Sukses

Bisnis Perlengkapan Pesta Milik Ibu Kate Middleton Sedang Tak Baik-Baik Saja, Efek Krisis Ekonomi Inggris?

Kate Middleton pernah bekerja membantu ibunya mengelola bisnis perlengkapan pesta sebelum menikah dengan Pangeran William.

Liputan6.com, Jakarta - Ibunda Kate Middleton, Carole Middleton mengaku bisnis Party Pieces, layanan perlengkapan pesta yang didirikannya saat ini menghadapi kesulitan. Hal itu lantaran permintaan pelangggan menurun akibat krisis biaya hidup yang menimpa banyak warga Inggris.

Melansir dari Daily Mail pada Senin, 6 Februari 2023, pihaknya kini sedang berselisih dengan pemasok atas perjanjian pembayaran yang terlanjur dibuat. Menurut Carole, ia melihat gelagat buruk dari bisnisnya sejak Natal tahun lalu.

"Carole menjelaskan bahwa ini adalah Natal yang mengerikan, dan diperburuk oleh pemogokan (pengiriman) pos," ujar salah satu sumber pada Daily Mail.

Carole sedang mengusahakan yang terbaik untuk meningkatkan prospek bisnisnya dan terjun langsung bernegosiasi dengan para pemasok untuk meminta keringanan pembayaran. "Dia menjelaskan bahwa ingin melakukan bisnis dengan mereka (pemasok) tetapi menginginkan pesyaratan pembayaran barang selama 90 hari bukan 30 hari seperti biasanya," ujar sumber tersebut.

Namun, penawaran yang dilakukan oleh Carole itu tidak berhasil membuat pemasok menjadi luluh karena kondisinya saat ini. Mereka tidak bisa menerima untuk pembayaran kredit selama 90 hari.

Pada 2021, bisnis milik ibu Kate Middleton ini merugi sebesar 285.506 pound sterling atau setara dengan Rp5,1 miliar sehingga total defisit keuangan pada tahun itu menjadi 1,35 juta pound sterling atau Rp24 miliar. Kerugian besar itu sebagai konsekuensi dari investasi berkelanjutan dalam  rencana pertumbuhan perusahaan, termasuk peluncuran divisi grosir dan pembukaan wilayah baru di Amerika Serikat, Eropa, dan Timur Tengah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pesta Ulang Tahun

Meski begitu, ibu Kate Middleton tetap menggelar pesta ulang tahunnya ke-68 pada Selasa, 7 Februari 2023. Dia juga sempat membagikan peringatan ulang tahunnya tersebut di Instagram bisnisnya @partypieces.

Dalam unggahan tersebut terlihat Carole tersenyum dan berdiri dengan beberapa balon berbintang yang berwarna cerah. Dia pun menyematkan keterangan, "Apakah hanya saya atau Januari telah berlalu? Artinya ini hampir ulang tahun saya. Saya sering pergi berlibur untuk ulang tahun saya, tetapi tahun ini saya membawa sinar matahari kepada saya dengan mengadakan pesta yang menampilkan banyak warna cerah dan berani. Jika Anda akan segera berulang tahun, lihat hasil edit saya di situs web untuk mendapatkan inspirasi."

Pada ulang tahun ke-67, Carole sempat membagikan potret masa lalunya. Dalam foto tersebut terlihat Carole yang sedang tersenyum ke kamera bersama ketiga anaknya yang sedang menggunakan topi kerucut ulang tahun dan meniup terompet lidah. Berdasarkan penelusuran People, gadis yang berada di sebelah kanan adalah Kate Middleton, sedangkan kedua adiknya bermain di sisi kiri Carole.

3 dari 4 halaman

Terinspirasi Kate Middleton

Carole masih ingat, bisnis yang dijalaninya saat ini terinspirasi saat Kate Middleton ingin merayakan ulang tahunnya kelima. Melansir People, Party Pieces didirikan karena saat itu ketika ia mencari perlengkapan pesta untuk Kate, toko yang didatanginya tidak memiliki barang yang unik.

"Yang bisa saya temukan hanyalah piring badut besar," tuturnya. "Saya menyadari ada celah di pasar perlengkapan pesta yang tidak terlalu mahal dan terlihat bagus, jadi saya memutuskan untuk mendesain sendiri."

Dia sempat membawa sampel ke berbagai peritel di High Street, Inggris, namun ditolak. Tapi, ia tak menyerah. Dia mulai membangun bisnisnya di atas meja dapur rumahnya di Berkshire, Inggris pada 1987.

Bisnisnya terbukti sukses dan tiga dekade bisnis tersebut berjalan Carole masih meluncurkan produk baru untuk menarik perhatian para pembeli. Ketiga anak Carole, yaitu Kate, James, dan Pippa Middleton, pernah membantu ibunya menjalankan bisnis tersebut.

"Anak-anak saya terus menginspirasi saya dan, saat mereka tumbuh dewasa, merek kami telah berkembang," jelas Carole.

4 dari 4 halaman

Terinspirasi dari Bisnis Ibu

Sempat membantu bisnis ibunya, peran Kate dalam mengembangkan perlengkapan pesta untuk bayi dan anak-anak kecil ternyata berkorelasi dengan pekerjaan kerajaan yang didirkannya, yaitu  Royal Foundation Center for Early Childhood pada 2021. Program ini ditujukan untuk  fokus menandai langkah penting terbaru dalam misi jangka panjangnya untuk membantu anak-anak dan orangtua, lima tahun pertama kehidupan seorang anak, dan bagaimana pengaruhnya terhadap masa depan mereka.

"Saya ingin meningkatkan kesadaran tentang mengapa lima tahun pertama kehidupan begitu penting untuk hasil kehidupan kita di masa depan, dan apa yang dapat kita lakukan sebagai masyarakat untuk merangkul kesempatan emas ini untuk menciptakan kehidupan yang lebih bahagia, masyarakat yang lebih sehat secara mental, lebih mengasuh," katanya pada People. 

Kate melihat Royal Foundation Center for Early Childhood memiliki kesetaraan dengan masalah global saat ini. Menurutnya, semakin banyak orang yang belajar tentang ilmu anak usia dini, perkembangan otak, ilmu sosial, dan artinya bagi kesehatan mental dewasa, semakin menyadari bahwa ini setara secara sosial dengan perubahan iklim. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.