Sukses

Kemegahan Bandara Internasional Hamad di Qatar yang Dinobatkan Sebagai Bandara Terbaik di Dunia 2022

Liputan6.com, Jakarta - Qatar yang menjadi negara penyelenggara Piala Dunia 2022, memiliki bandara terbaik di dunia. Namanya adalah Doha Hamad International Airport atau Bandara Internasional Hamad.

Bandara di Doha, Qatar itu dipastikan bakal sangat sibuk. Fans sepak bola dunia diyakini akan membanjiri Qatar selama Piala Dunia 2022 berlangsung. Lebih dari 1,5 juta pengunjung diprediksi akan mengunjungi Qatar lewat bandara itu ketika Piala Dunia 2022

Bandara Internasional Hamad dinobatkan sebagai bandara terbaik di dunia 2022 versi Skytrax yang diumumkan saat Passenger Terminal EXPO di Paris, Prancis, 16 Juni 2022. Chief Operating Officer di Bandara Internasional Hamad, Badr Mohammed Al-Meer, mengaku sangat senang bahwa pintu gerbang utama Qatar ke dunia sekali lagi dinobatkan sebagai bandara terbaik dunia di Penghargaan Bandara Dunia 2022.

Menurut dia, pencapaian itu menambah daftar prestasi dalam sejarah Bandara Internasional Hamad. "Komitmen dan keunggulan layanan kami terus menjadi tolok ukur dalam industri penerbangan berkat komitmen, dedikasi staf, dan pemangku kepentingan kami, karena kita semua menantikan tahun yang lebih cerah di masa depan," terangnya, melansir situs web World Airport Awards, Kamis, 23 Juni 2022.

Melansir Forbes dan beberapa sumber lainnya, Bandara Internasional Hamad adalah bandara utama Qatar dan rumah bagi maskapai nasional Qatar Airways sejak 2014. Pada kuartal pertama 2022, Bandara Internasional Hamad melayani 7,1 juta penumpang.

Setiap tahun, bandara ini mampu menampung 30 juta penumpang dan setelah bersolek, angkanya akan bertambah sampai 50 juta penumpang. Terminal penumpang Bandara Internasional Hamad memiliki luas 600 ribu meter persegi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Mal Kelas Atas

Berkat kelebihan itu, Bandara Internasional Hamad bisa melayani aktivitas lepas landas dan mendarat sampai 100 kali setiap jam atau lima pesawat dalam kurun waktu tiga menit. Bandara ini juga punya aula check-in berukuran 25.000 meter persegi dengan 138 check-in counter. Ada 14 check-in counter yang dirancang seperti bilik pribadi khusus bagi penumpang kelas satu Qatar Airways.

Fasilitas lain yang tersedia di bandara tersebut adalah dua lounge yang bisa dikunjungi tanpa perlu menjadi pelanggan maskapai atau bank, yaitu Al Maha Transit Lounge dan Oryx Lounge. Pengunjung bisa masuk dengan memesan tempat secara online sebelumnya.

Pemegang tiket Kelas Satu Qatar Airways boleh singgah di Al Safwa lounge, yang didesain mirip Museum Seni Islam dilengkapi fasilitas mewah. Pelancong juga bisa belanja, karena Bandara Internasional Hamad dikenal bak mal kelas atas.

Berbagai band ternama dunia, seperti Gucci, Burberry, Coach, Rolex, dan Swarovski, bisa dibeli di sini. Sejumlah restoran dan kafe juga bisa ditemui di bandara ini, sehingga perut pengunjung dijamin aman.

3 dari 4 halaman

Ramah Lingkungan

Ada restoran yang punya ruangan privat yang biasanya digunakan para artis atau pejabat. Ruangan untuk beribadah dan untuk ibu menyusui juga disediakan, dilengkapi penghangat susu.

Di dua lounge Bandara Internasional Hamad tadi, wisatawan dapat menumpang mandi atau memanfaatkan pusat kebugaran dan kesehatan. Selain fasilitas gym, ada kolam renang sepanjang 25 meter, lapangan squash, serta layanan spa dan hydrotherapy. Ada juga taman tropis yang baru dibangun.

Desain Bandara Internasional Hamad yang modern dan kontemporer adalah bentuk penghormatan terhadap warisan budaya dan kekayaan alam Qatar. Bandara itu juga mengklaim ramah lingkungan, karena air limbahnya didaur ulang untuk kemudian dipakai mengairi rerumputan halaman sekitar gedung.

Baru-baru ini, seorang pria Indonesia menunjukkan suasana di dalam bandara tersebut melalui akun TikTok @leo_edw. Bagian dalam bandara itu terlihat sangat bersih dengan dekorasi yang modern. 

Untuk pusat bandara itu, terlihat ada maskot besar berwarna kuning dengan bentuk boneka beruang. Di sana juga ada bola dengan ukuran yang sangat besar dalam rangka Piala Dunia 2022.

4 dari 4 halaman

Maskot Piala Dunia 2022

Tiba di bandara itu, penumpang yang baru mendarat akan disambut dengan logo dan maskot resmi Piala Dunia 2022. La'eeb, sang maskot bertebaran di hampir setiap sudut bandara, termasuk eskalator, area pengambilan bagasi dan pemeriksaan imigrasi.

Bandara ini berukuran sangat luas, sehingga disediakan sky train untuk mobilitas para penumpang. Sky train tersebut terlihat sangat futuristik dan berjalan secara otomatis. "Waktu aku sampai di bandara kemarin masih ada beberapa bagian yang renov sih. Lagi persiapan buat dibuka 100 persen untuk Piala Dunia. Kalau kalian ada penerbangan ke Eropa, jangan lupa transit di Doha ya," terang Leo.

Kenyamanan yang ditawarkan bandara ini membuat pelancong lebih nyaman saat datang atau transit di sana. Beragam fasilitas lengkap dengan staf yang ramah juga sangat membantu. Unggahan ini lantas menarik banyak perhatian warganet. Beragam komentar memenuhi unggahan ini.

"Transit di sini bakal betah banget sih pasti," komentar seorang warganet. "Keren banget bandaranya. Insya Allah nanti bisa ke Doha," tulis warganet lainnya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS