Sukses

Alasan Shakira hingga Rod Stewart Batal Tampil di Pembukaan Piala Dunia Qatar 2022

Shakira dan beberapa artis batal tampil di pembukaan Piala Dunia Qatar 2022 lantaran masalah Hak Asasi Manusia (HAM).

Liputan6.com, Jakarta Penyanyi Shakira yang sempat melejit berkat lagu 'Waka Waka' untuk Piala Dunia 2010 diundang kembali untuk tampil di pembukaan Piala Dunia Qatar 2022. Namun Shakira dan beberapa artis batal tampil lantaran alasan masalah Hak Asasi Manusia (HAM). 

Sejak diumumkan bahwa Qatar akan menjadi negara yang dipilih untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022, ada banyak komentar dari selebritas yang mengecam pilihan FIFA. Mereka menyalahkan organisasi tersebut lantaran lebih mementingkan kepentingan mereka sendiri seperti keuntungan moneter daripada hak asasi manusia.

Beberapa pemain sepak bola telah menyatakan dalam beberapa kesempatan bahwa mereka akan mengenakan ban lengan bendera pelangi untuk mendukung komunitas LGTBIQ+ selama mereka berada di Piala Dunia 2022, terlepas dari aturan dan hukum Qatar.

Mengutip dari Marocco World News, Senin (21/11/2022), pihak Shakira belum menjelaskan alasan di balik rumor ketidakhadirannya, meskipun beberapa berspekulasi bahwa hal itu berkaitan dengan kritik yang diterima Qatar atas perlakuannya terhadap orang-orang LGBTQ+.

Sementara itu, Kahlid Salman, duta Piala Dunia, tidak hanya harus bernegosiasi dengan para pemain, tetapi juga dengan para artis yang diinginkan Qatar untuk tampil di upacara pembukaan mereka. Salah satu artis terpopuler yang mengatakan 'tidak' pada Piala Dunia 2022 adalah Dua Lipa.

Penyanyi itu menjelaskan bahwa dia tidak pernah mencapai titik negosiasi karena keputusannya sudah dibuat sejak awal. "Saya akan menyemangati Inggris dari jauh dan saya berharap untuk mengunjungi Qatar ketika telah memenuhi semua janji HAM yang dibuat ketika memenangkan hak untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia. Satu Cinta, Dua," jelas Dua Lipa dikutip dari Marca.com, Senin (21/11/2022)

Rod Stewart juga salah satu kandidat untuk tampil, tetapi penyanyi tersebut baru-baru ini menjelaskan mengapa dia menolak tawaran yang menggiurkan itu."Mereka menawari saya sejumlah besar uang, lebih dari satu juta dolar pounds untuk pertunjukan, tetapi saya menolaknya karena menurut saya tidak benar pergi ke negara dengan ide dan nilai itu. Saya juga berpikir orang Iran juga harus berhenti. memasok mereka dengan senjata," aku Stewart.  

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penampilan Jungkook BTS

Sementara itu, artis yang akhirnya tampil di Qatar antara lain J. Balvin, Robbie Williams, Jason Derulo, Clean Bandit, Sean Paul, Nora Fatehi, Black Eyed Peas, Jungkook dari BTS dan Nicki Minaj, Maluma dan Tarif Myriam. Tiga nama terakhir bertugas menciptakan lagu resmi untuk Piala Dunia Qatar 2022.

Sementara yang tidak bisa dilupakan adalah penampilan Jungkook BTS. Mengutip Yonhap, Jungkook BTS tampil menyanyikan lagu berjudul "Dreamers" bersama penyanyi Qatar bernama Fahad Al-Kubaisi.

Lagu Dreamers merupakan salah satu lagu resmi FIFA Piala Dunia 2022 Qatar ini. Dalam acara yang disiarkan langsung SCTV itu, saat bernyanyi Jungkook diiringi paduan suara serta penari latar yang membuat suasana pembukaan jadi makin megah. 

Di ajang ini Jungkook resmi mengukir sejarah sebagai artis Korea pertama yang tampil di upacara pembukaan Piala Dunia FIFA. Sebelumnya hal ini tidak pernah terjadi, rekor baru tersebut tentu membuat ARMY sangat senang. 

 

3 dari 4 halaman

Lagu Piala Dunia 2022

Tetapi untuk pertama kalinya, FIFA juga merilis beberapa lagu untuk dinyanyikan bersama untuk Piala Dunia 2022 ini. Menurut FIFA, koleksi multi-lagu menampilkan artis internasional dengan beragam genre musik yang menjangkau seluruh dunia.

Lagu pertama yang dirilis pada bulan April lalu adalah lagu R&B dan Reggae yang membangkitkan semangat berjudul Hayya Hayya (Better Together). Lagu ini menampilkan penyanyi American-Trinidad Cardona yang juga menulis lirik, Davido, dan Aisha.

Berikutnya, ada lagu berjudul Arhbo, sebuah lagu oleh superstar pemenang penghargaan multiplatinum Puerto Riko, Ozuna dan rapper Perancis-Kongo, Gims. Gims merupakan artis berbahasa Perancis pertama yang memproduksi dan menampilkan soundtrack Piala Dunia.

Selain itu, bergabung juga dengan soundtrack resmi Piala Dunia FIFA Qatar 2022 adalah rapper Amerika pemenang penghargaan Grammy, Lil Baby dengan lagu berjudul The World is Yours to Take. Dalam rilisan pada 7 Oktober ada lagu Light The Sky oleh Nora Fatehi, Balqees, Rahma Riad, Manal, dan RedOne.

Kemudian, ada Tukoh Taka yang baru rilis 18 November dibawakan oleh Nicki Minaj, Maluma, dan seniman Lebanon Myriam Fares. Terakhir ada lagu Piala Dunia pertama yang menampilkan lirik bahasa Inggris, Spanyol, serta Arab.

 

4 dari 4 halaman

Sejarah Baru Piala Dunia 2022

Pihak FIFA menyebut tema dari upacara pembukaan Piala Dunia 2022 ini adalah berkumpul di tengah perbedaan. "Tema dari upacara pembukaan ini adalah berkumpulnya semua umat manusia, menjembatani perbedaan-perbedaan melalui kemanusiaan, respek, dan inklusi. Sepak bola membuat kita dapat datang bersama sebagai satu suku, dan Bumi adalah tenda tempat kita semua tinggal," tulis pernyataan resmi FIFA.

Piala Dunia Qatar 2022 merupakan sejarah baru. Disebutkan untuk pertama kalinya diadakan di negara Timur Tengah dan berlangsung saat menjelang akhir tahun yaitu November hingga Desember. 

Sebanyak 64 pertandingan Piala Dunia 2022 akan ditayangkan melalui media multi-platform SCM, mulai dari stasiun televisi free to air yakni SCTV, INDOSIAR, dan MOJI yang kini juga telah bertransformasi menjadi saluran TV Terestrial Digital bersama Mentari TV.  Selain itu dapat ditonton juga melalui saluran khusus olahraga Champions TV yang bisa disaksikan pada layanan TV satelit berlangganan Nex Parabola, hingga layanan OTT (Over The Top) Vidio dengan kemudahan akses bagi penggunanya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.