Sukses

Cuaca Membaik, Taman Nasional Karimunjawa Kembali Dibuka

Pembukaan kawasan dilakukan mulai tanggal 7 Januari 2023 dengan tetap memerhatikan informasi dari BMKG.

Liputan6.com, Jakarta - Balai Taman Nasional Karimunjawa (BTKNJ) kembali memberikan pembaruan informasi terkait aktivitas wisatanya. Dalam surat edaran terbaru dengan nomor: PG.1/T.34/TU/SET.1/01/2023 Tentang Kewaspadaan Kondisi Cuaca Buruk di Perairan Kepulauan Karimunjawa, BTNKJ memutuskan bahwa kawasan tersebut akan dibuka kembali.

"Sehubungan dengan kondisi cuaca yang semakin membaik di Perairan Kepulauan Karimunjawa, Balai Taman Nasional Karimunjawa mengambil langkah untuk membuka kembali aktivitas wisata," tulis surat edaran yang diterima Liputan6.com, Jumat malam, (6/1/2023). 

Pembukaan kawasan akan dilaksanakan mulai 7 Januari 2023 dengan tetap memerhatikan informasi dari BMKG mengenai anomali, prakiraan cuaca dan tinggi gelombang. "Himbauan kepada para pengunjung atau wisatawan Taman Nasional Karimunjawa untuk senantiasa melaksanakan prosedur keamanan di laut," tambah keterangan tersebut. 

Sebelumnya, BTNKJ sempat memutuskan untuk menutup Kawasan Taman Nasional Karimunjawa pada 1 Januari 2023. Tetapi kawasan yang ditutup hanyalah Taman Nasional untuk wisata alam saja.

Hal tersebut sempat dikonfirmasi kepada Kepala Sub Bagian Tata Usaha BTN Karimunjawa, Sutris Haryanta. "Di sana total terdapat 27 pulau yang masuk dalam kecamatan Karimunjawa. Namun yang kami nyatakan di situ (Instagram) adalah kawasan alam Karimunjawa untuk aktivitas wisata alam," sebutnya saat dihubungi Jumat siang, (06/01/2023). 

Mengutip dari kanal News Liputan6.com, 4 Januari 2023, lantaran cuaca yang buruk, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, sempat mengungkapkan agar masyarakat tidak khawatir akan distribusi bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite, Biosolar dan Dexlite untuk masyarakat di Kepulauan Karimunjawa, Jepara. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Objek Wisata Karimunjawa

Wisata Karimun Jawa adalah salah satu tempat yang terkenal dengan julukan The Paradise of Java. Terdapat sederet pulau dengan berbagai pesona mulai dari wisata pantai, bawah laut, hutan mangrove hingga potensi budaya yang dimiliki Karimunjawa membuat tempat wisata yang banyak diminati oleh para pelancong dari luar daerah, hingga mancanegara yang dikutip dari kanal Hot Liputan6.com, 15 Juli 2022.

Berikut beberapa tempat wisata di Karimunjawa:

1. Pulau Geleang

Pulau Geleang terkenal sangat keren juga indah, pengunjung bahkan bisa berenang di air yang biru dan jernih. Meski pulau ini memang memiliki ukuran kecil dibanding pulau yang lainnya, tetapi tempat ini bernuansa unik dan menakjubkan yang sayang sekali jika dilewatkan.

2. Pulau Tengah

Pulau ini cocok untuk pecinta wisata pantai, wisata karimunjawa ini memberikan sensasi tersendiri untuk pengunjung. Tidak hanya bisa bermain air, tapi wisatawan dapat memancing ikan sendiri bahkan terkadang kamu bisa mendapatkan cumi.

Pulau ini sangat tertata dengan rapi dan indah, pun terdapat dermaga kecil dari kayu jadi bisa digunakan untuk berjalan sambil berfoto dan seolah berjalan di tengah pantai. Jadi rekomendasi yang cocok untuk liburan keluarga bukan?

3 dari 4 halaman

3. Pulau Sintok

Salah satu wisata alam yang keren selanjutnya di Karimunjawa adalah Pulau Sintok. Tempat ini tidak hanya punya pantai yang indah akan tetapi menyuguhkan berbagai pemandangan bawah laut yang keren. Sama seperti pulau yang lain, pengunjung yang datang ke sini dapat melakukan snorkeling. Pulau ini juga sangat luas, bahkan memiliki luas 21 hektar dan terletak di sebelah timur pulau Karimunjawa.

4. Pantai Batu Putih

Wisata Karimunjawa yang tak boleh untuk dilewatkan adalah Pantai Batu Putih. Wisata yang merupakan andalan ini, dikunjungi banyak wisatawan yang ada di karimun jawa maupun wisatawan luar daerah. Pantai yang terletak kurang lebih 15 km dari kota ini punya sensasi wisata alam Pantai Batu Putih yang indah dengan air biru yang amat jernih. Tempat ini pun terdapat bongkahan batu berwarna putih yang akan terlihat saat air mulai surut.

5. Pantai Legon Lele

Pantai Legon Lele adalah pantai yang berada di sebelah timur pulau Karimun jawa. Bukan hanya pantai, Legon Lele punya hutan mangrove yang sangat asri. Meskipun jarang dikunjungi dan menjadi salah satu wisata karimun jawa yang tersembunyi, dampak baiknya tempat ini  sangat terjaga dengan baik. Ketika berkunjung ke Pantai Legon Lele ini, jangan lupa untuk mengabadikan momen bernuansa hutan yang alami.

4 dari 4 halaman

6. Pulau Gosong

Pantai yang satu ini punya keunikan yang sangat keren, wisata Karimunjawa ini terdapat endapan pasir di tengah lautan. Pulau ini juga dijuluki pulau timbul tenggelam lantaran hanya akan muncul ke permukaan ketika pukul 09.00 WIB hingga 17.00 WIB sore.

Selebihnya pulau ini akan tertutup. Ketika berada disini, pengunjung bisa menikmati keindahan dan panorama yang indah sejauh mata memandang. Jangan lewatkan mengabadikan momen berlatar endapan pasir yang jarang dimiliki oleh semua pantai yang ada di karimun jawa.

7. Pulau Menjangan Besar

Wisata karimun jawa yang satu ini adalah salah satu pulau yang cukup besar dan dekat dengan dermaga. Sewaktu pengunjung yang datang kesini, bisa menikmati dan melihat matahari yang terbenam dengan indah.

Pulau Menjangan Besar tidak hanya indah tetapi juga unik, sebab terdapat tempat penangkaran hiu. Bahkan para wisatawan yang datang juga bisa berenang bersama hiu, juga bisa bertemu penyu dan binatang laut lainnya. Hiu yang berada di pulau ini jinak, sehingga pengunjung bisa berenang di  tempat ini. Tempat ini adalah destinasi favorit bagi wisatawan, jangan lewatkan untuk berfoto bersama biota lautnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.