Sukses

3 Resep Praktis Sushi untuk Bekal Sekolah Anak

Liputan6.com, Jakarta - Resep praktis kali ini mengambil menu sushi yang sangat cocok untuk bekal sekolah anak dengan waktu memasak singkat dan mudah dalam pembuatan. Sushi merupakan salah satu kuliner khas Jepang, namun hanya dengan bahan-bahan sederhana Anda tetap dapat membuatnya di rumah.

Sementara dari negara asalnya, hidangan Jepang berupa nasi cuka ini biasanya ditambahkan dengan sedikit gula dan garam. Di dalamnya juga disertai dengan berbagai bahan seperti makanan laut, seringkali berupa bahan mentah, dan sayuran.

Mengutip dari Wikipedia, Jumat (11/11/2022), hidangan sushi mulanya dikenal sebagai narezushi yang berarti ikan asin yang disimpan dalam nasi yang difermentasi selama berbulan-bulan. Narezushi disebut-sebut menjadi pengaruh awal praktik penerapan nasi pada ikan mentah di Jepang.

Ikan tersebut difermentasi dengan cuka beras, garam dan nasi, setelah itu nasi dibuang. Prosesnya bisa ditelusuri kembali ke awal keberadaan beras dalam budaya Neolitik China.

Gaya sushi dan penyajiannya sangat bervariasi, tetapi salah satu bahan utamanya adalah nasi sushi. Langsung saja siapkan bahan-bahan dan praktik cara memasaknya yang inspirasi kali ini diambil dari resep milik @silfiristania di Cookpad untuk menu sushi isi ayam.

Sushi Isi Ayam

Bahan-bahan:

Nasi secukupnya

2 potong bagian dada ayam mentah 

Nori manjun lemabaran

Langkah Pembuatan:

1. Pertama kita buat isian ayamnya dulu. Rebus ayam hingga empuk. Uleg bawang putih, totole kaldu jamur dan merica bubuk. Tambahkan ayam yg sdh diiris-iris, kemudian uleg ayam beserta bumbunya.

2. Panaskan sedikit minyak, masukkan bahan isian ayam, tumis smpai matang.

3. Tinggal buat sushi. Letakkan nori lembaran di atas rotan (roll maker) tata nasi kemudian isian an ayam. Gulung dan iris. Sushi pun siap untuk dibawa sebagai bekal sekolah anak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Sushi Sederhana

Langsung saja, siapkan bahan dan ikuti langkah-langkah pembuatannya untuk membuat beberapa resep sushi untuk bekal sekolah anak berikut. Resep pertama merupakan sushi sederhana milik Ayu Wulansari, pengguna Cookpad. 

Bahan-bahan:

4 roll

8 centong nasi

1 buah sosis bratwurst panjang

1 buah wortel yg agak besar dan panjang (potong panjang2)

Beberapa helai sawi hijau (sesuai selera)

1/2 mentimun sedang (buang bijinya potong panjang)

2 butir telur (Bisa pakai telur ayam kampung)

4 lembar nori

2 sdt kecap asin

2 sdm minyak wijen

Secukupnya wijen (bs skip)

Cara Membuat:

1. Siapkan semua bahan. Masak sosis dengan sedikit minyak di teflon hingga matang. Dadar telur dengan bumbu garam dan lada. Kemudian potong panjang. Lalu rebus sawi dan wortel hingga matang.

2. Taruh nasi panas ke dalam mangkuk besar. Beri kecap asin dan minyak wijen. Aduk hingga merata.

3. Ambil talenan atau alas yang lebar. Taruh selembar plastik. Letakkan 1 lembar nori diatasnya. Beri kira-kira 2 centong nasi lalu ratakan. Tata semua sayur, sosis dan telur dadar diatasnya. Kemudian beri taburan wijen.

4. Gulung perlahan dengan plastik. Lalu tekan2 hingga nasi menjadi padat. Hal ini penting agar nasi tidak hancur saat dipotong).

5. Pilih pisau yang tajam dan basahi dengan air setiap akan memotong agar tidak lengket. Potong menjadi 8 bagian dengan cara bagi 2 dulu. Lalu masing2 bagi 4 agar tiap potongannya sama ukurannya. Sajikan dengan saos sambal dan mayones.

3 dari 3 halaman

Sushi Bekal Sekolah

Selanjutnya untuk resep praktis Sushi Bekal Sekolah merupakan ide dari @ummuasiyah90 yang diunggah melalui laman berbagi resep Cookpad. Langsung saja siapkan bahan dan ikuti langkah pembuatannya.

Bahan-bahan:

1 lembar nori

2 centong nasi

2 sdm larutan gula dan garam

1 sdt minyak wijen

Isian:

1/2 buah wortel potong korek api

1 buah sosis potong korek apiBisa ditambah telur atau ayam giling sesuai selera

Bumbu isian:

2 siung bawang merah iris

1 siung bawang putih iris

1 sdm kecap asin1 sdm kecap manis

1 sdm saus tiramsecukupnya Garam, gula, lada bubuk, totole.

Langkah Pembuatan:

1. Siapkan isian lalu tumis duo bawang hingga harum, masukkan wortel dan sosis. Tambahkan isian sayuran dan protein lainnya sesuai selera.

2. Beri kecap manis, kecap asin, dan saus tiram.

3. Tambahkan garam, gula, lada, dan kaldu bubuk totole. Koreksi rasa, sisihkan tumisan untuk isian sushi.

4. Siapkan tikar bambu penggulung sushi, tata nasi yang sudah dicampur dengan larutan garam gula dan minyak wijen di atasnya. Ratakan nasi sambil di tekan-tekan supaya padat dgn centong nasi, beri isian tumisan tadi, gulung sambil dipadatkan. Kemudian potong-potong menggunakan pisau yg tajam. Sushi siap disajikan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS