Sukses

Tren Taruh Kentang dalam Kaus Kaki untuk Obati Flu, Benarkah Ampuh?

Tren menaruh kentang dalam kaus kaki yang diklaim bisa mengobati flu itu viral di TikTok.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak hal jadi tren di TikTok, termasuk memasukkan kentang di dalam kaus kaki untuk mengobati flu. Sebuah unggahan video diunggah oleh akun @isabelle.lux dengan keterangan 'Apa yang keluar dari badanku semalam?'.

Ia mencoba menaruh kentang di kaus kaki dan mendapati kentang tersebut berubah menjadi hitam keeskokan harinya. "Apakah ini detoksifikasi? Ada yang pernah dengar obat flu ini?" tulisnya.

Melansir dari Foot Wear News, Jumat, 6 Januari 2023, Isabelle Lux menyebutkan bahwa saat video itu diunggah, ia sedang mengalami flu dan merasa kaget dari trik obat tradisional dari kentang tersebut. Caranya hanya mendiamkan seiris kentang di dalam kaus kaki yang dipakainya semalaman.

"Tapi lihat, apa yang keluar dari tubuhku, kamu tidak bisa memberitahuku ini adalah hal yang sangat menjijikan di dunia," ucapnya sambil memegang kedua iris kentang yang sudah berwarna hitam. "Saya kaget dan menangis," tambahnya.

Beberapa saat kemudian, ia meminta para warganet memberitahu apa yang terjadi dengan kedua iris kentang tersebut menjadi berwarna hitam. Lux mengklaim dia sedang berjuang mengatasi "flu terburuk dalam hidupnya" dan mengakui bahwa trik itu tidak membantu menyembuhkannya.

Awalnya, ia mengikuti tren ini dari sebuah video lain, yaitu @food_over_rx yang sudah ditonton 6,6 juta kali oleh pengguna TikTok dan telah dibagikan sebanyak 51 ribu kali.

"Ambil kentang dan potong dua potong," seorang wanita sedang mengarahkan dalam video viralnya, menyoroti bahwa setiap irisan sayuran relatif tipis, menginstruksikan pemirsa tentang cara menyelesaikan perbaikan dengan benar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Video Viral Lainnya

"Letakkan di bawah telapak kaki masing-masing dan tutupi dengan kaus kaki semalaman." Keesokan paginya, si ibu menarik kaus kaki anak perempuannya dan menyebutkan, "Anda akan melihat jejak di bagian bawah kaki, yang benar-benar baik-baik saja."

"Anda kemudian akan melihat irisan kentang, yang sangat gelap. Itu karena racunnya dikeluarkan dan anak Anda merasa jauh lebih baik,” klaimnya. 

Influencer lainnya, Alicia North juga melakukan hal yang sama pada kedua kaki anak laki-lakinya dan juga miliknya. Pada video unggahan TikToknya tersebut, ia memamerkan kedua irisan kentang yang sudah digunakan semalaman dan membandingkannya dengan potongan kentang sebelumnya yang masih bersih.

Kemudian, ia juga memamerkan irisan kentang pada anaknya yang berumur tujuh dan 14 tahun yang menghitam setelah semalaman ditaruh pada kaus kaki. "Jadi apapun yang keluar dari tubuhku, aku percaya trik ini bekerja," tambahnya.

North juga telah mencoba beberapa trik kesehatan lainnya, seperti menggunakan inhaler dan menaruh bawang bombay pada kaus kaki.

3 dari 4 halaman

Komentar Warganet

Unggahan ini mendapat perhatian dari warganet yang turut berkomentar pada masing-masing video tersebut. “Saya dari Serbia, obat kentang adalah tradisi di daerah Balkan sejak masa kecil saya!!!” ujar akun @helenmossaa1111.

Beberapa warganet yang tertarik ingin langsung mencoba trik tersebut, seperti yang dilakukan oleh Danielle Latham. “Aku akan mencoba malam ini!!! Aku tidak bisa berhenti batuk. 102° demamku hari ini.”

“Aku akan mencobanya malam ini. Orang-orang di rumah sedang sakit dan aku juga agak sakit. Mari lihat apakah trik ini bekerja. Suamiku sedang mencoba dan dia sangat skeptis,” komen salah satu akun.

Sementara itu, beberapa warganet tidak percaya terhadap trik ini. “Kentang akan berwarna coklat meskipun di tempat yang bersih, namanya oksidasi. ❤damai.”

Akun lain, Monika Staniszewski menyebutkan, "panas dari kaki Anda akan membuat kentang teroksidasi lebih cepat.“Mustahil, itu hanya mitos. Kentang hanya membusuk ketika berada di tempat terpencil dan sangat hangat," tulis akun lain

4 dari 4 halaman

Tanggapan dari Ahli Medis

Melansir dari New York Post, Rabu, 4 Januari 2023, sejumlah ahli medis memperingatkan pengguna TikTok untuk tidak memberi harapan palsu dengan trik kentang. Sebaliknya, ada metode yang lebih baik dan terbukti untuk meringankan gejala flu.

Salah satu dokter yang populer di TikTok, Tommy Martin mengunggah video yang mendorong para penonton untuk mendaftarkan anak-anak mereka melakukan vaksinasi flu daripada mengisi kaus kaki dengan irisan kentang. "Hal ini tidak dapat menggantikan kunjungan ke dokter jika anak Anda sakit," tambahnya.

Sementara itu, seorang ahli gizi menjelaskan mengapa kentang tampak menghitam setelah dikeluarkan dari kaus kaki. Ia menyanggah klaim bahwa warna hitam berasal dari racun yang dikeluarkan dari tubuh. "Ketika kentang diiris terbuka, terkena udara dan panas tubuh maka akan terjadi pencokelatan enzimatik."

Menurutnya, pencoklatan enzimatik tersebut tercampur dengan asam klorogenat yang ada di kentang dan diletakkan pada kaki yang memiliki suhu lebih dari 30°celcius sehingga berubah menjadi hitam. "Kentang dalam kaus kaki tidak akan menyembuhkan flu," ia menegaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.