Sukses

Hadiri KTT G20 Bali, PM Australia Tiba di Bandara Disambut Sandiaga Uno

Sandiaga Uno memanfaatkan kesempatan bertemu dengan PM Australia yang datang menghadiri KTT G20 untuk berterima kasih atas kunjungan wisatawan dari negeri kangguru ke Bali.

Liputan6.com, Jakarta - Satu per satu pemimpin negara G20 tiba di Bali jelang penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi G20 (KTT G20). Pada Senin (14/11/2022), giliran Perdana Menteri Australia Anthony Albanese mendarat di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Denpasar.

Kedatangannya disambut oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno. "Kami baru saja atas arahan dari bapak Presiden mewakili negara menerima mendaratnya bapak Prime Minister Australia dan ini merupakan kali kedua kami berjumpa," ujar Menparekraf dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com.

Kesempatan itu dimanfaatkan Sandi untuk berterima kasih kepada Australia karena turis dari Negeri Kangguru kini menjadi nomor satu dalam hal jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Bali. "Wisatawan Australia sekarang menduduki posisi pertama jumlah wisatawan mancanegara dengan total di atas 80 ribu per bulan," ucapnya.

Ia menyebut kunjungan itu menunjukkan suatu kebangkitan yang sangat signifikan dan juga membangkitkan perekonomian Bali. Di sisi lain, ia juga menyampikan banyak mahasiswa Indonesia yang sedang menuntut ilmu di Australia bisa meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"SDM terbaik kita sedang menuntut ilmu di sana untuk mendapatkan up skilling, re-skilling, dan new skilling," kata dia.

Di sisi lain, Indonesia mengucapkan selamat atas peningkatan kinerja ekonomi Australia. Hal itu menjadi kesempatan bagus bagi Indonesia yang sedang membuka peluang ekspor produk-produk ekonomi kreatis, terutama kuliner, fesyen, dan kerajinan tangan.

"Termasuk restoran Indonesia yang ada di Australia saya kunjungi tahun lalu sudah semakin banyak dan banyak membutuhkan dukungan ekspor rempah yang kami bingkai dalam program Indonesia Spice Up The World," tuturnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Harapan ke Depan

Sandi berharap hubungan bilateral Indonesia dan Australia akan semakin baik ke depannya. "Kehadiran Australia di G20 adalah sejarah di mana kita bertetangga dan saling mendukung dalam kerangka Recover Together Recover Stronger khususnya dalam bidang digitalisasi, kesehatan, dan keberlanjutan lingkungan," ucapnya.

Sebelum itu, Sandi juga bertugas menerima kedatangan Presiden Amerika Serikat Joe Biden yang mendarat di Bandara I Gusti Ngurah Rai pada Minggu malam, 13 November 2022. Ia tiba sekitar pukul 21.45 WITA untuk menghadiri acara puncak Konferensi Tingkat Tinggi G20 (KTT G20).

"Saya mendapat kehormatan dan tugas dari negara untuk menyambut Bapak Presiden Joe Biden yang mendarat di Bali malam ini sekitar pukul 21.45 WITA menggunakan pesawat Air Force One," ujar Sandiaga dalam keterangan tertulis.

Sesaat mendarat, Biden langsung disambut tari pendet. Sembari berjalan kaki, orang nomor 1 AS itu mengaku kagum dengan tarian penyambutan tersebut.  

"Dia sangat kagum dan dia ucapkan amazing, splendid, wonderful. Sebagai rasa terima kasih, dia mengucapkan thank you kepada para penari," kata Sandi.

3 dari 4 halaman

GWK Ditutup

Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK) akan menjadi lokasi jamuan makan malam Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan kepala delegasi G20. Untuk itu, salah satu atraksi wisata utama di Bali tersebut akan ditutup untuk umum selama empat hari, mulai 12--15 November 2021.

Dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Minggu, 13 November 2022, GWK meliburkan sebagian karyawannya selama penyelenggaraan puncak KTT G20. Direktur Operasional GWK Stefanus Yonathan Astayasa menyatakan pihaknya telah siap 100 persen menerima kunjungan tersebut.

"Kami mulai melakukan perbaikan venue-venue dan akses. Prioritas kami adalah akses, sebab akses untuk G20 harus bisa bebas antrean. Kami menyiapkan kelayakan, keindahan, kerapian untuk menjadikan welcoming dinner ini sempurna," katanya kepada Tim Media dan Komunikasi G20, akhir pekan lalu.

Sementara, jamuan makan malam akan berlangsung di Lotus Pond. Tempat itu merupakan tengara (landmark) terbesar di GWK  yang dikenal sebagai alun-alun utama. Area outdoor tersebut dapat menampung hingga 7.500 orang.

"Rencananya ada sekitar 300-400 orang yang akan menghadiri jamuan makan malam di Lotus Pond. Sisanya, peserta G20 yang tidak ikut dalam jamuan makan malam bisa menyantap makan malam di restoran Jendela Bali," imbuh Stefanus.

4 dari 4 halaman

Tamu-Tamu Negara

Selain Biden, sejumlah tamu negara lain juga mulai tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai sejak kemain, Minggu, 13 November 2022, pukul 18.25 WITA. Berdasarkan pantauan Tim Komunikasi dan Media G20, beberapa tamu negara dan kepala lembaga dunia yang hadir di antaranya Chairman World Economic Forum Prof Klaus Martin Schwab, Presiden Islamic Development Bank (IsDB) Dr. Muhammad Sulaiman Al Jasser, Director General International Labour Organization Gilbert F. Houngbo, Menteri Luar Negeri Mexico Marcelo Ebrard Casaubon, serta Menteri Urusan Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov.

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida juga tiba di Bali pada Minggu malam, 13 November 2022. Sehari sebelumnya, Presiden The Asian Development Bank (ADB) Masatsugu Asakawa, tiba pada Sabtu, 12 November 2022, pukul 23.45 WITA.

Direktur Jenderal Informasi & Komunikasi Publik Usman Kansong mengatakan, gelombang kedatangan delegasi akan terus berlangsung hingga Senin, 14 November 2022. "Kami sudah siap untuk menyambut. Demikian juga pengamanan dan pengawalan. Indonesia berupaya menjadi tuan rumah yang baik bagi semua tamu negara yang hadir dalam KTT G20," kata Usman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.