Sukses

Acara Tahun Baru Publik Pertama Kaisar Jepang Sejak 2020

Peringatan Tahun Baru 2023 ini merupakan kali pertama didatangi Putri Aiko, anak tunggal Kaisar Jepang Naruhito.

Liputan6.com, Jakarta - Kaisar Jepang Naruhito dan keluarganya melambai ke kerumunan simpatisan dari balkon di Istana Kekaisaran pada Senin, 2 Januari 2023. Acara Tahun Baru ini baru kembali terselenggara setelah dua tahun dihentikan akibat COVID-19.

Didampingi istrinya, Permaisuri Masako, dan putri mereka, Putri Aiko, dikutip dari Japan Today, Selasa (3/2/2023), Naruhito mendoakan kebahagiaan orang-orang dan perdamaian dunia dalam penampilan itu. Putri Aiko, yang berusia 21 tahun pada bulan lalu, muncul dalam sambutan publik Tahun Baru pertamanya.

Usia dewasa menurut hukum di Jepang adalah 20 tahun, dan itu jadi syarat ikut serta dalam beberapa acara yang menampilkan keluarga kaisar. Hadir pula di kesempatan itu adalah Kaisar Emeritus Akihito yang turun takhta dan digantikan putranya pada 2019, dan istrinya, Permaisuri Emerita Michiko.

Naruhito mencatat bahwa beberapa tahun terakhir dipenuhi kesulitan akibat pandemi. "Ini pasti masa-masa sulit bagi banyak dari Anda," katanya pada publik yang banyak di antara mereka mengibarkan bendera kecil Jepang.

Selama dua tahun terakhir, kaisar melewatkan tradisi menyapa warga secara langsung dan menggantinya dalam bentuk video. Hanya mereka yang mendaftar dan dipilih yang diizinkan berada di halaman Istana Kekaisaran tahun ini karena pembatasan pandemi pada kerumunan besar.

Enam sesi salam diadakan pada Senin siang. Pada September 2022, Naruhito melakukan perjalanan pertamanya ke luar negeri sejak pandemi dan sejak naik ke Takhta Krisan, yakni menghadiri pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth II.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Foto Tahun Baru

Naruhito belajar di Universitas Oxford dan memainkan musik klasik Barat. Keluarganya telah membangun hubungan dekat dengan keluarga Kerajaan Inggris. Kaisar tidak memiliki kekuatan politik, tapi membawa makna simbolis bagi Jepang.

Ia umumnya disambut dengan penuh kekaguman oleh orang Jepang ketika menghadiri acara budaya dan tampil di depan umum lain. Selain Kaisar Jepang, Putri Aiko juga telah mencuri perhatian dari waktu ke waktu.

Yang terbaru, ia tampil bersama orangtuanya dalam potret Tahun Baru di Istana Kekaisaran Tokyo, lapor Daily Mail. Di kesempatan itu, Naruhito mengenakan setelan hitam yang dipadukan dasi krem, saat duduk di sebelah Permaisuri Masako, yang anggun dengan blazer dan rok putih, dan putri mereka, Putri Aiko.

Ketiganya dikelilingi interior tradisional yang indah saat dunia mengucapkan selamat tinggal pada tahun 2022 dan menyambut hari pertama tahun 2023, akhir pekan kemarin. Permaisuri (59) yang tersenyum di samping suaminya (62) menata kembali rambut cokelatnya dalam gaya ramping, tampak cantik dengan riasan minimal dan perhiasan mutiara yang serasi.

3 dari 4 halaman

Tampilan Putri Aiko

Masih di foto yang sama, Putri Aiko tampil menawan dalam balutan gaun pastel dan blazer saat menata rambutnya dalam kuncir setengah yang rapi. Ia meniru ibunya dengan pilihan aksesori yang bersahaja, namun cantik.

Ayah Kaisar Naruhito, Kaisar Emeritus Akihito (89), juga muncul dalam foto-foto perayaan itu, tampak necis seperti biasanya dalam setelan jas double breasted berwarna biru tua. Ia dijepret dengan istrinya Permaisuri Emerita Michiko (88) yang mengenakan ansambel glamor berwarna kalem, menampilkan atasan berleher persegi dan rok yang melambai.

Anggota keluarga lain dalam potret riang itu juga termasuk Putra Mahkota Jepang, dan adik laki-laki Kaisar, Pangeran Akishino (57). Ia tampak tersenyum saat berbicara dengan keluarganya dan membolak-balik buku di foto, mengenakan setelan hitam sederhana.

Istrinya Putri Kiko (56) adalah gambaran keanggunan dalam balutan blazer kardigan krem, dihiasi perhiasan mutiara dan bros berornamen yang dikenakan di atas gaun serasi. Anak pasangan itu, Putri Kako (28) dan Pangeran Hisahito (16) tampak tertawa bersama orangtua mereka dalam foto keluarga yang manis.

Kako, yang ulang tahunnya hanya beberapa hari sebelum perayaan malam Tahun Baru, tampil dalam balutan gaun merah muda kehitaman, yang dipadukan aksesori minimal dan gaya rambut sederhana saat kakak remajanya memilih setelan hitam klasik.

4 dari 4 halaman

Ambil Alih Peran

Keponakan Kaisar Naruhito, Putri Kako, menandai ulang tahun ke-28 dengan potret resmi baru setelah menjalankan tugas resmi yang ditinggalkan kakak perempuannya mantan Putri Mako, yang telah pindah ke New York bersama suaminya. Kako berpose di kediaman kekaisaran Akasaka di Tokyo pada 2 Desember 2022, jelang merayakan ulang tahunnya beberapa hari lalu.

Dalam foto-foto tersebut, sang putri, yang mengenakan jumper putih dan jaket dengan rok lipit berwarna krem, berjalan melewati hutan yang indah. Putri bungsu dari Putra Mahkota Akishino dan Putri Mahkota Kiko ini telah menghabiskan tahun lalu secara aktif menggantikan kakak perempuannya, Mako Komuro, yang pindah ke New York pada 2021, menurut Japan Times.

Putri Kako mengambil alih peran sebagai presiden kehormatan Asosiasi Tenis Jepang dan presiden Asosiasi Kogei Jepang setelah kepergian saudara perempuannya. Ia juga mengunjungi acara infrastruktur hijau kota tahun ini, yang biasa dihadiri kakaknya. Sementara, Putri Mako bekerja sebagai sukarelawan tanpa bayaran di Museum Seni Metropolitan New York setelah menyerahkan gelarnya untuk menikahi kekasihnya yang "orang biasa."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.