Sukses

Gaun Putri Diana Bakal Dilelang untuk Kali Pertama dalam 25 Tahun, Diprediksi Terjual Rp1,8 Miliar

Gaun beludru ungu yang akan dilelang itu dikenakan Putri Diana untuk potret resmi Kerajaan Inggris dan Vanity Fair.

Liputan6.com, Jakarta - Membahas gaya pakaian, termasuk gaun yang pernah digunakan Putri Diana, seakan tiada habisnya. Salah satu gaun wanita yang disebut sebagai ikon fesyen dunia itu akan dilelang untuk pertama kalinya dalam 25 tahun terakhir.

Gaun beludru ungu itu dikenakan Diana untuk potret resmi Kerajaan Inggris pada 1991 dan untuk Vanity Fair pada 1997, tepat sebelum ia meninggal dunia.  Melansir laman Sotheby's, gaun ungu itu diperkirakan bakal laku dengan harga mulai 80 ribu dolar AS atau sekitar Rp1,2 miliar.

Harga tertinggi lelang diperkirakan bakal mencapai 120 ribu dolar AS atau sekitar Rp1,8 miliar.  Dilansir dari laman Tatler, Rabu, 11 Januari 2023, gaun ungu Putri Diana merupakan karya desainer Victor Edelstein yang menampilkan garis leher penggunanya dengan bentuk hati di bagian dada dan rok berbentuk tulip.

Sebelum lelang mendatang, dress yang sama terakhir dijual 24 ribu dolar AS atau sekitar Rp360 juta pada 1997, selama lelang amal Christie yang menampilkan 79 gaun sumbangan Diana. Penjualan secara kolektif kala itu mencapai 3,25 juta dolar AS (sekitar Rp48 miliar) dan diberikan kepada organisasi AIDS dan kanker, termasuk Rumah Sakit Royal Marsden, tempat Diana menjabat sebagai pembina selama delapan tahun.

Gaun ungu tua itu merupakan bagian koleksi Edelstein's Autumn 1989. Sang desainer merancang tampilan khusus untuk sang Putri Diana lebih dari satu dekade.

Gaun itu ditampilkan dalam lukisan Douglas Hardinge Anderson pada 1991, serta boneka Franklin Mint pada 1998.  Edelstein merupakan perancang yang juga berada di belakang "Travolta Dress" biru yang dikenakan Diana.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Badan Amal

Gaun beludru panjang yang terkenal saat dia menari dengan aktor Hollywood tersebut saat berada di White House, Amerika Serikat. Gaun Travolta dijual 264 ribu pound sterling atau sekitar Rp5 miliar pada 2019 untuk sebuah badan amal setelah gagal dijual di pelelangan. Sementara itu, gaun ungu Edelstein akan menjadi bagian dari lelang Sotheby's bertajuk The One pada 27 Januari 2023. 

Dari banyak gaun yang pernah dipakai, gaun pengantin Putri Diana merupakan salah satu gaun pengantin paling terkenal sepanjang masa. Gaun pengantin yang bervolume itu dilihat oleh 750 juta orang di seluruh dunia, ketika menyaksikan wanita berusia 20 tahun itu menikahi Pangeran Charles di Katedral St Paul pada Juli 1981.

Pada 2021 lalu, gaun itu sempat dipamerkan untuk pertama kalinya dalam 25 tahun di Istana Kensington, Inggris. Gaun tersebut bisa dilihat publik langsung mulai 3 Juni 2021, hanya beberapa minggu sebelum ulang tahun ke-60 Putri Diana. Penyelenggara mengatakan gaun itu "sekarang di antara yang paling terkenal dalam sejarah pengantin".

3 dari 4 halaman

Gaun Pengantin

Tap,i tahukah Anda ternyata ada banyak rahasia di balik gaun legendaris yang dibuat dari bermeter-meter sutra-taffeta ini? Berikut lima fakta gaun pengantin Putri Diana yang belum banyak diketahui seperti dilansir dari The Independent, Jumat (4/6/2021)

1. Putri Diana pilih desainer sendiri

David dan Elizabeth Emanuel adalah pasangan suami istri yang mendesain gaun ikonis itu. Pasangan yang kini telah bercerai itu dipilih oleh Lady Diana Spencer setelah mereka menciptakan beberapa gaun taffeta untuknya yang diterima dengan baik oleh publik dan pers.

Putri Diana bahkan menelepon studio desainer sendiri untuk menanyakan apakah mereka mau mengambil tugas yang monumental itu.

2. Ada noda di gaunnya

Menurut penata rias Diana, Barbara Daly, calon putri itu menumpahkan beberapa parfum Quelques Fleurs pada gaun berharganya di pagi hari menjelang pernikahan. Seperti yang diceritakan dalam buku Rosalind Coward, Diana: The Portrait, Daly mengatakan bahwa untuk menyembunyikan nodanya, pengantin wanita menyelipkannya di bagian depan gaun. Untungnya, dia juga memegang buket bunga besar yang menjuntai saat berjalan menyusuri lorong.

4 dari 4 halaman

3. Kekusutan yang mengejutkan

Jika Anda pernah melihat foto Putri Diana di hari pernikahannya dan bertanya-tanya, apakah roknya seharusnya sekusut itu? Jawabannya tidak. David Emanuel mengungkapkan bahwa dia terkejut melihat betapa kusutnya rok sutra-taffeta itu ketika ibu dari Pangeran William dan Harry itu muncul dari kereta yang membawanya ke katedral.

4. Kereta Pemecah Rekor Kerajaan

Kereta yang membawa Putri Diana bergaun pengantin juga menjadi fenomena tersendiri. Dengan panjang hampir delapan meter, kereta kuda itu memecahkan rekor sebagai yang terpanjang dalam sejarah pernikahan kerajaan.

Kereta tersebut dibuat dengan mekanisme yang dibuat khusus. Dalam gaun itu tersemat tapal kuda emas sebagai jimat keberuntungan yang disembunyikan di dalam kemben.

5. Gaun Pengecoh

Gaun pengantin Diana ternyata diperlakukan tak ubahnya seperti rahasia negara. Demi menjaga agar tidak bocor ke publik sebelum hari pernikahan, usaha ekstra diperlukan dengan menciptakan gaun pengecoh. Emanuels mendesain gaun lain dengan garis leher yang lebih menonjol dan renda yang lebih sedikit, ditambah ada rok cadangan, jika nantinya terjadi keadaan darurat busana.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.