Sukses

10 Makanan Andalan Cristiano Ronaldo yang Membantu Tampil Bugar di Piala Dunia 2022

Liputan6.com, Jakarta - Piala Dunia 2022 sudah bergulir sejak 20 November 2022 lalu di Qatar. Para atlet sepak bola bersama timnas mereka pun melakukan berbagai persiapan untuk berlaga di pesta sepak bola empat tahunan tersebut, tak terkecuali Cristiano Ronaldo.

Agar tampil maksimal bersama punggawa timnas Portugal, pria yang dikenal dengan julukan CR7 ini melakukan banyak persiapan. Selain rajin berlatih, Ronaldo juga diketahui melakukan diet ketat serta menerapkan pola makan khusus.

Hal itu bertujuan agar staminanya tetap terjaga dengan baik, sehingga performanya di lapangan lebih maksimal. Tak selalu mewah, ternyata makanan yang dikonsumsi oleh Ronaldo hanya didominasi dengan makanan organik dan alami.

Hal tersebut dibeberkan chef pribadi kapten timnas Portugal itu, Giorgino Barone. Selain memperhatikan asupan makanannya, pesebak bola yang baru saja memutuskan kontak dengan klub Manchester United ini juga banyak mengonsumsi air putih. Menurut pengakuan Giorgino Barone, Ronaldo tak hanya mengontrol ketat makanannya, ia juga diketahui menerapkan istirahat yang cukup.

“Dia banyak minum air dan sangat mementingkan istirahat,"ungkap Giorgino Barone dilansir dari marca.com, Rabu, 30 November 2022. Hasilnya, fisik Ronaldo masih tetap bugar dan fit meski usianya sudah 37 tahun.

Beberapa pesepak bola sudah memutuskan untuk pensiun di usia 37 tahun atau bahkan beberapa tahun sebelumnya. Tapi tidak dengan CR7 yang masih bisa bersaing dengan para pemain yang lebih muda.

Nah, Anda penasaran ingin tahu makanan apa saja yang dikonsumsi Cristiano Ronaldo? Dilansir dari laman marca.com dan berbagai sumber lainnya, berikut 10 makanan dan minuman yang jadi andalan Ronaldo demi tampil prima di Piala Dunia Qatar 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

1. Daging Sapi

Sebagai atlet profesional, Cristiano Ronaldo memang sudah terbiasa dengan menjalani pola makan sehat. Ia sengaja memilih makanan-makanan yang tinggi protein, seperti daging sapi.

Dilansir dari healthline.com, kandungan protein di dalam daging sapi bisa membantu pembentukan karnosin di dalam tubuh. Hal iti bisa berfungsi mengurangi rasa lelah dan memperkuat stamina ketika berolahraga.

2. Beras Hitam

Cristiano Ronaldo suka menyantap nasi, tapi bukan nasi putih melainkan nasi hitam. Nasi ini tentunya terbuat dari beras hitam. Dilansir dari medicalnewstoday.com, beras hitam banyak jadi pilihan mereka yang menjalani diet karena mengandung gizi dan nutrisi yang baik bagi tubuh.

Kandungan di dalamnya memiliki peran penting dalam berbagai fungsi tubuh, mulai dari proses pembentukan energi hingga meregenerasi sel. Tak salah, jika bahan makanan satu ini menjadi makanan yang dipilih oleh Ronaldo.

3. Avokad

Selain makanan yang mengandung protein tinggi, Ronaldo pun tetap mengimbangi pola makannya dengan rutin mengonsumsi berbagai jenis buah-buahan, salah satunya alvokad. Dilansir dari webmd.com, buah avokad termasuk salah satu makanan yang mengandung lemak tak jenuh yang sehat, sehingga bisa memberikan tambahan energi ke dalam tubuh.

3 dari 4 halaman

4. Minyak kelapa

Memilih makanan-makanan yang organik dan alami, Ronaldo pun memanfaatkan minyak kelapa untuk mengolah makanan sehatnya. Minyak kelapa sendiri mengandung sekitar 47 persen asam laurat yang dapat meningkatkan metabolisme serta mengandung sifat antibakteri.

5. Air putih

Untuk menunjang pola makannya, Cristiano Ronaldo sangat jarang minum minuman berwarna karena rutin minum air putih. Selain dari makanan yang dikonsumsi, energi tubuh juga bisa didapat dari konsumsi air putih secara rutin. Asupan cairan bisa mencegah tubuh menjadi lemas dan kehabisan energi.

6. Ikan

Selain daging sapi, Ronaldo juga kerap mengonsumsi berbagai jenis ikan di kesehariannya. Ada beberapa jenis ikan yang menjadi favorit pesepakbola yang lahir pada 5 Februari 1985 ini, yaitu ikan kakap laut, ikan sea bass, serta ikan todak atau swordfish.

Ketiga ikan tersebut tentu mengandung protein yang cukup tinggi. Kandungan protein yang tinggi merupakan ciri dari makanan penambah energi. Dengan mengonsumsinya secara rutin, kandungan tersebut dapat memberikan tambahan stamina untuk tubuh.

7. Kentang

Selain beras hitam, Ronaldo juga memilih untuk mengonsumsi kentang sebagai sumber karbohidrat. Selain karbohidrat, kandungan vitamin B6 dan vitamin C dari kentang akan membantu menjaga daya tahan tubuh. Hal ini tentunya akan sangat berguna untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap fit dan tidak mudah terserang penyakit.

4 dari 4 halaman

8. Telur

Selain daging dan ikan, Ronaldo pun kerap mengonsumsi telur di kesehariannya. Bukan tanpa alasan, telur sendiri dapat meningkatkan energi. Hal ini dikarenakan mengandung protein, vitamin A, serta vitamin B12 yang dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tak heran kalau telur jadi salah satu makanan pilihan para atlet termasuk para pesepak bola.

9. Sayuran

Tak hanya rutin mengonsumsi berbagai jenis buah-buahan, Cristiano Ronaldo pun tak pernah absen untuk memasukkan sayuran dalam menu makanannya. Berbagai jenis sayuran, khususnya sayuran berdaun hijau dipercaya menjadi sumber nutrisi yang baik untuk meningkatkan energi sekaligus menjaga daya tahan tubuh

10. Ayam

Salah satu sumber protein yang tidak dilewatkan oleh Cristiano Ronaldo adalah ayam. Selain protein, kandungan vitamin B3 yang ada di dalam ayam pun dapat mengubah karbohidrat dalam tubuh menjadi energi. Tak salah jika Cristiano Ronaldo rutin mengonsumsi ayam, terutama bagian dada yang dianggap paling sehat dan bergizi.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS