Sukses

Rahasia Bikin Teh Nikmat ala Angkringan Jawa Timur, Bahan Tambahannya Tak Terduga

Teh ala Jawa Timuran miliknya perlu dicampur dengan satu bahan tambahan yang mungkin tidak diduga banyak orang,

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa waktu lalu publik dibuat geger karena seorang pengguna Twitter mengunggah resep rahasia membuat mi instan ala warmindo atau burjo yang akan membuat mi menjadi lebih kenyal dan terasa lebih sedap. Kini, akun yang sama membocorkan rahasia pembuatan teh yang nikmat ala angkringan.

Bagi beberapa orang, teh yang dijual di angkringan punya rasa nikmat khas yang tak bisa ditemui di warung makan lain. Menurut pemilik akun @linthingdhewek, ternyata ada bahan spesial untuk membuat teh yang enak. 

) 

Pria bernama Danang yang mengaku pernah berdagang makanan dan minuman ini menjelaskan bila teh ala Jawa Timuran miliknya perlu dicampur dengan satu bahan tambahan yang mungkin tidak diduga banyak orang, yaitu tepung beras. Cara pembuatannya adalah dengan menyangrai beras di atas gerabah.

Setelah itu, tunggu sampai dingin dan tumbuk sampai halus seperti tepung beras. Langkah berikutnya adalah merebus air hingga mendidih. Setelah air dingin, baru masukkan sepucuk sendok teh tepung beras tersebut.

Campuran ini kemudian disaring dan dimasak lagi. Pada proses yang terakhir ini, barulah teh dimasukkan.

Kalau ada kesulitan untuk menyangrai beras di atas gerabah, Danang pun memberikan alternatif lain. Caranya, bisa dengan memakai teflon atau dimasukkan ke dalam microwave. Ia pun menambahkan rekomendasi merek teh yang cocok agar hasilnya lebih nikmat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rekomendasi Teh

Ia merekomendasikan teh goalpara sebagai teh pokok, dan untuk campuran lainnya bisa menggunakan sembarang teh yang wangi. Cara pembuatan yang tak biasa ini kemudian menarik perhatian warganet.

Tak sedikit yang merasa dengan campuran teh yang dilakukan. Seorang warganet menulis, "Dulu kayaknya Aqua juga pernah ngeluarin versi teh botolan pakai beras sangrai, tapi nggak lama."

"Saya serasa mau berguru sama beliau karena pengen banget bisa bikinin orang tuaku teh yang cuma aku yang bisa bikin cita rasa begitu. Biar mereka nyuruh aku terus buat bikin teh," komentar warganet lainnya

Pada bulan lalu, Danang membalas cuitan @aan__ dan membagikan rahasia dapur warmindo.  Kebanyakan orang menganggap mi yang dimasak pedagang warmindo lebih enak daripada masak sendiri rumah.

Warganet pun mulai mempertanyakan kok bisa mi instan yang dimasak di warmindo lebih nikmat, padahal jenis mi yang dimasak sama saja.  Pertanyaan semacam ini datang dari pengguna akun @aan__ .

 

3 dari 4 halaman

Bantuan Bahan Rahasia

Dalam cuitannya, ia mempertanyakan rahasia mi yang dimasak warmindo. "Indomie yang dimasak Aa warmindo kenapa lebih enak rahasianya apa," cuitnya pada 12 Oktober 2022.  Cuitan ini mulai heboh saat mantan pedagang warmindo ikut komentar dan memberikan resep rahasianya.

Ia menjelaskan alasan mi yang dijual di warmindo bisa memiliki tekstur kenyal dan tidak lembek. "Air rebusan dikasih tepung beras dikit.  Jadinya, minyak di mi tidak bisa lepas langsung ke air panas. Mie tidak bisa menyerap banyak air. Mi jadi kenyal dan tidak lembek," tulisnya.

Dirinya juga mengungkapkan rahasia lain dari Indomie warmindo, yaitu mengenai air rebusan mi dan juga sayur. Ia menjelaskan bahwa air rebusan mi hanya boleh satu kali pakai dan tidak boleh digunakan berbarengan untuk masak sayur pelengkap seperti sawi.

"Rebus sayur pakai air baru, tidak boleh jadi satu dengan rebusan mie. Jadi butuh dua panci rebusan," tambahnya. Menurutnya, resep tersebut merupakan ilmu yang sudah ada sejak dulu meski saat ini anak muda banyak yang tidak mengetahuinya.

 

4 dari 4 halaman

Daya Tarik Angkringan dan Warmindo

Mengetahui rahasia ini, warganet pun segera memberikan tanggapan. "Bisa mengonfirmasi hal ini, abang-abang warmindo kalau masak indomie pake dua panci, satunya buat mie satunya buat sayur. Trus mienya kenyal banget ya ampun endolita," komentar seorang warganet.

Angkringan dan Warung Makan Indomie (warmindo) yang dulunya hanya berupa kedai atau warung sempit dan remang-remang, kini menjelma menjadi tempat tujuan utama para mahasiswa. Tak lagi sempit dan remang-remang, angkringan dan warmindo kini menjelama menjadi kafe tempat nongkrong favorit atau hanya sebagai tempat mengisi perut.

Melansir kanal Regional Liputan6.com, meski telah mengubah tampilannya menjadi lebih modern, berbagai menu ikonik angkringan dan warmindo pun tetap eksis. Sebut saja Indomie, mi dok-dok, dan Magelangan ala warmindo masih menjadi menu yang banyak diminati.

Sementara di angkringan, menu nasi kucing, aneka sate, dan aneka gorengan juga masih menjadi menu yang banyak dicari. Tak lupa, menu-menu tambahan yang agak modern juga ikut disandingkan dengan menu-menu ikonik tersebut.

Beberapa angkringan dan warmindo kini bahkan memiliki lahan yang cukup luas. Tentu saja, hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri karena pengunjung bisa bebas memilih tempat untuk bercakap bersama teman dan kerabat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.