Sukses

Pengaruh Label Dampak Iklim pada Menu Makanan Cepat Saji

Para peneliti membagi label dampak iklim pada menu makanan cepat saji ini dalam tiga kategori.

Liputan6.com, Jakarta - Label dampak iklim pada menu makanan cepat saji dinilai bisa menjauhkan orang dari memesan daging sapi, makanan dengan dampak terburuk pada iklim. Selain, juga mendorong konsumen menuju makanan lebih baik untuk planet ini, menurut penelitian baru.

Melansir SCMP, Selasa, 3 Januari 2023, sistem pangan menyumbang kira-kira sepertiga dari emisi gas rumah kaca global, dan sebagian besar berasal dari beternak sapi dan hewan ternak lain. Saat orang mencari solusi iklim untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dengan cepat, "salah satu perubahan terbesar yang dapat kita lakukan adalah mengurangi konsumsi daging merah," kata Julia Wolfson, seorang profesor di Sekolah Kesehatan Masyarakat Johns Hopkins Bloomberg, dan salah satu peneliti di balik studi baru ini.

Demi mencari cara mengubah perilaku konsumen, Wolfson dan rekannya di Johns Hopkins, Universitas Harvard, dan Universitas Michigan membuat percobaan untuk menguji dua jenis label dampak iklim pada menu makanan cepat saji.

Para peneliti secara khusus menargetkan makanan cepat saji karena merupakan sumber utama konsumsi daging sapi di Amerika Serikat (AS). Lebih dari sepertiga orang Amerika mengonsumsi makanan cepat saji pada hari tertentu.

Menggunakan menu rantai makanan cepat saji yang besar sebagai model, para peneliti menghasilkan tiga versi menu: satu tanpa label dampak iklim, yang kedua dengan label merah di bawah setiap pilihan daging sapi yang mencatat "dampak iklim tinggi," dan yang ketiga dengan label hijau yang mencatat "dampak iklim rendah" di bawah makanan ayam, ikan, dan vegetarian.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hasil Studi

Sekitar 5.000 peserta secara acak ditugaskan untuk melihat salah satu dari tiga menu. Mereka kemudian diminta memilih item yang secara hipotesis ingin mereka pesan.

Kelompok yang menghindari daging sapi melihat menu dengan label berdampak tinggi, dengan 61 persen dari mereka memesan menu lebih berkelanjutan, menurut penelitian di jurnal medis Jama Open Network. Lebih dari separuh orang yang melihat label berdampak rendah, 54,4 persen, membuat pilihan lebih berkelanjutan.

Lalu, hanya kurang dari setengah dari mereka yang tidak melihat label sama sekali memutuskan menghindari daging sapi. "Kesimpulan utama adalah bahwa kedua label secara efektif meningkatkan proporsi peserta yang memesan item yang berkelanjutan, tapi yang paling efektif adalah label dampak iklim tinggi pada daging merah," kata Wolfson.

Temuan itu "konsisten dengan penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa pesan berbingkai negatif mungkin lebih berpengaruh daripada pesan positif," kata Lindsey Smith Taillie, ahli epidemiologi nutrisi di University of North Carolina di Chapel Hill, di AS, yang tidak terlibat dalam penelitian.

3 dari 4 halaman

Perlu Lebih Banyak Penelitian

Taillie mengutip penelitian yang menunjukkan bahwa label di bagian depan paket makanan yang memperingatkan "tinggi gula" dapat menyebabkan pengurangan konsumsi.

Kristie Ebi, seorang profesor iklim dan kesehatan di University of Washington di AS, yang juga tidak terlibat dalam penelitian, melihat hasil tersebut sebagai tanda "bahwa dengan lebih banyak informasi, masyarakat Amerika dapat membuat pilihan lebih baik dalam hal kesehatan dan keberlanjutan."

Diperlukan lebih banyak penelitian untuk menentukan pelabelan dampak iklim yang paling efektif, dan Ebi menyarankan untuk melihat sejarah label peringatan pada rokok, yang sejak itu "telah diperbaiki dalam hal keefektifannya."

Sementara penelitian menunjukkan label iklim dapat membantu menggerakkan dorongan makan lebih berkelanjutan dalam pengaturan makanan cepat saji, itu bukan bukti pasti. "Ini adalah studi online dengan pilihan makanan hipotetis," kata Wolfson.

Ia menyambung, "Akan sangat penting untuk melihat di masa depan jika hasil ini dan besarnya dampak ini akan direplikasi dalam pengaturan dunia nyata di mana orang membuat pilihan nyata, mereka membelanjakan uang nyata mereka, dan kemudian harus benar-benar memakan makanan yang mereka pilih."

4 dari 4 halaman

Makanan Lebih Sehat

Para peneliti juga menemukan bahwa orang-orang yang memilih pilihan non-daging sapi atau lebih berkelanjutan, terlepas dari label dampak iklim yang mereka lihat, cenderung menganggap pilihan itu lebih sehat, bahkan jika itu belum tentu demikian.

"Sangat penting bagaimana kami berpikir untuk mencapai keseimbangan itu ketika mencoba mendorong perilaku konsumen ke arah pilihan lebih berkelanjutan dan lebih sehat," kata Wolfson.

Ebi menunjukkan bahwa tidak ada item menu dalam studi pelabelan yang benar-benar sehat, terlepas dari dampak iklimnya. "Hal ini menunjukkan bahwa restoran cepat saji membutuhkan dorongan lebih lanjut untuk menyediakan pilihan makanan lebih sehat," ia berkata.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, veganuary juga masih berlanjut pada Januari 2023. Melansir situs webnya, Veganuary adalah badan amal yang terdaftar di Inggris dan Wales yang menginspirasi orang untuk mencoba jadi vegan di bulan Januari dan sepanjang sisa tahun ini.

Sepanjang tahun, Veganuary mendorong dan mendukung orang-orang dan bisnis untuk beralih ke pola makan nabati sebagai cara melindungi lingkungan, mencegah penderitaan hewan, dan meningkatkan kesehatan jutaan orang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.