Sukses

Mengenal Kimchi, Menu Hidangan Korea yang Kaya Manfaat Bagi Kesehatan

Bagi para pecinta drama korea, tentunya sudah tidak asing lagi dengan kimchi, makanan asal Korea yang terbuat dari sayuran fermentasi.

Liputan6.com, Jakarta Bagi para pecinta drama korea, tentunya sudah tidak asing lagi dengan kimchi, makanan asal Korea yang terbuat dari sayuran fermentasi. Jika diperhatikan, momen saat orang-orang Korea Selatan makan kimchi pun memiliki ciri khas yang unik. Tersedia berbagai menu makanan di atas meja mulai dari nasi, sup, menu utama (daging atau ikan) dan kimchi.

Bagi masyarakat Korea, kimchi bisa dikatakan sebagai sambalnya masyarakat Indonesia yakni sama-sama bisa menambah nafsu makanan. Tidak hanya sebagai makanan pelengkap saja, ternyata kimchi memiliki beragam manfaat untuk kesehatan yang mungkin belum pernah kamu ketahui sebelumnya. Simak fakta dan manfaatnya di bawah ini! 

Apa itu Kimchi?

Kimchi adalah makanan fermentasi yang terbuat dari sayuran segar dengan jenis sayur sawi putih dan lobak yang paling sering digunakan untuk membuat kimchi Korea. Setelah dicuci dan dikeringkan, sayuran tersebut dicampur dengan berbagai bumbu masak seperti bawang putih, bawang bombay, bubuk cabai, cuka, jahe, garam, dan bumbu lainnya. Karena itulah rasa khas yang muncul adalah rasa asin dan pedas. 

Serupa dengan yoghurt, kimchi pun memiliki kandungan bakteri baik (lactobacillus) penghasil asam laktat, yang disebut-sebut memiliki sifat anti-bakteri. Selain itu, olahan yang memiliki rasa cenderung asam ini mengandung berbagai vitamin, seperti vitamin A, C, B1 (thiamin), dan B2 (riboflavin), serta kalsium dan juga zat besi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat Kimchi Bagi Kesehatan

1. Melancarkan Pencernaan

Salah satu manfaat kimchi adalah melancarkan pencernaan. Seperti yang disebutkan di atas, kimchi mengandung bakteri lactobacillus. Bakteri ini dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan usus. Selain itu, makan kimchi secara rutin akan membuat tubuh kamu mendapatkan asupan probiotik. Probiotik sangat bagus untuk mengembalikan keseimbangan mikroba dalam usus.

2. Mencegah Kanker Lambung

Manfaat kimchi berikutnya adalah membantu mencegah kanker lambung. Dilansir dari Seoul Restaurant, seorang profesor dari Chungnam National University menyebutkan jika sawi putih dan lobak yang dibuat menjadi kimchi mengandung biokimia, seperti isosianat dan sulfida. 

Bio-kimia ini dapat membantu tubuh dalam proses detoksifikasi logam berat yang ditemukan di hati, usus kecil, dan ginjal. Menurut penelitian, kandungan tersebut juga dipercaya dapat mencegah kanker lambung dan usus.

 

3 dari 3 halaman

3. Baik untuk Kesehatan Mata

Dilansir dari situs Seoul Restaurant, 100 gram kimchi bisa memenuhi 18 persen dari kebutuhan vitamin A per harinya. Selain mengandung antioksidan, vitamin A juga diperlukan untuk perkembangan tubuh dan menjaga kesehatan mata. Dengan rutin mengkonsumsi kimchi setiap hari, kamu dapat mengurangi risiko terkena gangguan mata seperti rabun jauh.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kimchi juga mengandung Vitamin C yang merupakan antioksidan alami untuk melindungi dan membentengi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Vitamin ini juga membantu tubuh dalam memproduksi sejumlah protein, termasuk kolagen yang dibutuhkan agar kulit tetap kenyal dan lentur. Di samping kolagen, protein lain juga berperan penting dalam membentuk sekaligus menjaga ligamen, tendon, dan pembuluh darah kamu. 

Nah, itu dia pembahasan mengenai fakta dan manfaat kimchi yang perlu kamu tahu. Selamat mencoba!

 

Penulis: Ayra Sekar Putri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.