Sukses

Dukung UMKM dan Wanita Pengusaha, Lazada Luncurkan Kolaborasi 10 Brand Lokal dengan 10 Influencer

Liputan6.com, Jakarta - Lazada Indonesia meluncurkan kolaborasi eksklusif 10 brand lokal dengan 10 kreator konten pilihan untuk menciptakan koleksi khusus terbatas. Kolaborasi itu jadi bagian dalam acara Lazada Women’s Fest di JIEXPO Convention & Theater, Kemayoran, Jakarta, pada 11 hingga 13 November 2022. Festival kali ini mengangkat tema 'Berani Bersinar'.

Melalui tema ini, Lazada berusaha menyediakan momen spesial untuk mendukung dan menginspirasi banyak wanita Indonesia dari berbagai bidang, mulai dari bisnis, fesyen, karier, self-growth, hingga beauty.  Program Elevate Woman dalam festival ini juga diharapkan bisa memberikan kesempatan bagi wanita untuk mendapat investasi dari para investor terkemuka Indonesia.

Di 2022 ini, 10 womenpreneurs di bidang bisnis fesyen dan kecantikan yang terpilih dari 1.628 kandidat akan mempresentasikan rencana pengembangan bisnis mereka. Lazada Women’s Fest ini akan dihadiri oleh banyak wanita inspiratif sebagai pembicara, seperti Maudy Ayunda, Dian Sastrowardoyo, hingga Putri Tanjung.

Bukan itu saja, ada wanita inspiratif di berbagai bidang, seperti Lifni Sanders, Lizzie Parra, dr Kamilah AlJaidi, Ratu Ghania, hingga Hanifa Ambadar. Ada pula kolaborasi dari beberapa brand ternama seperti Calla the Label (Cathy Sharon), Kadaka (Kyra Nayda), Kiyorawears (Dewi Paramita), GoneGani (Hamidah), dan Hai Clo (Laras Syerinita). Ada juga bazaar produk UMKM milik perempuan Indonesia dan penampilan dari musisi Tanah Air di acara ini.

Pertumbuhan ekonomi kreatif di Indonesia sedang berkembang. CEO Trans Digital Lifestyle Group Putri Tanjung mengatakan, para wanita Indonesia dapat mengoptimalkan potensi yang mereka miliki melalui beragam aktivitas inspiratif yang bisa diikuti di acara ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Key Opinion Leader Kecantikan dan Fesyen

"Jadi Lazada Women's Fest ini adalah all in one festival untuk support semua wanita di Indonesia. Acaranya seru banget karena pertama ada talkshow-talkshow yang pastinya ada insight yang sangat luar biasa," ujar Putri Tanjung dalam jumpa pers Kolaborasi Brand Lokal Lazada di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 9 November 2022.

"Kedua, ada fashion and beauty bazaar, terus ada kolaborasi dari 10 brand ternama Indonesia kerja sama KOL (Key Opinion Leader) atau influencer. Ada konser juga di malam hari. Jadi ini all in one festival, dapat insight, dapat keseruannya, dan bisa belanja juga," sambungnya.

Produk kecantikan dan fesyen lokal jadi semakin diminati oleh konsumen di Indonesia. Hal ini mendorong Lazada untuk berkolaborasi dengan berbagai KOL (Key Opinion Leader) serta merek lokal ternama di bidang kecantikan dan mode.

"Kami berkomitmen dan sangat mendukung generasi muda terutama para wanita Indonesia. Jadi dengan adanya 'Women Fest' ini kita berkolaborasi, kita membentuk spesial kolaborasi yang lebih ke beauty dan juga ke fesyen dengan sepuluh brand lokal Indonesia dan juga KOL di Indonesia," ucap Lia Kurtz selaku Senior Vice President, Category Director FMCG of Lazada.

Sementara itu, Priscilla Pangemanan sebagai Co-Founder beauty brand, SASC juga percaya bahwa pemberdayaan wanita menjadi hal yang penting sebab ketika wanita merasa berdaya, mereka juga dapat menularkan energi positif kepada orang lain.

"Kita juga punya mantra look good, feel good and do good. Jadi kita percaya ketika wanita itu look good about themselves, look good ketika menggunakan produk yang berkualitas, produk yang baik, maka they will feel good about themselves, karena mereka merasa percaya diri. Pastinya mereka akan bisa do good to others juga," tutur Priscilla.

 

3 dari 4 halaman

Kualitas UMKM

Tak hanya mendukung women empowerment, Lazada turut memberikan apresiasi terhadap UMKM atau pelaku usaha kecil. Melalui acara Women Fest 2022, Lazada akan mempertemukan berbagai women entrepreneur di inudstri kreatif, khususnya bidang fesyen dan kecantikan.

Putri Tanjung juga menyambut baik dukungan kepada pelaku usaha mikro ini. Menurut Putri, UMKM menjadi salah satu key driver untuk perekonomian Indonesia, sehingga diharapkan dengan adanya pendanaan beberapa UMKM terpilih dapat membuka peluang bagi pengusaha wanita untuk lebih bersinar. 

"UMKM kita sekarang itu sangat mementingkan kualitas, sustanabality, dan tahu soal karakter pasar Indonesia," terang Putri.

Putri menambahkan bahwa keragaman UMKM di Indonesia turut dipengaruhi oleh kekayaan alam dan sumber daya manusia yang beraneka rupa. Kualitas UMKM Indonesia juga semakin berkembang dengan mutu dan nilai tambah yang semakin meningkat.

"Semakin besar opportunity untuk UMKM, jadi pastinya senang banget semakin banyak variasi. Pastinya buat kita juga semakin seru lagi karena produknya semakin bermacam-macam, semakin fokus, semakin sesuai kebutuhan temen-temen di Indonesia juga," lanjutnya.

Berbagai merek dagang baru pun terus bermunculan untuk menjangkau konsumen Indonesia dengan kebutuhan yang variatif. Tantangan eksternal yang diahadapi oleh pelaku usaha kecantikan diterima secara positif oleh Priscilla. Baginya, pertumbuhan produk kecantikan menggerakkan untuk terus berinovasi, salah satunya dengan kolaborasi.

 

4 dari 4 halaman

Menyatukan Potensi

Selain kolaborasi, Priscilla sebagai pendiri merek kecantikan yang telah berdiri selama enam tahun di Indonesia, juga menganggap added value dan unique selling point dapat terus mendorong suatu produk untuk lebih dikenal. Cathy Sharon, pemilik label SASC, juga menekankan soal kolaborasi. Persaingan yang ketat justru menumbuhkan berbagai kerja sama dengan menyatukan ide, visi dan kreativitas untuk menciptakan produk-produk yang berbeda.

"Dengan kolaborasi, kita bisa menyatukan potensi masing-masing, kreativitas masing-masing, we bring something to the people yang masing-masing punya added value-nya. We came together, we work together, dan kita menyatukan potensi kita untuk sesuatu yang lebih besar," ucap Cathy.

Berikut Kolaborasi 10 Brand Lokal dan 10 KOL di Lazada Wonen’s Fest 2022

Kategori Brand Kecantikan:

1. SASC X LULA LAHFAH

2. MINE X CINDY KARMOKO

3. MAD FOR MAKEUP X CINDERCELLA

4. JACQUELLE X SHANI AMELIA

5. SKIN THEORY X PUTRI CAYA.

 

Kategor Brand Fesyen

1. GONEGANI X HAMIDAH RACHMAYANTI

2. CALLA THE LABEL X CATHY SHARON

3. KADAKA X KYRA NAYDA

4. KIYORA X DEWI PARAMITA

5. HAICLO X MARSHA ARUAN.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS