Sukses

Meriahkan Piala Dunia 2022, Jungkook BTS Dibuat Kaget oleh Air di Qatar

Jungkook BTS menyanyikan debut lagu Dreamers saat upacara pembukaan Piala Dunia Qatar 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Jungkook BTS jadi salah satu penampil dalam upara pembukaan Piala Dunia Qatar 2022 yang diinisiasi di atas pesan inklusi dan keragaman. Golden maknae BTS ini membawakan lagu Dreamers dengan penyanyi Qatar, Fahad Al-Kubaisi, di Stadion Al Bayt di Al Khor, sekitar 50 kilometer utara Doha.

Setelah penampilan yang membuat namanya trending topic di Twitter pada Minggu malam, 20 November 2022, idol asal Busan, Korea Selatan ini menyapa ARMY, sebutan penggemar BTS, lewat Weverse Live. Di sana, Jungkook memberi ragam cerita di balik perjalanannya di negara tuan rumah Piala Dunia 2022 itu.

Salah satunya, pelantun lagu Still with You itu menyebut bagaimana ia dibuat kaget oleh air di negara emirat di Timur Tengah tersebut. Ia berbagi, "Hal yang menarik tentang air di sini (Qatar) adalah airnya menguap dengan cepat."

"Jadi, setelah saya mandi dan memakai esens (rambut) dan mengeringkannya dengan hair dryer, itu mengering dengan sangat cepat," imbuh Jungkook.

Selain itu, pemilik nama lengkap Jeon Jungkook itu juga menyebut bahwa ia sejujurnya tidak benar-benar puas dengan penampilan perdananya membawakan lagu Dreamers. "Tapi, saya pikir itu hal yang baik bahwa saya bisa menikmatinya dan semuanya berjalan dengan baik," ia menyebut.

Idol berusia 25 tahun (umur internasional) ini juga bercerita bahwa dirinya belajar koreografi ketika tiba di Qatar, dan mempelajari bagian chorus lagu sehari sebelum tampil. "Setiap malam sehabis mandi, saya selalu latihan sendiri sambil membayangkan sedang konser," sambungnya.

"Saya tidur sekitar pukul 3--4 pagi. Saya tahu ada foto saya keliling mal dan lain-lain, dan kalian pasti berpikir saya cuma main-main saja," katanya sambil tertawa. "Tapi, saya latihan sangat keras."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bertemu Pemain Timnas Korea Selatan

Tidak lupa, Jungkook mengucapkan terima kasih atas dukungan ARMY. "Saya harap kalian bangga terhadap saya," tuturnya. "Saya harus mengisi ulang tenaga saya, karena sepertinya saya akan terbang pukul 7 pagi (waktu Doha hari ini), dan sampai di Korea malam hari."

Ia juga mengucapkan terima kasih pada personel BTS yang sudah menunjukkan dukungan mereka. Lebih lanjut, Jungkook mengaku lebih gugup saat dirinya bertemu pemain tim nasional Korea Selatan yang akan berlaga di Puala Dunia 2022 daripada saat tampil di panggung upcara pembukaan pesta sepak bola empat tahunan tersebut.

"Saya tidak mau mengganggu waktu latihan mereka, jadi saya cuma bilang hati-hati dan jangan sampai terluka. Lalu, saya diberikan seragam (timnas Korea Selatan)," ia menyambung.

Menutup sesi live-nya, Jungkook meminta para penggemar memberi banyak cinta untuk Dreamers. Melansir Korea Times, Senin (21/11/2022), Dreamers diproduksi pemenang Grammy Award RedOne di Katara Studios, Doha.

Itu adalah single terbaru dari soundtrack resmi Piala Dunia tahun ini. Juga, merupakan perayaan "mereka yang dengan berani mengikuti tujuan mereka dan berani bermimpi," kata FIFA.

3 dari 4 halaman

Serba Versace

Terkait visualnya di panggung upacara pembukaan Piala Dunia Qatar 2022, Jungkook BTS tampil "sangat Jungkook," menurut para penggemar. Ia tampak mengenakan innerwear, jaket, celana panjang, dan high boots serba hitam, padanan tampilan yang akrab.

Menurut akun Twitter @BangtanStyling, keseluruhan potongan mode yang dipakai Jungkook merupakan rilisan Versace. Ia memakai jaket bomber seharga 14.775 dolar AS (sekitar Rp232 juta), celana kargo medusa biggie senilai 1.225 dolar AS (sekitar Rp19,2 juta), serta innerwear dari koleksi pakaian pria Spring 2023 dari rumah mode mewah Italia tersebut.

Sementara, opening ceremony Piala Dunia 2022 juga tentang animasi pembuka yang menampilkan suara aktor terkenal Morgan Freeman yang muncul secara pribadi selama acara, lapor CNN. Event tersebut bertajuk "pertemuan untuk seluruh umat manusia, menjembatani perbedaan melalui kemanusiaan, rasa hormat, dan inklusi."

Itu datang dengan latar belakang kontroversi seputar catatan hak asasi manusia Qatar. Freeman pun memainkan peran utama di upcara pembukaan dengan menyampaikan pidato tentang persatuan.

4 dari 4 halaman

Laga Perdana

Upacara pembukaan Piala Dunia Qatar 2022 berlanjut dengan pertunjukan beberapa kelompok tari, pertunjukan drum, dan musik populer dari keempat penjuru dunia. Tidak ketinggalan, pertunjukan cahaya besar-besaran di lapangan pun turut memeriahkan acara.

Namun, sorakan terbesar tampaknya disimpan untuk La'eeb, maskot populer Piala Dunia tahun ini. Setelahnya, negara tuan rumah Qatar pun menandai debut Piala Dunia mereka dalam pertandingan melawan Ekuador, yang tampil untuk kali ke-4 di Piala Dunia.

Ekuador akhirnya mengalahkan Qatar, 2-0, pada pertandingan pertama Piala Dunia 2022. Ekuador tampak memimpin lebih awal ketika mereka membobol gawang Qatar pada menit ke-3. Namun, gol tersebut dianulir setelah wasit yang dibantu video (VAR) memeriksa pemain Ekuador yang dianggap offside.

Namun, La Tri tidak tergoyahkan oleh panggilan tersebut. Pada menit ke-15, Enner Valencia dari Ekuador memenangkan penalti ketika ia dijatuhkan di dalam kotak oleh penjaga gawang Qatar, Saad Al Sheeb. Valencia melangkah ke titik penalti dan mengonversinya, memberi tim keunggulan 1-0.

Hanya seperempat jam kemudian, Valencia mencetak gol keduanya pada menit ke-31 dengan sundulan ke sudut kiri bawah gawang Qatar. Turnamen 29 hari ini, yang akan berlangsung hingga 18 Desember 2022, adalah Piala Dunia FIFA pertama yang diadakan di Timur Tengah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.