liburan yang hemat dan menyenangkan, wajib sekali memanfaatkan berbagai promo dan event travel fair yang hadir di kota kamu.

Liputan6.com, Jakarta Traveling telah menjadi bagian penting gaya hidup dan self reward masyarakat modern, terlebih generasi muda yang gemar berpetualang. Dengan traveling, bukan hanya untuk refreshing dan mencari pengalaman baru, tetapi juga membuat konten perjalanan yang bisa dibagikan ke media sosial.

Mengingat traveling membutuhkan biaya yang tidak sedikit, maka perlu sekali mempersiapkan keuangan yang matang agar perjalanan jadi seru dan menyenangkan. Bagaimana memulainya? Ikuti beberapa tips mengatur keuangan untuk traveling dan self reward berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Tujuan Traveling

Pengaturan keuangan dimulai dengan pemilihan tujuan traveling. Dari sini, kamu akan mengetahui gambaran durasi, akomodasi, transportasi, dan berbagai hal lainnya yang berkaitan dengan gaya liburan kamu. Entah itu menggunakan moda transportasi umum atau road trip dengan kendaraan pribadi. Tujuan jadi hal pertama yang harus kamu miliki

3 dari 6 halaman

2. Anggaran Liburan

Setelah memiliki tujuan traveling, selanjutnya membuat anggarannya. Di samping pengeluaran tiket perjalanan dan penginapan, kamu perlu menganggarkan biaya kuliner, memasuki objek wisata, dan perlengkapan lainnya yang diperlukan untuk selama traveling. Saat membuat anggaran ini, perlu juga membuat pos dana tak terduga. Sebab saat liburan ada saja pengeluaran yang tak disangka dan memang wajar bila sesekali membuat pengeluaran khusus sebagai bagian self reward.

4 dari 6 halaman

3. Sumber Dana

Begitu sudah mengetahui perkiraan budget  traveling yang diperlukan, selanjutnya adalah memikirkan sumber dananya. Apakah diambil dari tabungan yang selama ini kamu miliki atau  menyisihkan penghasilan bulanan? Ataukah menggunakan salah satu kartu kredit untuk pembayaran tiket pesawat dan hotel?

5 dari 6 halaman

4. Jadwal Traveling

Tentukan apakah kamu akan traveling di akhir pekan atau di hari biasa? Berapa hari kamu harus mengambil cuti? Bila memilih hari libur atau momen libur panjang, kamu juga harus siap dengan kenaikan biaya akomodasi dan transportasi. Namun, itu bisa disiasati bila melakukan pemesanan jauh-jauh hari. Jadi, untuk traveling yang lebih bersahabat bagi kantong, kamu perlu memilih jadwal perjalanan yang pas.

6 dari 6 halaman

5. Manfaatkan Promo

Untuk liburan yang hemat dan menyenangkan, wajib sekali memanfaatkan berbagai promo dan event travel fair yang hadir di kota kamu. Bukan itu saja, kamu juga bisa berburu promo dan dari maskapai penerbangan, kereta api, online travel agent hingga perbankan dengan metode pembayaran kartu debit atau kredit. Semakin banyak potongan harga atau cashback yang didapatkan, maka bujet yang tersisa bisa dialokasikan untuk pengeluaran yang lain. Entah itu membeli oleh-oleh dan belanjaan lainnya sebagai self reward. 

Itulah beberapa tips mengatur keuangan traveling dan memberikan self reward. Untuk melengkapi pengelolaan keuangan, download BTN Mobile sebagai solusi kebutuhan finansialmu. Dengan menggunakan smartphone, kamu dapat dengan mudah melakukan berbagai layanan perbankan secara realtime, dimanapun dan kapanpun.

Buka rekening bisa kapan aja dan dimana aja, ga perlu siapin waktu panjang. Sekalipun lagi traveling, kamu bisa buka rekening dan melakukan transaksi keuangan. Selama traveling pastikan juga pengeluaranmu gak boncos, pantau dengan fitur cash flow atau arus kas di BTN Mobile.

Sekarang waktunya download BTN Mobile di App Store atau Google Play untuk semua kebutuhan finansial kamu. Pakai BTN Mobile! Sat-set buka rekening dalam genggaman. Mudahkan Hidup Digitalmu bersama BTN Mobile karena #HidupGakCumaTentangHarilni

Untuk info lebih lanjut kunjungi bit.ly/btnmobile atau hubungi Contact Center BTN 1500286.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.