Sukses

Daftar 10 Kota Pariwisata Terkuat di Dunia Versi WTTC, Ada dari Indonesia?

Indeks kota pariwisata terkuat di dunia pada 2022 ini melihat di mana wisatawan menghabiskan uang paling banyak.

Liputan6.com, Jakarta - Indeks kota pariwisata terkuat di dunia pada 2022 versi World Travel & Tourism Council (WTTC) telah dirilis. Badan industri perjalanan nirlaba yang berbasis di Inggris ini menganalisis data pariwisata tahun lalu untuk melihat di mana wisatawan menghabiskan uang paling banyak.

Melansir CNN, Jumat (20/1/2023), daftar keseluruhan kota wisata paling kuat tidak hanya memperhitungkan tiket museum dan kamar hotel. Faktor lainnya adalah seberapa banyak pemerintah setempat, serta bisnis lokal dan nasional berinvestasi di kota-kota ini sebagai destinasi wisata.

Dari analisis tersebut, Paris muncul di peringkat teratas, disebut sebagai kota yang tengah bersiap jadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas 2024. Meski kurang dari lima persen fasilitas baru akan dibangun demi Olimpiade, kota ini mencurahkan sumber daya untuk infrastruktur, keamanan, dan tindakan lain yang akan membantu mereka bersiap jadi tuan rumah acara olahraga empat tahunan tersebut.

Dengan penghitungan itu, total keseluruhan pariwisata ibu kota Prancis mencapai 35,6 miliar dolar AS. Sementara itu, Asia hanya diwakili kota-kota di China dan Jepang, tanpa Indonesia masuk dalam daftar. Tiga kota di Tiongkok: Beijing, Shanghai, dan Guangzhou, jadi representasi kuat.

Destinasi China lainnya juga disebut sedang naik dalam indeks, hanya saja belum sampai 10 besar. Secara khusus, destinasi bahari Sanya di Pulau Hainan, dan Makau disebut-sebut sebagai tempat yang harus diperhatikan di masa depan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bakal Mendominasi?

China telah banyak berinvestasi di sektor pariwisata dan terus mengiklankannya pada pelancong internasional karena perbatasannya telah dibuka kembali pada 8 Januari 2023. Makau adalah satu-satunya kota di China dengan perjudian legal, dan lebih mudah bagi sebagian besar turis untuk pergi ke sana tanpa visa, tidak seperti wilayah daratan utama.

WTTC memperkirakan bahwa pada 2032, China akan mendominasi peringkat daftar kota pariwisata terkuat di dunia. "Kota-kota besar, seperti London, Paris, dan New York akan tetap jadi pusat kekuatan global. Tapi, selama beberapa tahun ke depan, Beijing, Shanghai, dan Makau akan naik ke daftar tujuan kota teratas," kata Julia Simpson, Presiden & CEO WTTC.

Wakil Asia lainnya adalah Tokyo, Jepang. Di belahan lain dunia, beberapa kota Amerika Serikat (AS) tercatat dalam daftar tersebut. Mereka adalah Orlando, New York City, dan Las Vegas. Sementara setiap kota menghasilkan banyak uang dari pariwisata, mereka melayani berbagai jenis wisatawan.

3 dari 4 halaman

Siapa yang Tidak Masuk Peringkat?

Orlando populer dengan pelancong keluarga yang mengunjungi taman hiburan kota. Las Vegas adalah pusat perjudian dan kehidupan malam yang dikenal secara internasional. Lalu, New York menarik pecinta kuliner dan pecinta seni. Dari grup ini, Orlando adalah penghasil tertinggi, meraup 31 miliar dolar AS untuk tahun 2022.

Yang juga masuk dalam daftar adalah Mexico City dan London yang masing-masing menempati urutan kedelapan, dan kesembilan untuk melengkapi peringkat. Dalam beberapa hal, sama menariknya untuk melihat siapa yang tidak masuk dalam daftar.

Dua kelalaian yang mengejutkan terjadi di Timur Tengah, yang popularitasnya meroket selama dekade terakhir. Meski Dubai yang penuh kemewahan dan tuan rumah Piala Dunia sepak bola Doha menduduki puncak daftar pendapatan pariwisata terbanyak.

Skor mereka tidak setinggi kategori lain dan berakhir di luar daftar 10 besar. Amsterdam, Barcelona, dan Singapura juga jadi korban fenomena yang sama, mencetak skor tinggi untuk jumlah uang yang dibelanjakan pengunjung, tapi tidak masuk dalam daftar "paling kuat" secara keseluruhan.

4 dari 4 halaman

Kota Pariwisata Terkuat di Dunia Tahun 2022

Secara lengkap, berikut daftar 10 besar kota pariwisata terkuat di dunia tahun 2022:

1. Paris, Prancis

2. Beijing, China

3. Orlando, Florida, AS

4. Shanghai, China

5. Las Vegas, Nevada, AS

6. New York, New York, AS

7. Tokyo, Jepang

8. Mexico City, Meksiko

9. London, Inggris

10. Guangzhou, China

Sebelumnya, Eropa mendominasi daftar Destinasi Kota Teratas tahun 2022. Ini merujuk pada laporan yang dirilis perusahaan riset pasar yang berbasis di Inggris, Euromonitor. Melansir CNN, laporan tahunan itu membandingkan daya tarik 100 kota di seluruh dunia dalam enam kategori.

Indikatornya termasuk kebijakan dan kinerja pariwisata, keberlanjutan, infrastruktur, kesehatan dan keselamatan, serta kinerja ekonomi. Analisis itu membuat Paris memegang posisi teratas dalam Indeks 100 Destinasi Kota Teratas selama dua tahun berturut-turut.

Sementara, delapan dari 10 kota teratas adalah tetangganya di Eropa. Laporan baru yang diperoleh secara eksklusif oleh CNN, memuji ibu kota Prancis sebagai "destinasi dengan kinerja terbaik di dunia," karena "kinerja luar biasa di seluruh pilar Kebijakan dan Daya Tarik Pariwisata, Infrastruktur Pariwisata, dan Kinerja Pariwisata."

Berikut daftar 10 Besar Destinasi Kota Teratas Tahun 2022:

1. Paris

2. Dubai

3. Amsterdam

4. Madrid

5. Roma

6. London

7. Munich

8. Berlin

9. Barcelona

10. New York 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.