Sukses

China Cabut Kewajiban Karantina untuk Perjalanan Internasional per 8 Januari 2022, Turis Asing Bisa Lega

China menurunkan level penanganan Covid-19 menjadi penyakit kelas B.

Liputan6.com, Jakarta - China akan mencabut kewajiban karantina untuk semua penumpang pesawat dari luar negeri. Otoritas kesehatan negara itu mengumumkan kebijakan baru tersebut akan mulai berlaku pada 8 Januari 2022.

China juga akan mencabut semua pembatasan perjalanan terkait pandemi Covid-19 untuk semua pelancong, termasuk karantina untuk pasien positif dan pelacakan kontak. Dikutip dari CNN, Selasa (27/12/2022), otoritas mengatakan kebijakan baru itu merupakan bagian dari cara baru China untuk mengelola Covid.

China menurunkan penanganan Covid menjadi 'penyakit Kelas B' yang tidak terlalu ketat, dalam kategori yang sama dengan penyakit demam berdarah. China juga akan menyebut Covid sebagai 'infeksi', bukan 'pneumonia'. Perubahan itu 'lebih sesuai dengan karakteristik dan tingkat bahaya penyakit ini saat ini', kata Komisi Kesehatan Nasional dalam sebuah pernyataan.

"Varian Omicron yang kurang mematikan telah menjadi jenis dominan SARS-Cov-2, dan hanya sejumlah kecil kasus yang berkembang menjadi pneumonia," kata NHC dalam sebuah pernyataan, Senin, 26 Desember 2022.

Kebijakan karantina yang berlaku untuk kedatangan internasional ke China pertama kali diluncurkan pada 2020 dan diamandemen beberapa kali selama beberapa tahun terakhir. Kebijakan terbaru yang akan berakhir 8 Januari, mengharuskan orang yang datang dari luar China daratan dan Makau menjalani lima hari karantina hotel dan tiga hari isolasi mandiri di rumah.

Pelancong juga wajib menjalani tes Covid sebelum tiba di China, tetapi mereka tidak lagi harus menyerahkan hasilnya kepada kedutaan besar atau konsulat China dan mendaftar untuk mendapatkan kode. Mulai 8 Januari 2022, para pelancong dapat menjalani tes Covid dan melampirkan hasilnya sebelum mereka menaiki pesawat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kepanikan Massal

NHC juga berjanji untuk membuka wisata ke luar negeri bagi warga negara Tiongkok secara tertib, tergantung pada situasi Covid internasional dan kapasitas berbagai layanan domestik. China secara bertahap melonggarkan pembatasannya setelah menutup perbatasannya untuk hampir semua pelancong pada Maret 2020, ketika pandemi mulai menyebar ke seluruh dunia.

Setelah hampir tiga tahun penguncian, karantina, dan pengujian massal, China tiba-tiba memutuskan menanggalkan kebijakan nol-Covid bulan ini menyusul protes nasional atas jumlah korban ekonomi dan sosial yang besar. Pada saat yang sama, China bergulat dengan gelombang infeksi yang belum pernah terjadi sebelumnya yang menggoyang rumah sakit dan mengosongkan rak apotek.

Sejak ekonomi terbesar kedua di dunia itu secara drastis melonggarkan pembatasan Covid, belum ada data yang jelas tentang sejauh mana penyebaran virus di tingkat nasional. Tetapi, beberapa kota dan provinsi mengatakan mereka melihat puluhan ribu kasus baru per hari.

Perubahan kebijakan yang tiba-tiba telah memicu pembelian panik obat demam dan flu, yang menyebabkan kelangkaan yang meluas, baik di apotek maupun di platform belanja online. Antrean panjang telah menjadi rutinitas di luar klinik dan rumah sakit nasional di ibu kota Beijing dan tempat lain di negara itu dipenuhi pasien.

 

3 dari 4 halaman

Rumah Sakit Darurat

Para pemimpin top di China baru-baru ini memberi isyarat bahwa mereka akan mengalihkan fokus kembali ke pertumbuhan tahun depan dan bertaruh pada pelonggaran kesulitan pandemi untuk mengangkat ekonomi. NHC menyatakan, fokus China saat ini adalah menyiapkan sumber daya medis yang memadai.

NHC menyebut kota-kota besar dan menengah perlu dengan cepat mengubah “Fangcang” mereka, fasilitas karantina Covid mengubah darurat, menjadi rumah sakit yang ditunjuk oleh staf petugas kesehatan yang cukup. NHC juga tidak sepenuhnya mengesampingkan kemungkinan tindakan pembatasan sementara dan lokal di masa mendatang.

"Ketika kita mengelola wabah, kita harus memberikan perhatian khusus pada penilaian global waktu nyata dari intensitas wabah – tekanan pada sistem kesehatan dan situasi umum masyarakat – dan mengambil langkah-langkah hukum yang tepat untuk membatasi aktivitas dan pergerakan kelompok orang secara fleksibel. cara untuk meratakan kurva," katanya dalam pernyataan itu, menambahkan bahwa penguncian mungkin diberlakukan kembali di panti jompo jika wabah bertambah parah.

4 dari 4 halaman

Puncak Lonjakan

China memprediksi COVID-19 akan tetap menyebar tanpa henti di seluruh negeri. Saat ini, sejumlah kota dan provinsi melaporkan ratusan ribu infeksi virus corona itu setiap hari melebihi penghitungan resmi nasional.

Dikutip dari laman Straits Times, Senin, 26 Desember 2022, otoritas memprediksi bahwa wabah Virus Corona COVID-19 akan memuncak selama Januari 2023. Komisi Kesehatan Nasional China, regulator kesehatan utama negara itu, mengatakan pada Minggu bahwa pihaknya akan berhenti menerbitkan data pengawasan COVID-19 harian tentang jumlah infeksi.

Penghitungan sebenarnya dari wabah di negara berpenduduk 1,4 miliar tidak diketahui, membuatnya lebih sulit untuk mengetahui jumlah korban yang akan ditimbulkannya terhadap perekonomian. Setelah melanda Beijing, varian Omicron menyebar ke seluruh negeri, memicu wabah besar-besaran di pusat kota besar di bagian selatan.

Pusat manufaktur dan teknologi timur Provinsi Zhejiang memperkirakan sekarang ada satu juta kasus Corona COVID-19 setiap hari. Angka itu berpotensi dua kali lipat dua minggu dari sekarang, sebelum menjadi moderat pada Januari 2023, kata pejabat setempat pada pengarahan pada Minggu, 25 Desember 2022.

Kota Zhengzhou di China tengah, yang dikenal sebagai "kota iPhone" karena merupakan basis manufaktur utama Apple, memprediksi puncaknya pada pertengahan Januari. Provinsi Shandong dan Hubei terdekat juga mengantisipasi lonjakan sekitar waktu yang sama, menurut laporan setempat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.