Sukses

Gaun Permata Taylor Swift di MTV EMA 2022 Ternyata Terinspirasi dari Ratu Elizabeth II

Liputan6.com, Jakarta - Taylor Swift tiba di MTV Europe Music Awards (EMA) 2022 dengan gaun malam yang membalik skrip perhiasan karpet merah. Dengan decolletage dan pergelangan tangan dibiarkan telanjang, Swift memilih hanya beberapa cincin perak dan spiral manset telinga.

Alih-alih, pakaiannya jauh dari kekurangan perhiasan. Pelantun lagu Exile itu tampil dengan rok midi bertingkat yang seluruhnya terbuat dari jaring berkilauan dari perak buatan tangan dan kristal hijau, dikutip dari CNN, Selasa (15/11/2022).

Tampilan custom karya David Koma, yang mengacu pada koleksi Fall-Winter 2023 desainer itu, dipasangkan dengan body strap spaghetti hitam dan sling-back berujung terbuka. Rok permata itu ternyata terinspirasi koleksi zamrud mendiang Ratu Elizabeth II, menurut juru bicara label tersebut.

Pada malam itu, Swift jadi artis pemenang teratas di MTV EMA 2022. Ia meraih empat penghargaan termasuk Artis Terbaik, Video Terbaik, Pop Terbaik, dan Video Bentuk Panjang Terbaik untuk All Too Well (10 Minute Version) (Taylor's Version). Bintang pop itu kedua kalinya mengenakan busana rancangan David Koma untuk menerima penghargaan di atas panggung: gaun polo-shirt hitam dan perak yang bertindak sebagai latar belakang sempurna untuk setumpuk piala MTV peraknya.

Terlepas dari kenyataan bahwa ia memenangkan banyak penghargaan MTV EMA, Swift belum pernah menghadiri acara penghargaan sejak 2012. Kala itu, ia menutup upacara dengan penampilan bertema sirkus We Are Never Ever Getting Back Together, lapor Variety.

Selama pidato penerimaannya untuk video terbaik, Swift mengatakan pada penggemarnya bahwa ia "tidak sabar" untuk bertemu mereka di tur mendatangnya. Namun sejauh ini, konsernya baru mengumumkan tanggal di AS.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Nominasi Paling Banyak

Harry Styles adalah artis yang paling banyak dinominasikan dengan tujuh kategori, dikutip dari People. Namun, pelantun lagu Matilda itu meraih satu gelar dalam kategori live terbaik. Pemenang lainnya termasuk Nicki Minaj, yang memenangkan hip hop terbaik dan lagu terbaik untuk Super Freaky Girl.

David Guetta memenangkan kolaborasi terbaik untuk I'm Good (Blue) dengan Bebe Rexha. Sementara, grup K-pop BLACKPINK dan SEVENTEEN muncul sebagai pemenang multi-penghargaan di MTV EMA 2022, lapor NME.

Di antara artis K-pop yang dinominasikan, BLACKPINK dan SEVENTEEN masing-masing membawa pulang dua kemenangan di penghargaan tahun ini, sementara BTS dan Tomorrow X Together masing-masing memenangkan satu penghargaan. BLACKPINK membawa pulang Best Metaverse Performance untuk konser in-game PUBG Mobile mereka "The Virtual," yang diadakan pada Juli lalu.

"Kami sangat senang mengerjakan proyek ini, dan kami sangat senang bahwa penggemar kami menikmatinya seperti kami menikmatinya," kata girl group tersebut dalam pesan video setelah kemenangan mereka.

3 dari 4 halaman

SEVENTEEN sampai Tomorrow X Together

Sementara itu, personel BLACKPINK, Lisa, juga memenangkan penghargaan untuk Best K-pop, yang mana grupnya juga telah dinominasikan bersama artis-artis, seperti BTS, TWICE, dan SEVENTEEN. Kemenangan lain diraih SEVENTEEN dalam kategori Best New dan Best Push.

"Rasanya seperti kami mencapai suatu tempat baru setiap hari, tempat yang tidak pernah kami bayangkan. Kami berterima kasih pada semua orang yang membantu kami selama ini," kata SEVENTEEN dalam pesan video saat menerima penghargaan mereka untuk Best New.

Raksasa K-pop BTS juga membawa pulang penghargaan untuk kategori Biggest Fans, yang juga mereka menangkan di MTV EMA 2021. Disusul rekan boy band Big Hit Music, Tomorrow X Together, yang memenangkan Best Asia Act.

BLACKPINK saat ini sedang menggelar tur dunia "Born Pink" di Amerika Utara, yang akan berlanjut hingga 2023 di seluruh Eropa, Asia, dan Oseania. Sementara itu, HYBE mengumumkan pada briefing tahunannya minggu lalu bahwa Tomorrow X Together akan merilis mini album kelima mereka pada Januari 2023.

Juga, SEVENTEEN sedang bersiap comeback dalam paruh pertama tahun 2023. Pekan lalu, leader BTS, RM, telah mengumumkan perilisan album solo debutnya, Indigo, yang akan dirilis pada 2 Desember 2022. Ia akan jadi anggota ketiga yang merilis musik solo setelah J-Hope dan Jin.

4 dari 4 halaman

Daftar Lengkap Nominee dan Pemenang MTV EMA 2022

Mengutip Variety, penghargaan MTV EMA Generation Change tahun ini diberikan pada tiga wanita Ukraina: Lina Deshvar, Anna Kutova dan Anfisa Yakovina. Mereka merupakan aktivis untuk krisis kemanusiaan di Ukraina.

Pekerjaan mereka termasuk menyediakan tempat berlindung bagi para pengungsi, mengevakuasi dan merawat keluarga dengan anak-anak, remaja, dan orang muda penyandang cacat, serta menawarkan terapi seni dan kelompok untuk wanita dan keluarga yang telah terpisah dari orang yang mereka cintai. Secara lengkap, berikut daftar lengkap nomiee dan pemenang MTV EMA 2022:

Best Song

(Pemenang) Nicki Minaj – Super Freaky Girl

Bad Bunny, Chencho Corleone – Me Porto Bonito

Harry Styles – As It Was

Jack Harlow – First Class

Lizzo – About Damn Time

Rosalía – Despechá

Best Video

(Pemenang) Taylor Swift – All Too Well (10 Minute Version) (Taylor's Version)

BLACKPINK – Pink Venom

Doja Cat – Woman

Harry Styles – As It Was

Kendrick Lamar – The Heart Part 5

Nicki Minaj - Super Freaky Girl

Best Artist

(Pemenang) Taylor Swift

Adele

Beyoncé

Harry Styles

Nicki Minaj

Rosalía

Best Collaboration

(Pemenang) David Guetta, Bebe Rexha - I'm Good (Blue)

Bad Bunny, Chencho Corleone - Me Porto Bonito

DJ Khaled ft. Drake & Lil Baby - Staying Alive

Megan Thee Stallion, Dua Lipa - Sweetest Pie

Post Malone, Doja Cat - I Like You (A Happier Song)

Shakira, Rauw Alejandro - Te Felicito

Tiësto, Ava Max - The Motto

Best Live

(Pemenang) Harry Styles

Coldplay

Ed Sheeran

Kendrick Lamar

Lady Gaga

The Weeknd

Best Pop

(Pemenang) Taylor Swift

Billie Eilish

Doja Cat

Ed Sheeran

Harry Styles

Lizzo

Best New

(Pemenang) SEVENTEEN

Baby Keem

Dove Cameron

Gayle

Stephen Sanchez

Tems

Best K-Pop

(Pemenang) Lisa

BLACKPINK

BTS

ITZY

SEVENTEEN

TWICE

Best Latin

(Pemenang) Anitta

Bad Bunny

Becky G

J Balvin

Rosalía

Shakira

Best Electronic

(Pemenang) David Guetta

Calvin Harris

David Guetta

DJ Snake

Marshmello

Swedish House Mafia

Tiësto

Best Hip Hop

(Pemenang) Nicki Minaj

Drake

Future

Jack Harlow

Kendrick Lamar

Lil Baby

Megan Thee Stallion

Best Rock

(Pemenang) Muse

Foo Fighters

Liam Gallagher

Måneskin

Red Hot Chili Peppers

The Killers

Best Alternative

(Pemenang) Gorillaz

Imagine Dragons

Panic! At The Disco

Tame Impala

Twenty One Pilots

Yungblud

Best R&B

(Pemenang) Chlöe

Givēon

H.E.R.

Khalid

Summer Walker

SZA

Best Longform Video

(Pemenang) Taylor Swift - All Too Well (10 Minute Version) (Taylor's Version)

Foo Fighters - Studio 666

Rosalía - Motomami (Rosalía TikTok Live Performance)

Stormzy – Mel Made Me Do It

Taylor Hawkins Tribute concert, Wembley Stadium, London

Video For Good

(Pemenang) Sam Smith ft. Kim Petras - Unholy

Ed Sheeran ft. Lil Baby - 2step

Kendrick Lamar - The Heart Part 5

Latto - P*ssy

Lizzo - About Damn Time

Stromae - Fils de joie

Biggest Fans

(Pemenang) BTS

BLACKPINK

Harry Styles

Lady Gaga

Nicki Minaj

Taylor Swift

Best PUSH

(Pemenang) SEVENTEEN

Nessa Barrett

Mae Muller

Gayle

Shenseea

Omar Apollo

Wet Leg

Muni Long

Doechii

Saucy Santana

Stephen Sanchez

JVKE

Best Metaverse Performance

(Pemenang) BLACKPINK The Virtual | PUBG

BTS | Minecraft

Charli XCX | Roblox

Justin Bieber – An Interactive Virtual Experience | Wave

Twenty One Pilots Concert Experience | Roblox

Best Asia Act

(Pemenang) Tomorrow X Together

The Rampage from Exile Tribe

Maymay Entrata

NIKI

Silvy

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS