Sukses

Rendang dan Bebek Panggang Menggoyang Lidah Delegasi ATF 2023 di Yogyakarta

Liputan6.com, Jakarta - Diplomasi kuliner Indonesia terus berlanjut di ASEAN Tourism Forum 2023 (ATF 2023) yang berlangsung di Yogyakarta. Untuk menjamu para delegasi dalam CNN Ministerial Luncheon, tuan rumah menyajikan kuliner khas Indonesia berupa rendang dan bebek panggang sebagai menu makan siang.

Acara yang digelar Hotel Marriott Yogyakarta pada Sabtu, 4 Februari 2023, rendang dan bebek panggang dipilih untuk menggoyang lidah para tamu karena kekayaan cita rasanya. Rendang sudah diakui sebagai salah satu makanan terbaik di dunia versi CNN pada 2021.

Makanan khas Sumatera Barat itu berbahan utama daging sapi yang dicampur dengan bumbu rempah-rempah, seperti bawang putih, bawang merah, lengkuas, serai, jahe, dan cabai. Proses memasaknya membutuhkan waktu lama karena dimasak dengan suhu rendah. Dalam proses memasak yang tradisional, yakni menggunakan kayu bakar, rasa dan aroma rendang menjadi sangat otentik.

Sementara, menu bebek panggang biasanya disajikan untuk menyambut tamu kehormatan. Bebek panggang juga selalu hadir di setiap momen Hari Raya Imlek karena melambangkan kebahagiaan dan keberkahan sepanjang tahun. Menu itu juga familiar di sejumlah negara ASEAN lain.

"Kami memiliki budaya yang beragam, kami memiliki alam yang indah dan tentu saja sejarah. Inilah yang kita miliki, ini adalah kesamaan kita," kata Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, kemarin.

Ia berharap lewat acara tersebut, kerja sama antar-negara di ASEAN bisa semakin erat. Tidak hanya untuk memulihkan sektor pariwisata, tapi juga membuka potensi wisata baru yang bermanfaat untuk masyarakat dan lingkungan.

"Seperti yang kita ingatkan tadi malam di Candi Prambanan, bahwa ASEAN as a destination every dream. Utamanya adalah bagaimana potensi ini bisa kita kemas menjadi sebuah konten menarik. Content is a king. Jadi ini adalah yang perlu kita miliki di wilayah ASEAN," kata Angela.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Etalase Budaya

Sebelumnya, Indonesia menggelar opening ceremony di Candi Prambanan pada Jumat malam, 3 Februari 2023. Para delegasi langsung disambut 1.000 penari dolalak yang berbusana kuning hitam. Tarian dolalak yang berasal dari Purworejo, Jawa Tengah itu adalah wujud akulturasi antara budaya Jawa dan Belanda. 

Gerakan dalam tarian ini mengadopsi gerak dansa dan pencak silat Jawa. Pertunjukannya diiringi sejumlah alat musik seperti jidhur, kendang, dan terbang. Para delegasi juga disuguhi tarian ‘Dewa Ruci’ yang menggambarkan kekuatan dan kegigihan seseorang dalam menemukan dan memahami jati diri.

Berlatar belakang kemegahan Candi Prambanan, seremoni pembukaan ATF diakhiri dengan pertunjukkan sendratari Ramayana yang menceritakan kisah cinta antara Rama dan Shinta. Perjalanan keduanya penuh dengan rintangan,yakni Rama harus menyelamatkan Shinta yang diculik oleh Raja Iblis bernama Rahwana.

Singkat cerita, Rama berhasil menyelamatkan Shinta dibantu oleh Hanoman si Raja Monyet. Namun, muncul keraguan dari dalam diri Rama atas kesucian Shinta selama diculik Rahwana sehingga ia meminta bukti dengan cara Shinta membakar diri. Shinta pun tidak lenyap terbakar api, justru diselamatkan Dewi Api sebagai bukti kebenaran dan kesucian Shinta.

Menurut Angela, suguhan atraksi seni dan budaya dalam acara opening ceremony ATF 2023 diharapkan dapat meninggalkan kesan yang baik bagi para delegasi tentang keindahan juga keragaman seni budaya yang ada di Indonesia, khususnya Pulau Jawa. "Sekaligus bisa menjadi sarana promosi pariwisata juga ekonomi kreatif yang efektif bagi para delegasi, sehingga mereka nantinya dapat bercerita lebih jauh tentang betapa indah dan menariknya alam dan budaya nusantara," kata Wamenparekraf.

 

3 dari 4 halaman

Acara Internasional Diperbanyak

 

Sementara, Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan, pariwisata adalah salah satu sektor yang krusial untuk memulihkan ekonomi, membuka lapangan kerja bagi masyarakat, serta menjadikan masyarakat tangguh dan berdaya. Ia berharap ATF dapat menjadi sebuah sarana untuk menghasilkan langkah konkret dalam memajukan sektor pariwisata.

"Saya sangat berharap, ASEAN Tourism Forum 2023 bisa melahirkan aksi nyata, ditandai adanya kerja sama antar-pemimpin sektor pariwisata di kawasan ASEAN, untuk mempercepat kebangkitan industri pariwisata dan perjalanan di ASEAN, serta merealisasikan Travel Exchange 2023," kata Wapres.

Ia juga meminta agar penyelenggaraan acara-acara berskala internasional di negara ASEAN terus diperbanyak. Ia beralasan keberhasilan penyelenggaraan event internasional adalah salah satu bukti kesiapan negara ASEAN untuk kembali menjadi magnet bagi wisatawan dunia, serta menunjukkan bahwa ASEAN mampu terus beradaptasi dan berkompetisi, menuju pariwisata yang lebih berkualitas di masa depan.

"Kita menaruh harapan besar, sektor pariwisata akan mengokohkan kawasan ASEAN sebagai kawasan yang stabil, damai, bermartabat, menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, serta mampu menjadi penyokong stabilitas perekonomian dunia," ujar Wapres.

Seremoni pembukaan ATF 2023 dihadiri oleh negara anggota ASEAN dan negara mitra seperti ASEAN Plus Three, India, Rusia, dan beberapa organisasi internasional lainnya, seperti UNWTO, PATA, WTTC, ASEANTA, dan US-ABC.

4 dari 4 halaman

Travel Expo

Agenda ATF 2023 juga dimeriahkan dengan Travel Expo (Travex) yang berlangsung di Jogjakarta Expo Center (JEC) pada 3--5 Februari 2023. Acara tersebut menjadi forum business to business (B2B) bagi para pelaku usaha pariwisata antara negara ASEAN, terdiri ASEAN NTOs, ASEAN Tourism Industries, Travel and Tourism Hospitality Industries, hotels & accommodation industries, TA/TO, serta pelaku MICE.

Pameran TRAVEX diikuti 10 negara ASEAN ditambah Rusia, India, China, Jepang, serta Korea Selatan. Total peserta yang terlibat adalah 207 perusahaan dan 115 sellers international dan eksibitor.

ATF juga menggelar Pameran Pariwisata Indonesia, UMKM Ekonomi Kreatif dan Festival Kuliner yang menargetkan konsumen langsung. Pameran diikuti lebih dari 160 pelaku UMKM, pemerintah daerah, dan industri pariwisata dari berbagai daerah tanah air berlangsung mulai 2 hingga 5 Februari 2023.

"Untuk yang B2B, total transaksinya masih dihitung, namun untuk B2C targetnya Rp5 miliar dan sejak pertama pameran (2/2/2023) transaksi dilaporkan sudah di atas Rp3 miliar," kata Sandiaga.

Menparekraf berharap target transaksi dalam dua kegiatan tersebut dapat tercapai. Selain itu, ia juga ingin pameran dapat mendorong inovasi di Tanah Air. "Harapannya bisa mencapai target yang menunjukkan ASEAN sebagai wonderful destination itu bisa kita capai," kata Sandiaga.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.