Sukses

Tidak Percaya Diri Karena Rambut Lepek? Ini 5 Cara Mengatasinya

Rambut lepek adalah istilah yang digunakan saat kondisi rambut terlihat berminyak dan tidak bervolume. Tak jarang juga rambut lepek dapat membuat kulit kepala menjadi gatal dan rambut jadi rontok.

Liputan6.com, Jakarta Rambut adalah mahkota berharga bagi wanita untuk menunjang penampilan. Tak heran jika wanita melakukan berbagai macam perawatan agar rambut tetap sehat, berkilau, dan tidak ada masalah. Salah satu permasalahan rambut yang paling umum adalah rambut lepek. 

Rambut lepek adalah istilah yang digunakan saat kondisi rambut terlihat berminyak dan tidak bervolume. Tak jarang juga rambut lepek dapat membuat kulit kepala menjadi gatal dan rambut jadi rontok. Kondisi yang seperti ini bisa mempengaruhi kepercayaan diri seseorang karena sering dikira belum keramas. 

Penyebab rambut lepek sangat beragam, mulai dari faktor gen, pengaruh cuaca, cara keramas yang salah, hingga tidak cocoknya rambut dengan suatu produk. Kebiasaan sering memegang dan menyisir rambut juga menjadi faktor penyebab rambut lepek, lho. 

Untuk itu, berikut ini adalah rangkuman untuk kamu yang memiliki masalah pada rambut lepek

1. Pilih Produk Perawatan Rambut Tepat

Pilih produk perawatan rambut yang sesuai dengan kebutuhan rambut. Jika kamu memiliki masalah rambut lepek dan berminyak, coba pilih jenis sampo anti lepek atau sampo yang memberikan volume pada rambut. Pilih juga kondisioner yang dibuat khusus untuk rambut lepek dan berminyak. 

Hindari produk perawatan rambut yang berbahan silikon. Fungsi silikon pada rambut adalah untuk membantu melembutkan dan membuat rambut berkilau Namun, fungsi ini tidak cocok untuk rambut yang berminyak dan mudah lepek.

2. Perhatikan Cara Keramas yang Benar

 

Cara selanjutnya adalah perhatikan juga cara keramas yang benar, jangan pakai sampo terlalu banyak. Pertama basahkan rambut dengan air hangat. Tuang sampo secukupnya pada tangan lalu tambahkan air, gosok kedua tangan sampai sampo menjadi berbusa lalu keramas seperti biasa.

Pastikan busa sampo menjangkau seluruh kulit kepala agar debu dan kotoran hilang. Pijat kulit kepala secara lembut lalu bilas dengan air dingin sampai benar-benar bersih. Kulit kepala yang berminyak juga bisa disebabkan oleh rambut yang tidak terbilas dengan bersih.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Segera Keringkan Rambut Setelah Keramas

Jangan menunda untuk mengeringkan rambut. Apalagi jika tidur dalam keadaan rambut basah. Kulit kepala yang basah dan lembap bisa menyebabkan rambut jadi gampang lepek. 

Untuk kamu yang berhijab, pastikan juga rambut sudah benar-benar kering sebelum memakai hijab untuk menghindari rambut yang lepek.

4. Kurangi Kebiasaan Memegang Rambut

Kebiasaan memegang rambut memang sering dilakukan tanpa kamu sadari. Namun, sadarkah jika kebiasaan ini sering dilakukan justru membuat rambut lebih mudah lepek dan berminyak?

Keringat dan minyak alami pada tangan akan masuk ke dalam kulit kepala dan menyebabkan rambut jadi ikut berminyak. Jadi untuk menghindari masalah rambut lepek, mulai dari sekarang kurangi kebiasaan memegang rambut kamu.

 

3 dari 3 halaman

5. Gunakan Dry Shampoo

Dry shampoo adalah penyelamat bagi kamu yang sedang terburu-buru dan tidak sempat untuk keramas. Walaupun tidak bisa membersihkan secara menyeluruh, dry shampoo dapat membantu kamu mengatasi rambut lepek. 

Gunakan produk ini sebelum beraktivitas agar rambut tidak berminyak dan lepek. Caranya dengan menyemprotkan pada akar dan batang rambut secara merata. Namun sayangnya, beberapa merek dry shampoo ada yang meninggalkan residu sehingga rambut seperti berketombe.

Itu dia 5 cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi rambut lepek. Lakukan cara-cara tersebut agar kamu bisa keluar dari masalah rambut lepek. Selamat mencoba!

 

Penulis: Kadek Argyanti Paramahita

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.